6 Cara Hapus Halaman Kosong Di Word Dengan Cepat Dan Praktis

Cara hapus halaman kosong di Word tidaklah sulit karena Microsoft Word adalah aplikasi yang sangat mendukung untuk berbagai tugas. Namun, halaman kosong di tengah atau di akhir dokumen seringkali mengganggu.

Jika Word memiliki halaman kosong yang tidak dapat Anda hapus, itu akan mengacaukan urutan dokumen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghilangkan halaman-halaman kosong tersebut agar dokumen menjadi rapi dan mudah dibaca.

Baca juga: cara memindahkan aplikasi ke kartu SD 

Apa Itu Microsoft Word?

Microsoft Word sering digunakan sebagai aplikasi pembuatan dokumen, mulai dari membuat tugas, artikel dan lainnya. Namun, seringkali saat mengerjakannya, terdapat halaman kosong di tengah atau di akhir dokumen, yang membuatnya terlihat jelek. 

Microsoft Word atau biasa disebut Word merupakan program pengolah kata yang  digunakan saat ini di era digital. Dimana dokumen dapat dibuat dengan mudah berkat fungsi yang disediakannya dengan cara hapus halaman kosong di Word.

Meskipun kemudian halaman kosong tersebut tidak mempengaruhi isi teks dokumen. Setiap orang pasti menginginkan dokumen yang dibuatnya terlihat bagus sehingga lebih nyaman untuk dibaca.

Mengapa Halaman Word Kosong Perlu Dihapus?

Cara hapus halaman kosong di word

Membuat dokumen di Microsoft Word cukup mudah berkat fungsi pengeditan yang tak terhitung jumlahnya. Pengguna dapat membuat dan menghapus dokumen yang berisi banyak halaman atau halaman Microsoft Word.

Saat Anda membuat dokumen, Microsoft Word secara otomatis menambahkan halaman sesuai dengan panjang konten. Jika ternyata dokumennya pas di satu halaman, Anda dapat menggunakan cara hapus halaman kosong di Word dengan praktis.

Halaman yang sudah ditambahkan tapi tidak digunakan biasanya masih muncul tanpa isi atau bisa juga disebut halaman kosong. Halaman ini tidak terlalu mempengaruhi isi dokumen, namun tampilannya mungkin sedikit tidak beraturan.

Jadi halaman kosong harus dihilangkan agar dokumen terlihat lebih rapi. Menghapus halaman dari Microsoft Word mudah dengan tangan. Hal ini cukup berbeda dengan menambahkan halaman secara otomatis berdasarkan panjang konten.

Cara hapus halaman kosong di Word harus dilakukan secara manual. Walaupun sederhana, tidak jarang sebagian pengguna masih bingung bagaimana cara menghapus halaman kosong di microsoft word.

Selanjutnya tentu Anda juga perlu memahami cara yang tepat untuk bisa menghapus halaman kosong tersebut. Bagi sebagian dari Anda yang mungkin bingung bagaimana cara menghapus halaman kosong di Word, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menghapus Halaman Kosong Word Dengan Prak AQtis

Tidak perlu bingung, berikut adalah petunjuk untuk menghapus halaman kosong di Word dengan cepat dan mudah. Periksa langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dengan baik pada ulasan dibawah ini.

Hapus Halaman Kosong di Word Dengan Tombol Backspace 

Cara termudah yang dapat Anda pilih adalah menghapus halaman kosong di Word dengan tombol backspace. Ikuti caranya melalui beberapa poin cara hapus halaman kosong di Word sebagai berikut:

  • Buka dokumen Word dan pindahkan kursor ke halaman kosong yang ingin Anda hapus. 
  • Klik di pojok kanan bawah halaman dan tekan tombol backspace atau delete pada keyboard sampai halaman kosong terhapus. 
  • Jika ada halaman kosong di akhir dokumen, Anda dapat menghapusnya lebih cepat dengan menekan CTRL End Backspace.

Hapus Halaman Kosong di Word Dengan Nomor Halaman 

Hapus blank page word

Pada Microsoft Word ada cara mudah lainnya untuk menghapus halaman kosong, yaitu untuk dokumen multi-halaman. Ini akan menghemat waktu Anda dan hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk yang perlu Anda lakukan: 

  • Buka dokumen Word dan tekan CTRL G pada keyboard Anda 
  • Kemudian masukkan nomor halaman kosong di Word yang ingin Anda hapus 
  • Tekan tombol enter pada keyboard Anda dan pilih “Tutup” 
  • Buat yakin, bahwa halaman yang dipilih sudah benar dan kemudian tekan tombol backspace.
✔️  Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Pakai SEO

Menghapus Halaman Kosong di Word Menggunakan Panel Navigasi 

Selain menggunakan nomor halaman, ada juga panel navigasi yang memungkinkan Anda untuk menavigasi ke halaman kosong yang ingin Anda hapus. Pertimbangkan cara hapus halaman kosong di Word sebagai berikut:

  • Buka dokumen Word dan pilih tab view dari bilah menu Word dan centang opsi tab navigation pane di grup view.
  • Setelah itu, kotak navigasi akan muncul di sisi kiri layar, lalu pilih sub menu pages
  • Sebagai penutup klik pada halaman kosong yang ingin dihapus dan tekan tombol backspace.

Hapus Halaman Kosong dari Word Dengan Penanda Paragraf 

Cara ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menghapus halaman kosong dari akhir dokumen di Word. Adapun tahapannya yang bisa Anda coba dengan baik seperti pada poin-poin sebagai berikut:

  • Pastikan dokumen Word terbuka dan pilih menu “Paragraph” dan klik ikon “Paragraph Marker” di bagian “Home” pada bilah menu Word. 
  • Setelah itu muncul simbol yang tidak tercetak sebelum akhir halaman dokumen atau halaman kosong. 
  • Klik dan sorot seluruh simbol dan tekan tombol backspace atau delete pada keyboard Anda.

Hapus Halaman Kosong di Word Dengan Page Breaks

Fitur page breaks pada Microsoft Word yang digunakan untuk dapat membuat halaman kosong yang baru. Fitur ini sebenarnya tersembunyi, tetapi Anda dapat melihatnya dengan tanda jejak cara hapus halaman kosong di Word.

Penambahan halaman baru menggunakan fungsi Pages biasanya untuk memberikan opsi pemformatan yang berbeda pada kontennya. Seperti misalnya membuat format angka yang berbeda (angka Romawi dan Latin) untuk setiap halaman.

Halaman kosong yang dibuat dan ditambahkan menggunakan fitur page break sebenarnya bisa dihilangkan. Halaman kosong antar halaman tidak dapat dihapus dengan hanya menekan tombol item hapus atau delete.

Berikutnya Anda juga perlu mengetahui cara hapus halaman kosong di Word dengan menggunakan page breaks. Untuk menghapus halaman kosong di Word, lakukan hal berikut: 

  • Buka dokumen Word dan klik ikon bagian yang tertera pada bilah menu Word.
  • Kemudian klik dua kali pada halaman, lalu ubah halaman tersebut yang kemudian akan dipilih secara otomatis.
  • Terakhir tekan tab backspace atau tab hapus pada keyboard Anda.

Tips Merapihkan Spasi Pada Dokumen Word

Tips merapikan spasi di word

Agar sebuah dokumen bisa lebih rapi tanpa perlu membuat halaman kosong perlu memperhatikan pengaturan spasi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah ini, lihat di bawah cara membersihkan ruang yang berantakan di Microsoft Word: 

  • Untuk membersihkan ruang, gerakkan kursor untuk memblokir semua teks dengan ruang yang berantakan, atau klik tab ctrl/command dengan item tutup.
  • Kemudian klik menu home pada tab style, pilih clear formatting. Opsi ini menghapus semua pemformatan yang diterapkan pada teks tersebut, termasuk spasi dan tab. 
  • Lalu cari tab Find and Replace
  • Selanjutnya, masukkan spasi ganda di kolom tab temukan apa dan satu spasi di kolom ganti
  • Jangan lupa klik ganti semua untuk mengubah semua spasi yang membingungkan.

Sekian ulasan lengkap terkait cara hapus halaman kosong di Word dengan cepat dan praktis yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai referensi yang unik dan menarik untuk Anda coba dengan baik.

Leave a Comment