3 Cara Hapus Akun Instagram dengan Mudah

Aplikasi Instagram menjadi platform media sosial paling populer di dunia saat ini, terdapat kurang lebih sekitar 2 miliar akun pengguna yang aktif. Walaupun memiliki pengguna cukup banyak, tak sedikit orang yang ingin menghapus akun tersebut, tetapi banyak dari mereka tidak mengetahui bagaimana cara hapus akun Instagram mereka.

Aplikasi Instagram berbasis foto dan video yang dapat dibagikan secara bebas. Memiliki tampilan yang cukup canggih dan cukup mudah untuk digunakan tentunya.

Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berbagi foto atau video dengan platform ini. Hasil foto dan video juga dapat dipercantik dengan filter atau efek yang terdapat dalam Instagram.

Banyak juga pengguna Instagram yang ingin menghapus akunnya dengan berbagai alasan. Berikut ini tata  cara hapus akun Instagram.

Baca juga: Cara Menyembunyikan aplikasi

Cara hapus akun Instagram dengan mudah

Cara hapus akun Instagram

Sebenarnya terdapat beberapa cara hapus akun Instagram sesuai kebutuhan, ada yang dapat menghapus secara permanen, dan terdapat pula yang dapat menghapus untuk sementara saja.

  • Hapus akun Instagram permanen dengan situs resmi

Cara yang pertama adalah menghapus dengan menggunakan website resmi dari Instagram, jadi Anda cukup mengakses website tersebut dengan laptop atau komputer. Berikut ini merupakan tata cara  menghapus akun Instagram.

Buka browser dan masukkan link https://instagram.com/accounts/remove/request untuk menuju website resmi Instagram. Selanjutnya akan ada pertanyaan alasan mengapa harus menghapus akun tersebut secara permanen.

Pilih satu opsi dari beberapa pilihan yang tersedia, dan selanjutnya masukkan password akun Instagram yang akan dihapus permanen.

Lalu pilihlah opsi “Permanent Delete My Account” dan setelah itu tunggu beberapa saat. Dan akun Anda akan terhapus secara permanen dari Instagram.

Dalam hal ini, foto, video, pengikut, like, dan komentar juga akan ikut terhapus secara permanen.

  • Hapus akun Instagram permanen melalui smartphone

Cara selanjutnya juga terbilang mudah, Anda hanya memerlukan smartphone untuk dapat menghapus akun Instagram. Berikut ini cara hapus akun Instagram dengan smartphone.

Buka smartphone dan akses aplikasi Instagram pada smartphone Anda. Lalu pilih menu profile yang terdapat pada bagian bawah sebelah kanan.

Pilih bagian pengaturan dan klik “Pilih Bantuan” selanjutnya pilih lagi “Pusat Bantuan”. Langsung klik menu “Kelola Akun Anda” lalu Anda klik  “Hapus Akun Anda” .

Selanjutnya tentukan alasan Anda mengapa harus menghapus akun Instagram secara permanen dan jangan lupa untuk memasukkan password dari akun Instagram yang akan dihapus.

Setelah mengisi alasan tersebut, selanjutnya klik bagian “Hapus Akun Saya Secara Permanen”. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan akun sudah terhapus secara permanen dari Instagram.

  • Hapus akun Instagram untuk sementara waktu

Anda juga dapat menghapus akun Instagram walaupun hanya untuk sementara waktu, atau dengan kata lain menonaktifkan akun Instagram tersebut.

Berikut ini cara hapus akun Instagram untuk sementara waktu.

Hapus akun Ig sementara

Buka browser dan masukkan alamat website instagram.com lalu login dengan memasukan email dan password akun Instagram yang akan dihapus.

Buka halaman profil dan pilih menu “Edit Profil”, lalu pilih bagian “Temporarily Disable My Account” yang berada pada bagian bawah sebelah kanan.

Lalu Instagram akan memberi beberapa opsi alasan mengapa Anda menghapus akun Instagram secara sementara atau menonaktifkannya.

Klik salah satu opsi yang sesuai dengan kebutuhan , lalu bisa dilanjutkan menuju tahap selanjutnya. Setelah itu masukkan kata sandi atau password dari akun yang ingin dinonaktifkan.

Lalu pilih “Akun Dinonaktifkan Sementara”, tunggu beberapa saat dan akun akan dihapus untuk sementara waktu sampai akun kembali diaktifkan.

Dengan cara ini, pengguna lain tidak akan bisa men-tag akun Anda, juga tidak dapat menemukan username akun tersebut sampai akun tersebut diaktifkan kembali.

  • Hapus akun Instagram tetapi lupa password akun

Anda mungkin mempunyai beberapa akun Instagram pada smartphone, misalnya untuk bisnis, untuk anak, dan untuk diri sendiri.

✔️  Cara Buat Akun MiChat Terbaru

Hal itu bisa menjadi penyebab Anda lupa password akun Instagram tersebut, padahal ingin sekali menghapusnya. Tenang, walaupun lupa password akun Instagramnya, Anda tetap bisa menghapusnya dengan cara sebagai berikut.

Pertama buka browser dan akses website resmi Instagram di instagram.com. Lalu saat akan login, pilih menu “Get Help Logging” lalu akan diminta memasukkan alamat email atau username dari akun yang ingin dihapus.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga mendapatkan verifikasi berupa kode melalui sms atau email , lalu login melalui kode verifikasi tersebut.

Selanjutnya akan diarahkan untuk mengatur ulang password atau kata sandi pada pilihan menu “Setting”. Lalu pilih opsi ” Security ” dan masukkan password atau kata sandi yang baru.

Setelah berhasil men-setting password yang baru, buka kembali halaman login pada website Instagram.

Masukkan email atau username dan juga kata sandi atau password yang telah diperbarui tadi. Setelah berhasil masuk dengan akun tersebut, selanjutnya pilih “Permanent Delete My Account”.

Setelah itu ada beberapa opsi pilihan alasan menghapus akun Instagram tersebut, lalu pilih salah satu opsi dan klik hapus akun.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, dan akun Instagram sudah terhapus secara permanen.

  • Hapus akun Instagram dengan Pusat Bantuan

Anda juga bisa memanfaatkan fitur bantuan pada akun Instagram untuk menghapus akun Instagram. Caranya pun juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan sendiri.

Berikut ini langkah-langkah atau cara hapus akun Instagram melalui Pusat Bantuan dari Instagram Anda.

Langkah pertama adalah dengan membuka browser dan akses halaman utama Perwakilan Layanan Pelanggan di website help.instagram.com

Lalu tinggal ikuti petunjuk langkah-langkah selanjutnya dari fitur tersebut untuk menghapus akun Instagram secara permanen.

Pihak Instagram sendiri menyatakan jika permintaan penghapusan permanen akun Instagram akan dilakukan atau diproses selama 30 hari.

Saat proses penghapusan berjalan, para pengguna lain tidak akan dapat menemukan dan mengakses akun Instagram tersebut.

Akun Instagram yang  telah dinonaktifkan atau dihapus sementara waktu dapat diaktifkan kembali melalui langkah-langkah sebagai berikut.

Pada saat akun dinonaktifkan, unggahan foto, video, maupun komentar tidak akan hilang dan akan tetap berada di akun Instagram Anda.

Cara aktifkan kembali akun Instagram

Cara aktifkan kembali akun Ig

Cara yang dapat mengaktifkan kembali akun Instagram salah satunya adalah menggunakan bantuan browser. Buka browser dan akses website resmi Instagram di instagram.com.

Setelah mengakses halaman tersebut, Anda diminta untuk login dengan memasukkan username atau email dan password akun Instagram yang akan diaktifkan.

Lalu pilih atau klik masuk, dan sudah bisa mengakses akun Instagram yang telah dinonaktifkan sebelumnya.

Pastikan tidak lupa dengan password atau kata sandi agar akun tidak hilang karena lupa password dan masih dalam keadaan dinonaktifkan.

Cukup mudah bukan cara hapus akun Instagram baik secara permanen atau hanya untuk sementara waktu. Dengan menghapus atau menonaktifkan akun Instagram, Anda  bisa lebih fokus ke pekerjaan atau masa pendidikan yang sedang ditempuh.

Karena tidak terganggu atau tergiur untuk berlama-lama menggunakan Instagram karena memang tersedia berbagai konten menarik dan menghibur yang tak terasa bisa menghabiskan waktu.

Itulah beberapa cara hapus akun Instagram yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Baik secara permanen maupun hanya untuk sementara waktu.

Leave a Comment