Alasan Investasi Saham Syariah Semakin Populer dan Dipilih

Investasi saham syariah semakin populer di kalangan umat Islam, karena selain menghadirkan potensi profit, investasi yang satu ini juga tidak melanggar ketentuan agama. Jelas banyak manfaat yang bisa diperoleh lewah sarana investasi yang satu ini.

Saat ini semakin banyak orang yang melek dengan dunia investasi. Para ahli mengungkapkan bahwa investasi memberi peran besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Jadi semakin banyak orang berinvestasi artinya, perputaran ekonomi juga semakin bergairah.

Investasi syariah hadir sebagai sarana investasi yang aman dan bermanfaat bagi umat Muslim. Orang-orang tidak perlu lagi takut berinvestasi, karena investasi ini jelas halal, serta memberikan banyak manfaat. Perkembangan investasi syariah juga sangat pesat di Indonesia.

Hal ini wajar mengingat Indonesia sebagai salah negara berpenduduk muslim terbesar di Dunia. Investasi berbasis syariah ini menjadi sarana yang tepat bagi umat Muslim untuk menggunakan uang mereka pada tempat yang tepat serta tujuan yang tepat juga.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Saham Syariah

Sebelum Anda memutuskan masuk dalam dunia investasi ini, tentu perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana bentuknya serta bagaimana cara investasinya yang benar. Semakin tahu seluk beluk suatu investasi maka semakin bisa mendapatkan manfaat dari investasi tersebut.

Sebelum masuk ke pembahasan investasi saham berbasis syariah, Anda perlu tahu apa itu investasi syariah terlebih dahulu. Investasi syariah merupakan investasi dalam bentuk penanaman modal di mana proses dan tata caranya diterapkan sesuai dengan prinsip dan hukum dalam Islam.

Oleh sebab itu, investasi ini halal dilakukan karena sudah diatur berdasarkan aturan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) lewat Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN). Di sini lah letak perbedaan utama investasi Syariah dengan investasi lainnya.

Investasi syariah ini terbagi dalam dalam beberapa instrument, dan salah satunya adalah Investasi saham syariah. Dalam investasi saham ini, umat Islam bisa menanamkan modal mereka dalam bentuk saham, sebagaimana diatur dalam hukum syariah di Indonesia.

Nantinya investor yang hendak terjun ke dunia investasi syariah ini akan melakukan akad investasi terlebih dahulu, yang diterapkan dalam bentuk akad kerja sama atau sering juga disingkat sebagai musyawarah.

Dalam konsep saham syariah para investor nantinya mendapatkan hak untuk bagi hasil berupa dividen. Oleh sebab itu, konsep ini dinilai tidak melanggar hukum agama Islam. Saham syariah tersebut dapat ditemukan di Daftar Efek Syariah (DES) yang tentunya sudah mendapatkan persetujuan dari OJK sehingga sangat aman.

Alasan Investasi Saham Syariah Semakin Diminati

Saat ini semakin banyak umat Muslim yang memutuskan beralih ke saham Syariah karena lebih banyak manfaat yang didapatkan. Berikut ini beberapa alasan mengapa Berinvestasi pada saham Syariah jauh lebih menguntungkan dan menghadirkan banyak manfaat.

  1. Dijamin Bebas dari Riba

Dalam agam Islam, riba merupakan hal yang harus dihindari, karena bertentangan dengan prinsip agama. Riba secara harafiah diartikan sebagai tambahan pokok utang atau harga terhadap suatu modal. Atau dengan kata lain, riba ini merupakan penetapan bunga yang melebihi jumlah nominal pinjaman.

Adanya riba dalam suatu penanaman modal atau peminjaman, jelas membebani pihak peminjam. Oleh sebab itu, dalam Investasi saham syariah ini, tidak ada riba, atau bebas dari riba, karena diatur dengan menerapkan sistem syariat.

  1. Halal

Sudah pasti alasan lain banyak orang memilih saham Syariah sebagai instrument investasi karena investasi ini sifatnya halal. Ekonomi halal merupakan landasan utama investasi ini, sehingga para investor bisa mendapatkan berkah dari investasi tersebut.

Hal-hal seperti penipuan, pemerasan, manipulasi, cuci uang jelas tidak ada dalam investasi syariah ini. Para investor bisa dengan nyaman menanamkan modal mereka, serta mendapatkan banyak manfaat dari investasi tersebut.

  1. Manajemen Dibuat Berdasarkan Syariat Islam
✔️  Hukum Trading Indodax secara Legal dan Menurut Islam

Hal lain yang membuat Investasi saham syariah semakin banyak diminati karena dalam penerapannya manajemen yang sesuai dengan syariat Islam diterapkan. Dari segi pelayanan, prinsip amanah dan kepercayaan selalu dikedepankan.

Dengan adanya investasi syariah ini, masyarakat awam tidak perlu takut lagi untuk mulai terjun ke dunia investasi, karena selain mendatangkan keuntungan, investasi ini juga berkah. Jaminan aman dan halal merupakan kunci utama dalam investasi syariah.

  1. Memberikan Manfaat Nilai Sosial

Ketika Anda sudah ikut dalam Investasi saham syariah, Anda juga sudah ikut berkontribusi memberikan manfaat kepada masyarakat. Investasi syariah ini layak juga disebut sebagai kegiatan sosial, karena dengan adanya investasi, ekonomi di masyarakat bisa digerakkan.

Hal ini bisa juga disebut sebagai ibadah karena memiliki andil untuk membantu perekonomian masyarakat. Tentunya umat muslim sangat berbantu dengan hadirnya investor syariah tersebut, karena dapat membuat UMKM semakin berkembang pesat.

Tips Menjadi Investor Syariah Agar Bermanfaat

Ketika Anda sudah memutuskan terjun ke dalam dunia investasi syariah, tentu perlu juga dipahami bagaimana carai menjadi investor yang handal yang bisa mendatangkan banyak manfaat. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak menjadi investor syariah.

  1. Kenali Saham Syariah yang Diminati

Hal pertama yang sangat penting diterapkan ketika Anda hendak ikut dalam Investasi saham syariah adalah kenali saham yang Anda minati terlebih dahulu. Sebenarnya investasi dalam saham syariah maupun saham biasa prinsipnya sama.

Anda harus kenal seluk beluk saham yang akan dipilih, agar bisa mengetahui apakah prospeknya bagus atau tidak. Tentunya dalam berinvestasi saham tidak ada orang yang mau rugi, demikian juga halnya dalan investasi syariah, oleh sebab itu penting untuk cermat memilihnya.

  1. Pastikan Saham Sesuai Syariat Islam

Tips selanjutnya adalah pastikan juga saham yang Anda pilih sudah sesuai dengan syariah Islam, karena banyak juga saham berkedok syariah, tetapi dalam penerapannya tidak sesuai dengan syariat Islam. Hal seperti ini tentu perlu dihindari, agar Anda tidak dirugikan.

Cek terlebih dahulu apakah Investasi saham syariah tersebut sudah terdaftar di Bursa Efek Syariah, serta sudah dijamin oleh OJK. Jika sahamnya tidak jelas, tentu lebih baik langsung dihindari.

  1. Mulai Pelajari Skill Berinvestasi

Dalam investasi syariah, tentu Anda juga perlu belajar cara-cara berinvestasi yang baik. Jadi ada baiknya Anda mulai belajar skill berinvestasi, sehingga modal yang Anda tanamkan bisa mendatangkan dividen yang menguntungkan.

Investasi syariah yang sukses tentu akan mendatangkan banyak manfaat, termasuk membuat perekonomian di sekitar jadi bertumbuh.

  1. Rajin Cari Saham yang Menguntungkan

Ketika Anda sudah terbiasa melakukan Investasi saham syariah, usahakan juga untuk tetap mencari saham yang menguntungkan. Prinsip dalam investasi adalah menangkan peluang pada waktu yang tepat, sehingga kedepannya profit bisa didapatkan.

Jika Anda memiliki modal atau uang menganggur, lebih baik dimasukkan ke dalam saham syariah tersebut. Rajin cari saham yang potensi pertumbuhannya bagus, sehingga Anda mendapatkan banyak manfaat nantinya.

Ketika memilih investasi syariah, Anda tidak boleh melupakan prinsip=prinsip dasar investasi. Dengan demikian, manfaat berupa berkah dan keuntungan dalam bentuk laba lewat Investasi saham syariah tersebut nantinya bisa Anda dapatkan.

Leave a Comment