Beranda Berita Teknologi Terbaru ✓5 Aplikasi Video Conference Gratis Untuk Meeting

✓5 Aplikasi Video Conference Gratis Untuk Meeting

599
0
5 aplikasi video conference gratis / teleconference untuk meeting

Aplikasi video conference belakangan ini banyak dicari dan digunakan oleh orang-orang karena kegiatan Work From Home (WFH). Walaupun saat ini kita sudah mulai melaksanakan kegiatan seperti biasa dengan New Normal, namun masih ada beberapa kampus yang masih melakukan kegiatan perkuliahan online yang masih tidak diketahui kapan akan berakhir. Selain kampus, ada juga beberapa instansi pemerintahan dan swasta yang masih menerapkan kerja dari rumah beberapa hari dalam sepekan.

Bahkan setelah pandemi ini berakhir, tentunya aplikasi teleconference diyakini akan tetap digunakan dan akan semakin meningkat kebutuhannya. Kenapa? Karena dengan aplikasi video conference kita bisa meeting atau rapat dengan orang yang sedang berada diluar kota ataupun di luar negeri. Tentu saja hal ini sangat mempermudah dan mempercepat suatu kegiatan yang meetingnya dapat dilakukan dimana saja. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk pengganti Zoom jika kamu ragu dengan keamanan Zoom yang sempat heboh dengan isu peretasan oleh para hacker.

Inilah 5 aplikasi video conference gratis untuk kebutuhan meeting yang aman dan nyaman untuk kamu.

1. Google Meet

aplikasi video conference google meet

Google Meet memang ditujukan untuk rapat dan juga untuk melaksanakan kelas online. Cara kerja Google Meet juga mudah untuk di mengerti dan tentunya layanan ini dapat digunakan secara gratis. Untuk sebuah akun google yang ingin melaksanakan rapat/meeting melalui Google Meet dapat mengundang peserta hingga berjumlah 100 orang. Durasi yang dapat digunakan di Google Meet per 1 rapat/meeting juga cukup lama yakni dengan batasan hingga 60 menit.

Jika kamu ingin meningkatkan kapasitas dan fitur tambahan lainnya di Google Meet maka kamu harus menjadi pengguna dari Google Suite dan ini adalah versi berbayar. Nah… Jika kamu membayar untuk aplikasi video conference yang satu ini maka durasi dan kapasitas jumlah orang yang dapat bergabung dalam sebuah panggilan menjadi semakin bertambah. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan jika ingin menggunakan Google Meet dengan G suite sesuai dengan kebutuhan bisnis / rapat / kelas online kamu.

2. Skype

aplikasi teleconference skype

Skype yang sudah ada sejak tahun 2003 ini masih eksis sampai saat ini dan kini dapat menjadi salah satu aplikasi meeting yang aman dan nyaman untuk digunakan. Sebelum pandemi Corona menghampiri, Skype sendiri memang merupakan teleconference yang sudah sering digunakan untuk proses wawancara dalam seleksi karyawan perusahaan. Dan dapat diakui bahwa Skype tetap berusaha optimal untuk mengikuti trend dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Saat ini Skype sudah dapat menampung hingga 50 orang peserta dalam satu panggilan grup dan bisa digunakan di PC/Laptop dan perangkat seluler. Panggilan video Skype juga bisa memuat panggilan video dengan kualitas HD. Dan kerennya lagi, Skype juga mendukung fitur perekaman panggilan dan dapat menerjemahkan percakapan langsung dengan menekan “Turn Subtitles On”. Makin canggih aja ya si Skype dari masa ke masa?

Karena Skype sudah ada sejak lama dan menjadi kepercayaan banyak perusahaan untuk perekrutan pegawai perusahaan mereka, maka dapat kita akui jika Skype adalah aplikasi yang sangat meyakinkan dan tidak diragukan tingkat keamanannya.

3. Messenger Rooms

aplikasi teleconference messenger rooms

Dalam hal bersaing dengan teknologi, tentu saja Facebook tidak mau ketinggalan dalam menciptakan aplikasi video conference melalui Messenger Rooms. Melihat maraknya penggunakan aplikasi teleconference, Facebook pun berusaha menyaingi kepopuleran Zoom yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang sebagai sarana untuk kelas online maupun rapat perusahaan.

Kapasitas orang yang bisa bergabung dalam sebuah room di Messenger Rooms juga lumayan banyak yakni bisa menampung hingga 50 orang. Yang lebih menarik lagi, kamu tidak perlu mempunyai akun Facebook untuk dapat bergabung dalam Messenger Rooms.

Baca Juga: 10 Aplikasi Bisnis Online Terbaik di Android Untuk Pebisnis Pemula

Keunggulan lainnya dari Messenger Rooms adalah menyediakan filter agar kita bisa tampil lebih oke dan tidak ada batasan waktu penggunaan pada saat kita membuat atau bergabung dalam ruang teleconference di Messenger Rooms.

4. Whatsapp

Untuk rapat dengan skala kecil, tidak ada salahnya kita mempertimbangkan fitur Whatsapp sebagai salah satu aplikasi video conference yang gratis dan aman digunakan. Walaupun kapasitas dari teleconference Whatsapp hanya berjumlah 8 orang pengguna, namun untuk kamu yang sudah nyaman menggunakan Whatsapp dalam kegiatan sehari-hari tentu bisa menggunakan Whatsaap untuk kursus online atau rapat perusahaan dengan jumlah orang yang sedikit.

Whatspp terus berinovasi da meningkatkan fitur mereka dan di tengah pandemi ini mereka pun meningkatkan kemampuan sebagai salah satu aplikasi video conference yang pantas untuk dipertimbangkan. Apalagi jika kamu sudah terbiasa menggunakan fitur video call pada Whatsapp, kamu pasti tidak akan ragu lagi dengan kualitas panggilan grup yang akan berlangsung. Whatsapp yang pada dasarnya ditargetkan untuk bisnis ini menjadi semakin unggul untuk kebutuhan bisnis online / perusahaan kamu bukan?

5. Google Duo

aplikasi video conference google duo

Google terus membuat pembaruan mengikuti perkembangan dan kebutuhan penggunanya. Dan Google Duo juga meningkatkan fitur aplikasi teleconferencenya. Bahkan saat ini Google Duo sudah bisa melakukan panggilan video conference sebanyak 32 orang dalam satu panggilan. Cukup banyak bukan? Karena aplikasi ini adalah produk dari Google, bisa dipastikan bahwa mereka akan sangat ketat menjaga keamanan dan privasi dari penggunanya. Selain itu, Google Duo juga menghasilkan video yang jernih serta meminimalisir terjadinya lag saat video conference berlangsung.

Google Duo juga merupakan salah satu aplikasi video conference yang menyediakan fitur enkripsi pada chat dan panggilan video. Hal ini dapat membuat kita merasa aman dan tenang saat melakukan interaksi teleconference tanpa takut ada yang meretas / merekam kegiatan kita secara illegal.

Nah… Itulah 5 aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan sebagai sarana teleconference yang dapat mempermudah kegiatan kamu yang terbatas oleh lokasi dan jarak. Aplikasi ini gratis, aman dan nyaman untuk digunakan dalam kegiatan kursus online, kelas online atau bahkan meeting/rapat online dari perusahaan / instansi tempat kamu bekerja. Dan jangan lupa untuk tetap selektif dalam memilih aplikasi sesuai kebutuhan dan kenyamanan kamu ya…!

Apakah kamu pengguna dari salah satu aplikasi video conference diatas? Atau kamu masih belum move on dari aplikasi Zoom yang sempat menghiasi hari-hari kamu saat dirumah aja? Tapi setidaknya, kita tentu akan mencgah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan dan memakai aplikasi yang memang terjamin aman. Karena teknologi saat ini sangat rentan akan pencurian data pribadi yang mungkin bisa berakibat buruk dikemudian hari dan tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu. Dan jangan lupa untuk berlangganan dan menyukai Fanspage Facebook kami untuk mendapatkan berita viral dan informasi terbaru seputar teknologi serta hal menarik lainnya di situs Kompirasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here