karantina wilayah ramai diperbincangkan, apa bedanya dengan lockdown?

Pandemi Corona terus meluas di wilayah Republik Indonesia dan membuat masyarakat Indonesia kian cemas akan hal ini.

Banyak masyarakat yang meminta dilaksanakannya lockdown di Indonesia guna menghindari penyebaran virus yang lebih luas lagi.

Akhir-akhir ini istilah karantina wilayah pun ramai diperbincangkan. Mahfud MD selaku Menteri  Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) pun menegaskan bahwa Indonesia tidak akan mengambil langkah lockdown. Namun pemerintah akan melakukan karantina wilayah sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran pandemi corona.

Baca Juga: Hoax! Telur Rebus Bisa Mencegah Virus Corona

Menurut Mahfud MD, istilah karantina wilayah sebenarnya telah termuat dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dan nantinya pelaksanaan karantina wilayah yang sedang dipertimbangkan ini akan terbit dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Karantina Kewilayahan.

Selain itu, Mahfud MD juga menegaskan walaupun nantinya PP tersebut terbit, hal itu bukanlah dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk melakukan lockdown maupun pembatasan kegiatan masyarakat. Rancangan PP tentang karantina kewilayahan ini sudah ada dan akan dibahas lebih lanjut.

Apa perbedaan antara karantina wilayah dan lockdown? Karantina wilayah memiliki konsep untuk mengatur strategi untuk melawan corona dalam bentuk social distancing dalam kegiatan masyarakat, sementara lockdown merupakan penutupan akses secara total baik dari dalam maupun dari luar negara.

Artikel Lainnya:  Bahaya Gubernur Sumatera Utara Memberlakukan Status Siaga Virus Corona

Apapun langkah yang akan di ambil pemerintah, pastinya telah melalui banyak pertimbangan guna untuk kebaikan kita pula. Kita juga berperan kuat untuk memutus rantai penyebaran pandemi ini dengan mengambil langkah melakukan social distancing, tidak berkumpul dengan orang banyak dan usahakan tetap di rumah saja. Jangan menganggap sepele pandemi ini dan membuat suasana menjadi semakin buruk karena kelalaian kita.

Tetap jaga jarak, jaga kesehatan dan jaga diri kalian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here