Review Acer Swift 3, Laptop Mahasiswa Terbaik 2022

kompirasi.com –  Dengan daya tahan baterai sepanjang hari, kinerja yang kuat, dan beberapa fitur, Acer Swift 3 adalah pilihan yang solid untuk mahasiswa yang terikat kuliah. Laptop kuliah Acer ini adalah pilihan tepat untuk mahasiswa dengan gaya stylish, kinerja cepat, dan daya tahan baterai sepanjang hari.

Acer Swift 3 menghadirkan kinerja yang dinamis dalam warna perak yang sangat tipis dan ramping untuk membantu transisi mahasiswa ke tingkat pendidikan dan kehidupan berikutnya dengan lebih mulus.

Dengan berat hanya 2,6 pon dan tebal kurang dari satu inci, Swift 3 lebih ringan dan lebih kecil dari laptop lima tema yang disembunyikan di Trapper Keeper di akhir tahun 80-an.

Dan berkat CPU Intel Core i7 Generasi ke-11, RAM 16GB, dan penyimpanan 512GB, ini adalah mesin nyata yang dapat melakukan pekerjaan serius. Dengan layar IPS FHD 14 inci, Swift 3 membuat sobat ingin kembali ke masa lalu, menyalakan Trapper Keeper, dan memberikan daftar saham untuk dibeli selama bertahun-tahun yang akan datang.

Spesifikasi Acer Swift 3

  • CPU: Intel Core i7-1165G7
  • GPU: Grafis Intel Iris Xe Terintegrasi
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 512GB PCIe SSD
  • Layar: 14-inci, layar sentuh FHD IPS (1920 x 1080)
  • Baterai: 10:14
  • Dimensi: 12,7 x 8,4 x 0,6 inci
  • Berat: 2,6 pon

Kelebihan

  • + Gaya halus
  • + Ringan
  • + Performa ringan
  • + audionya bagus
  • + Daya tahan baterai sepanjang hari

Kekurangan

  • – Tidak ada rana privasi webcam
  • – Tersedia port USB-C tambahan

Konfigurasi dan Harga Acer Swift 3

Konfigurasi dasar Acer Swift 3 mulai dari Rp. 10 jutaan dan memiliki prosesor Intel Core i5-1035G4, RAM 8GB, SSD 256GB, grafis Intel Iris Plus, dan layar 1080p 13,5 inci.

Sedangkan unit pembahasan kami kali ini dibanderol dengan harga berkisar Rp. 15 jutaan dan dilengkapi dengan Intel Core i7-1165G7CPU dengan RAM 16GB, SSD PCIe 512GB dan GPU Intel Iris Xe, dan dilengkapi dengan layar IPS 1080p FHD 14 inci yang berwarna-warni.

Desain Acer Swift 3

Acer Swift 3 adalah laptop ultra-tipis yang ringan dan ramping dari semua logam berwarna perak yang mengarah ke MacBook Air 13 inci. Profil dan harga serupa. Jelas bahwa Acer secara aktif berusaha untuk mempertahankan posisinya di pasaran.

Saat ditutup, tutup perak perangkat dilapisi dengan bintik logam dengan logo Acer krom di tengahnya. Laptop ini tidak bergaya atau mencolok, tetapi memiliki selera untuk aksen halus yang digunakan Acer untuk membuat Swift 3 menonjol. Reses yang dirancang dengan baik di bagian depan membuat Acer Swift 3 mudah dibuka.

Membuka tutupnya mengungkapkan layar FHD 14 inci Swift 3, dikelilingi oleh bingkai minimalis dengan aksen krom. Webcam HD 720p standar berada di atas bagian tengah layar yang terletak di bezel. Perhatikan, sobat akan menemukan keyboard bergaya chiclet dengan lampu latar dengan tombol perak matte yang terletak di tengah dek.

Laptop ini memiliki pemindai sidik jari yang kompatibel dengan Windows Hello yang memungkinkan mengunci dan membuka kunci laptop dengan ujung jari tepat di bawah keyboard kanan. Kami menemukan bahwa Acer tidak menambahkan rana kamera untuk memberikan privasi kepada pengguna. Area dek palm rest berukuran tepat dan touchpad sedikit ke kiri tengah di bawah keyboard.

Berukuran 12,7 x 8,4 x 0,6 inci dan berat 2,6 pon, Swift 3 sedikit lebih ringan dari MacBook Air (2,8 pon dan 12 x 8,4 x 0,6 inci). Keduanya secara signifikan lebih ringan daripada HP Envy x360 15, yang hadir dengan bobot 4,42 pon dan 14,1 x 9,6 x 0,74 inci. Juara ringan kami adalah Microsoft SurfaceBook Pro 7+, (11,5 x 7,9 x 033, dengan berat 1,8 pon Wi-Fi.

Port Acer Swift 3

Swift 3 hadir dengan port yang sebagian besar mahasiswa dan orang perlu sambungkan ke sebagian besar periferal. Di sebelah kanan adalah satu port audio kombo 3,5, port USB Tipe A, dan slot kunci Kensington.

Di sebelah kiri adalah port USB Tipe A lainnya, port HDMI, port Thunderbolt 4 USB Tipe C Gen 3.2, dan port adaptor daya.

Tampilan Acer Swift 3

Layar IPS 14-inci, 1920 x 1080 piksel Swift 3 cerah dan jernih. Ketika menonton trailer untuk Matrix 4 Resurrection dan melihat wajah tampan Yahya Abdul-Mateen II, warnanya sangat jernih dan warna kulitnya ditampilkan dengan jelas.

Kulitnya yang kaya warna cokelat tampak begitu menakjubkan dipajang dan kami penasaran seperti apa rutinitas perawatan kulitnya sehingga kami bisa menirunya sendiri. Dalam adegan membagikan pil merah untuk meringankan hati Neo, kemeja kancing merah hangat berceceran dalam setelan hitam.

Swift 3 dengan baik membuat apa pun yang menunjukkan sobat makan berlebihan saat tidak belajar atau bekerja. Setelah tim ilmuwan gila yang berpengalaman mengukur gamut warna panel, Acer Swift 3 mencetak 72,9% dari gamut warna DCI-P3, yang lebih rendah dari rata-rata ultraportabel 77,3%.

MacBook Air memimpin grup kami dengan skor DCI-P3 80%, diikuti oleh HP Envy x360 (77%) dan Surface Book Pro (75,5%). Layar Swift rata-rata memiliki kecerahan 300 nits, yang lebih terang daripada layar 266-nit HP Envy, tetapi tertinggal jauh di belakang MacBook Air dan Surface Pro (358 nits) pada 386 nits.

Audio Acer Swift 3

Acer Swift 3 mendapat beberapa poin di sini untuk kualitas suaranya yang bagus. Audionya jernih dan menawarkan kedalaman di kisaran audio yang lebih rendah. Bukan dumper bass, tetapi kedua speaker melakukan pekerjaan yang hebat dalam menghasilkan bass, mid, dan treble yang sangat dapat dikenali.

Speakernya cukup keras untuk didengar dengan jelas di ruangan berukuran sedang. Dua speaker bawah memberikan suara yang cukup untuk membuat kami terpikat pada album baru “Certified Lover Boy” Drake.

Ketika “Champagne Poetry” dimulai dan senar bass dimainkan, Acer Swift 3 mereproduksi nuansa jazz lembut yang cukup dalam dan cukup jelas untuk dinikmati. Speaker yang disetel DTS juga bekerja dengan baik dengan Thelonious Monk, dimulai dengan Monk’s Dream Album.

Tanduknya yang indah, drum kecil, dan sihir jari Monk menari di atas tuts ebony dan ivory seperti piano Gandalf dari Jazz. Acer Swift melakukan pekerjaan yang hebat dalam mereproduksi semua nada manis.

Saat menonton trailer The Matrix, speaker melakukan pekerjaan yang bagus untuk semua efek suara khusus, dan bagian favorit saya adalah intonasi suara Neil Patrick Harris yang mengatakan, “Kami tidak menggunakan kata itu di sini.”

Pengalaman audio keseluruhan Acer Swift 3 sangat bagus untuk siapa saja yang ingin menggunakan laptop untuk bersenang-senang saat bepergian atau di kamar. Rangkaian software DTS memiliki pengaturan dasar yang mudah digunakan dengan pengaturan untuk Film, Musik, Game, dan opsi EQ yang dapat disesuaikan.

Kami melakukan beberapa panggilan Google Meet untuk menguji susunan mikrofon ganda dan kamera Swift. Teman kami melaporkan bahwa suara kami disampaikan dengan sangat jelas dengan kebisingan latar belakang minimal dan kedalaman normal.

Keyboard dan Touchpad Acer Swift 3

Keyboard bergaya chiclet backlit Acer Swift 3 14-inci sedikit mengganggu, berkat tangannya yang bukan terbesar dan paling tidak nyaman. Namun, ada banyak pergerakan di antara tombol yang kami klik, yang membantu pengetikan.

Kami melakukan tes 10fastfingers.com dan mendapatkan 78 kata per menit dengan akurasi 86%. Ini cukup padat mengingat memiliki jari sosis Italia yang tebal dan panas yang seringkali tidak gesit.

Touchpad 4,2 x 2,7 inci responsif saat menjelajahi situs web atau dokumen. Permukaan yang halus bagus dalam melakukan gerakan Windows 10 seperti sapuan dua jari dan ketuk tiga jari. Sudut bawah memberikan umpan balik yang solid dan klik dengan sangat baik saat menggunakan klik kanan atau kiri.

Kinerja Acer Swift 3

Didukung oleh CPU Intel Core i7-1165G7, RAM 16GB, SSD PCIe NVMe 512GB, dan grafis Intel Iris Xe, Swift 3 sangat cocok untuk email sehari-hari, jeda YouTube, pesta Netflix, dokumen, dan tugas sekolah.

Dalam tes benchmark yang komprehensif, Acer Swift 3 mencetak 6.205 di Geekbench 5.4, mengalahkan skor rata-rata laptop ultraportable 5.342. HP Envy x360 (prosesor AMD Ryzen 7 5700U, RAM 16GB, dan SSD PCIe 512GB) mengalahkan Swift dengan 6.851 poin.

Ini memecahkan MacBook Air di 5.962 poin (M1 Chip, 16GB 1TB SSD) dan Surface Pro di 4.825 poin (Intel Core i5-1135G7 CPU, 16GB, 256GB SSD). Unit peninjau kami mengungguli rata-rata laptop ultra-kompak (15:02) dalam tes pengeditan video Handbrake, yang membutuhkan 12 menit 59 detik untuk mentranskode video 4K ke 1080p.

Namun, HP Envy x360 membuat semua orang kewalahan dengan mentranskode rekaman yang sama hanya dalam 8 menit. MacBook Air mencetak gol yang solid di 9:15. Microsoft Surface Pro 7+, di sisi lain, lambat pada 23 menit dan 41 detik.

Acer Swift 3 menyertakan grafis terintegrasi Intel Iris Xe, tidak disarankan untuk game yang intens. Namun, rig pengujian kami bertahan dengan sendirinya, merekam 38 frame per detik dalam tes Sid Meier’s Civilization VI: Gathering Storm (1080p). MacBook Air (37fps) dan HP Envy x360 (35fps) mengikuti di belakang. Surface Pro 7+ terakhir pada 15fps.

Daya Tahan Baterai Acer Swift 3

Swift 3 memberikan daya tahan baterai sepanjang hari dan banyak lagi. Ini berarti sobat dapat membawanya sepanjang hari dan tidak perlu khawatir harus mencari tempat charger.

Saat menjalankan tes baterai laptop yang terdiri dari penelusuran web berkelanjutan melalui Wi-Fi pada kecerahan 150 nits, Acer Swift 3 bertahan selama 14 jam 48 menit, memecahkan rata-rata ultraportabel (12:45).

HP Envy x360 menempati posisi kedua dengan runtime 11 jam dan 23 menit. MacBook Air berada di urutan ketiga (9:31) dan Surface Pro 7+ kembali berada di urutan terakhir (8:49).

Heat Acer Swift 3

Aspire melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menghilangkan panas. Kami membuka 30 tab di Google Chrome dan memutar berbagai video YouTube Full HD saat mengerjakan dokumen, dan tidak ada kenaikan suhu yang mencolok.

Tim kami menjalankan video HD layar penuh selama 15 menit dan mengukur titik tertentu di laptop dari waktu ke waktu. Touchpad diukur 79 derajat Fahrenheit, jauh di bawah ambang batas kenyamanan 95 derajat. Kami mengukur 83 derajat antara tombol G & H dan 86 derajat dari bawah.

Webcam Acer Swift 3

Webcam Acer Swift 720p adalah standar dan berfungsi dengan baik. Seperti kebanyakan webcam, warnanya agak gelap, dan detailnya berbintik-bintik, terutama saat pencahayaannya buruk. Jika membutuhkan kualitas yang lebih baik, pertimbangkan untuk membeli webcam eksternal. Tetapi kamera Swift 3 cukup baik untuk panggilan Zoom dan Google Meet.

Software dan Garansi Acer Swift 3

Acer Swift 3 termasuk Windows 10 Home. Konon, ada cukup banyak bloatware, termasuk Skype, Netflix, Dropbox, Microsoft Solitaire Collection, dan Spades. Acer Swift 3 hadir dengan garansi terbatas satu tahun.

Kesimpulan

Acer Swift 3 bukanlah pengubah permainan. Desainnya memukau dengan aksen krom yang bagus yang memberikan kesan tersendiri. Sobat akan mendapatkan kinerja yang layak dari CPU Intel Core i7 Generasi ke-11 dan rendering yang solid dari GPU Intel Iris Xe, tetapi itu tidak akan membuat sobat terpesona.

Mulai dari hanya Rp. 10 jutaan, sobat akan mendapatkan laptop ultra-tipis yang kokoh dan terjangkau yang tidak akan memperlambat sobat. Namun, ketika digunakan secara maksimal, sobat harus menambah budget berkisar Rp. 15 jutaan, yang merupakan harga yang wajar untuk spesifikasi dan kinerja yang didapatkan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA