Anti Ribet, Berikut 7 Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Mudah

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD penting untuk diketahui, apalagi jika ingin mendownload game Android dengan grafis tinggi. Saat ini, aplikasi dapat ditransfer ke kartu SD tanpa rooting ponsel yang digunakan terlebih dahulu.

Ulasan Lengkap Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Praktis

Sistem operasi Android saat ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Cara yang dibagikan kali ini tidak memerlukan aplikasi khusus, juga sangat mudah diikuti. Berikut penjelasan lengkap terkait hal tersebut yang perlu Anda ketahui dengan baik.

Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Menggunakan Pengaturan 

Jika Anda mengonfigurasi kartu SD sebagai penyimpanan internal, Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi ke kartu. Metode ini memberikan lebih banyak penyimpanan untuk aplikasi yang tidak dapat dipindahkan ke kartu.

Namun, cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini tidak berfungsi untuk semua ponsel dengan OS Android 9 Pie dan tidak berfungsi sama sekali untuk ponsel dengan Android 10 dan Android 11. Untuk memindahkannya, ikuti langkah-langkah ini.

  • Buka menu Pengaturan dan pilih Aplikasi atau game yang ingin Anda pindahkan ke kartu memori. 
  • Pilih menu Change Storage dan pilih SD card. 
  • Terakhir tinggal tunggu beberapa saat hingga proses transfer data selesai diproses.

Mentransfer Aplikasi Ke Kartu Memori Menggunakan USB Debugging 

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD

USB debugging adalah fitur yang hanya dapat digunakan jika Anda telah mengaktifkan opsi pengembang. Metode ini mengharuskan laptop untuk mentransfer aplikasi ke kartu SD. Berikut panduan untuk mentransfer menggunakan USB debugging: 

– Aktifkan opsi pengembang dengan mengetuk nomor build 7 kali dan nyalakan USB Debugging. 

– Hubungkan ponsel dan laptop dengan kabel USB built-in. Sehingga mudah sebagai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk memindahkan folder atau data aplikasi ke kartu SD. 

Pindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Melalui AppMgr III 

Appmgr III adalah aplikasi yang digunakan untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal atau kartu SD. Program ini berfungsi untuk memindahkan program ke SD card dan sebaliknya.

Anda juga bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store. Untuk memindahkan aplikasi dengan cara ini, Anda dapat mengikuti beberapa tahapan mudah yang terdiri dari:

  • Unduh dan buka AppMgr III di HP Anda
  • Kedua, buka tab portabel yang akan menampilkan aplikasi mana saja yang dapat dipindahkan ke kartu SD. 
  • Klik pada aplikasi dan klik Pindahkan ke kartu SD serta tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai.

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD Tanpa Aplikasi Ketiga

Transfer data aplikasi

Pada tips kali ini, akan ditunjukan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di HP Xiaomi. Mentransfer aplikasi ke kartu SD tanpa root juga harus berfungsi dengan merek ponsel lain. Samsung terbaru atau bahkan OPPO maka Anda dapat menggunakan metode ini.

Anda juga dapat menggunakan trik ini untuk mentransfer data game ke kartu SD  tanpa root, yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas saat memasang game di ponsel Anda. Adapun langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut: 

  • Buka menu konfigurasi HP dan masuk ke menu Pengaturan, pilih menu Aplikasi/Aplikasi di ponsel Anda. 
  • Pilih aplikasi/permainan yang ingin Anda transfer lalu klik menu Ganti dan ubah perangkat penyimpanan ke kartu SD. 
  • Pilih aplikasi Transfer dan tunggu proses transfer datanya hingga selesai dan aplikasi sudah bisa digunakan kembali.

Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah ini sebsgai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa akses root. Tidak semua bisa dipindahkan ke kartu memory dengan cara ini, tetapi game yang mungkin sudah Anda instal dapat dipindahkan ke sini.

Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Add-on 

Sementara langkah di atas hanya untuk mereka yang ingin memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa bantuan add-on. Aplikasi pihak ketiga juga bisa Anda maksimalkan dengan baik sebagai alternatif. 

✔️  Cara Menambahkan Bot Di Discord

Saat ini, ada banyak aplikasi untuk memindahkan aplikasi dari kartu SD, tetapi kebanyakan membutuhkan ponsel yang sudah di-root terlebih dahulu. Kali ini Jaka akan kasih tahu cara transfer SD Card menggunakan aplikasi bernama Link2SD.

Aplikasi ini tidak memerlukan akses root, tetapi Anda bisa mendapatkan fitur tambahan jika Anda membutuhkannya. Karena penasaran inilah langkah selanjutnya sebagai cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD yang bisa Anda ikuti dengan baik.

  • Unduh dan buka aplikasi Link2SD serta pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan. 
  • Pindahkan aplikasi ke kartu SD dengan memilih tombol Pindahkan ke kartu SD dan klik tab pilihan Oke. 

Anda telah berhasil memindahkan aplikasi ke kartu SD. Selain aplikasi, Anda juga dapat menggunakan Link2SD untuk mentransfer game berat ke kartu SD. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang cara mentransfer OBB ke kartu SD tanpa root.

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD Dengan Bluetooth 

Jika Anda tidak ingin memasang aplikasi, Anda dapat mencoba salah satu metode andalan ini. Berikut adalah petunjuk dan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD menggunakan fitur bluetooth pada smartphone. 

  • Aktifkan Bluetooth di ponsel Anda dan siapkan ponsel Anda untuk mengirim aplikasi ke kartu SD yang telah disiapkan.
  • Pada ponsel pengirim, buka menu File Manager lalu pilih aplikasi yang ingin dikirim dengan mudah dan cepat.
  • Kirim aplikasi ke ponsel penerima dan buka pengelola file di ponsel penerima dengan praktis.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD dan klik logo tiga titik vertikal lalu pilih kartu SD sebagai lokasi penyimpanan.

Pindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Dengan Aplikasi SHAREit 

Aplikasi pemindah ke kartu SD

Program lain yang juga bisa digunakan untuk memindahkan program ke kartu SD adalah SHAREit. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi ini dari Google Play. Selain itu, pastikan Anda memiliki smartphone lain untuk mempercepat prosesnya.

Selanjutnya untuk memudahkan proses pemindahan, Anda juga perlu mengetahui tips untuk menggunakan aplikasi tersebut dengan baik. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD menggunakan SHAREit, lakukan hal berikut: 

  • Buka aplikasi SHAREit yang terinstal di ponsel Anda dan pilih menu aplikasi dan centang aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD, lalu klik Berikutnya. 
  • Aktifkan WLAN dan Bluetooth di ponsel Anda, serta ikuti langkah yang sama di ponsel lain untuk mendapatkan aplikasi siaran. 
  • Kemudian lakukan transfer file, dan setelah terkirim lalu buka menu File Manager di ponsel yang menerima aplikasi dan pilih SHAREit. 
  • Kemudian pilih Aplikasi atau menu Aplikasi dan tandai aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD. 
  • Klik tiga titik vertikal untuk membuka lebih banyak opsi dan pilih kartu SD untuk menyimpan aplikasi yang Anda inginkan.
  • Proses selesai, aplikasi yang ingin Anda pindahkan sudah tersimpan dengan aman di SD card yang tersedia.

Sekian ulasan terkait 7 cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mudah yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai referensi yang menarik untuk Anda gunakan sebaik-baiknya.

Leave a Comment