2 Solusi Cara Membuat Submenu di Blog Tanpa Repot

Navigasi pada sebuah website bersifat sangat krusial selain menunjang kinerja dari website, mereka juga membantu website agar terlihat profesional. Dalam artikel ini akan membahas tentang cara membuat submenu di blog.

Submenu pada blog termasuk salah satu navigasi penting yang harus ada dalam sebuah blog, sub menu ini akan memberikan menu dari kategori atau halaman tertentu dalam sekali klik. Berikut informasi selengkapnya yang bisa Anda coba untuk membuat sub menu.

Tips Membuat Submenu di Blog Agar Terlihat Menarik

Blog yang akrab digunakan oleh blogger dalam pembuatannya bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak yang bilang rumit karena belum pernah mengoperasikannya. Banyak pula yang komen gampang sebab sudah sering berkutat dengannya.

Sebelum melangkah untuk membahas cara membuat submenu di blog kali ini akan membahas tentang tips penting yang perlu dipraktekkan sebelum memutuskan untuk membuat sub menu. Tips ini nantinya akan menjadi pertimbangan proses Anda membuat Submenu, diantaranya:

1.      Jangan Gunakan Banyak Menu Sekaligus

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika membuat sub menu adalah jangan menampilkan terlalu banyak menu, karena menu yang terlalu banyak akan menyulitkan pengunjung blob, bukan malah memudahkan mereka.

Gunakan menu secukupnya saja, rapi dan akan lebih terlihat sistematis. Ada pendapat cukup terkenal dari George Miller (1986) ia menyarankan untuk hanya menampilkan 7 menu saja, mengingat manusia hanya memiliki memori jangka pendek yang terbatas.

2.      Pastikan Menu Responsif

Tips kedua adalah memastikan menu yang digunakan sudah responsif dan bisa diakses secara optimal, baik melalui laptop/pc atau mobile.

Anda bisa membuat submenu responsif ini dengan menggunakan beberapa trik yang akan disampaikan dalam pembahasan cara membuat submenu di blog berikutnya.

3.      Tambahkan Logo Jika Ada

Sebuah logo pada blog atau website sangat menggambarkan identitas dari blog itu sendiri, dengan logo yang menarik blog biasanya akan mudah diingat oleh para pengunjung karena memiliki kesan bagi mereka.

✔️  Cara Menginstal Microsoft Office 2007 Gratis Di Windows 10

Logo ini bisa diberikan tauran yang mengarah pada halaman utama blog Anda, sehingga akan memudahkan pengunjung jika ingin mengakses artikel lain dari halaman pertama.

Cara Membuat Submenu di Blog

Untuk membuat sub menu pada website pastikan Anda sudah login pada halaman dashboard blogger atau WordPress Anda untuk mempermudah Anda mengikuti tutorial yang diberikan. Jika sudah, silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini:

1.      Membuat Submenu Menggunakan HTML

Cara membuat submenu di blog pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan HTML. Artinya Anda perlu melakukan coding sederhana untuk membuat sub menu ini. Berikut langkah – langkah membuat sub menu di blog menggunakan HTML:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuta menu Tea pada blogger jika Anda menggunakan Blogger.
  • Jika sudah, klik edit HTML pada menu yang disediakan.
  • Langkah berikutnya tekan tombol CTRL + F pada keyboard dan ketik Menu
  • Jika sudah, Anda akan diberikan kode berupa: <li><a href=’#‘ itemprop=’url’ rel=’tag nofollow’ title=’Menu 1′><span itemprop=’name’>Menu</span></a></li>.
  • Jika Anda ingin mengganti nama menu Anda hanya tinggal mengganti tulisan Menu yang sudah di-bold dengan nama label yang Anda inginkan.
  • Untuk menjadikan menu ini responsif, Anda perlu mengganti # (tagar) dengan link label blog Anda.
  • Berikutnya untuk Cara membuat submenu di blog link bisa dikosongkan atau langsung saja mengcopy code yang ada dibawah ini

<li><a href=”#”>Menu </a>

<ul class=”sub-menu”>

<li>

<a href=”#”>Sub Menu 1</a>

</li>

<li>

<a href=”#”>Sub Menu 2</a>

</li>

<li>

<a href=”#”>Sub Menu 3</a>

</li>

<li>

<a href=”#”>Sub Menu 4</a>

</li>

</ul>

</li>

  • Sesuaikan kode dengan nama dan link sub menu yang ada di blog Anda.

2.      Membuat Submenu dengan Tata Letak

Cara membuat submenu di blog kedua ini, cukup mudah Anda tidak perlu melakukan coding seperti sebelumnya, karena Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Blogger atau WordPress itu sendiri.

✔️  Rekomendasi Software Text Editor Terbaik Di Komputer

Untuk membuat sub menu kali ini akan ada dua cara, pertama membuat submenu dengan tata letak blogger dan kedua dengan menggunakan WordPress.

ü  Cara membuat submenu di blog (Blogger)

  • Langkah pertama buka menu Tata Letak pada dashboard blogger Anda.
  • Lanjutkan dengan menambahkan menu dan pilih daftar link, maka akan muncul box yang nantinya diisi dengan nama menu yang akan Anda gunakan.
  • Kolom bagian judul bisa Anda isi dengan nama menu yang blog Anda, kemudian tambahkan link/ URL dari situs Anda.
  • Baru kemudian tambahkan sub menu, karena sub menu tidak akan bisa dibuat jika menu utamanya tidak ada.
  • Untuk menambahkan submenu, Anda hanya perlu menambahkan (_) pada bagian depan nama menu, yang nantinya blogger secara otomatis membaca sebagai sub menu.
  • Begitu seterusnya. Lakukan secukupnya se rapi mungkin agar blog terlihat lebih sederhana dan profesional.

ü  Cara membuat submenu di blog (WordPress)

Jika Anda pengguna WordPress Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat sub menu di blog Anda.

  • Langkah pertama buka menu Appearance dan pilih Menu.
  • Jika sudah silahkan klik Create a New Menu pada kolom Menu Name yang disediakan.
  • Klik Create Menu untuk melanjutkan proses.
  • Langkah berikutnya tentukan lokasi menu yang akan ditampilkan nantinya. Pada WordPress sendiri disediakan 3 menu yakni: primary, secondary dan social.
  • Kemudian, lanjutkan pada bagian Pages dan centang kotak yang disediakan pada halaman yang ingin Anda tambahkan, lalu klik Add to Menu.
  • Berikutnya, pilih lokasi menu yang akan ditampilkan pada blog, Anda bisa memilih Primary menu bagian utama atau Secondary dan Save Menu untuk menyimpan menu yang suda Anda buat tadi.
  • Jika menu sudah di buat, selanjutnya adalah cara membuat submenu di blog atau website kalian.
  • Untuk menambahkan sub menu Anda perlu merubah item menu menjadi sub menu dengan klik dan tatahan, lalu pindahkan di bawah menu utama.
  • Jangan lupa untuk menyimpan perubahan atau sub menu yang sudah Anda buat lagi lalu cek website, apakah menu sudah ada atau belum.
✔️  Cara Mematikan Komputer Lewat CMD Di Windows

Pahami Penempatan Sub Menu dan Menu yang Tepat

Untuk membuat blog yang optimal tentu saja, Anda perlu memahami bagaimana penempatan yang tepat untuk menu dan sub menu. Pada dasarnya penamaan mereka sama penyebutan nya namun terkadang lokasi penempatan yang diberikan berbeda karena tema yang digunakan.

Berikut perbedaan lokasi menu dan sub menu pada blog dan website:

  1. Primary Menu, atau menu utama yang biasanya berada di dekat logo website dan menu ini biasanya akan muncul secara langsung di halaman utama.
  2. Secondary Menu, biasanya berada tersembunyi di ujung kanan atau ujung kiri, untuk bisa mengakses menu ini Anda perlu klik icon garis tiga atau titik tiga, sesuai dengan tema yang digunakan.

Kesimpulan nya ada 2 cara membuat submenu di blog bisa menggunakan HTML atau menggunakan fitur yang disediakan, semua bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Leave a Comment