Apakah Benar Main Laptop di Kasur Bahaya? Nih Penjelasannya!

Apakah Benar Main Laptop di Kasur Bahaya? Nih Penjelasannya!
Apakah Benar Main Laptop di Kasur Bahaya?

Stigma yang melegenda dari jaman dahulu kala adalah “tidak boleh main laptop di kasur”. Kebanyakan masyarakat awam akan setuju dengan pernyataan itu. Namun ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa hal itu tidak masalah. Sebenarnya mana yang benar? Boleh atau tidak?


Perdebatan tersebut wajar terjadi, karena kebanyakan mereka hanya tahu kalau itu berbahaya. Tapi tidak tahu letak bahayanya dimana. Padahal main laptop di atas kasur itu sangat nyaman. Bisa sambil nyandar dan selonjoran santai.
Oleh karena itu pada artikel ini kami akan membahas secara tuntas mengenai masalah ini. Supaya Anda tidak lagi was-was saat menggunakan laptop di kasur.

Apa sih bahayanya main laptop di kasur?

Dampaknya mungkin tidak bisa dirasakan secara langsung. Tapi kalau sudah terlalu sering, maka secara perlahan dampak tersebut akan Anda rasakan. Setidaknya ada dua bahaya yang bisa terjadi apabila sering main laptop di atas kasur

1. Merusak komponen laptop

Bagaimana bisa merusak komponen laptop?
Dikutip dari tedieka.com, setiap digunakan pasti laptop akan mengeluarkan panas melalui lubang udara yang ada di samping ataupun atas laptop (setiap merek laptop berbeda). Hal ini untuk menghindari panas yang berlebihan pada area CPU.


Nah jika laptop yang Anda gunakan lubang udaranya berada di samping agak di bawah. Otomatis sirkulasi udara akan sedikit terhambat. Terlebih lagi sifat kasur yang gampang menyerap panas. Akibatnya suhu laptop pun akan jadi semakin cepat naik.

Apabila kejadian ini berulang terus menerus, pasti akan ada komponen laptop yang kalah (rusak). Tandanya yaitu laptop sudah mulai menurun performanya.

2. Berbahaya terhadap Kesehatan

Menggunakan laptop di kasur juga akan berbahaya bagi Kesehatan. Terutama jika menggunakan laptopnya sambal dipangku. Bahkan ada sebuah riset yang menunjukkan hubungan antara kenaikan temperatur terhadap organ reproduksi pria.


Studi tersebut menyatakan bahwa meningkatnya suhu di organ pria pria sebesar 1 derajat saja, bisa mengurangi kualitas sperma. Jadi pastikan Anda selalu berhati-hati saat menggunakan laptop.

Dampak Kesehatan lain yang mungkin timbul adalah masalah mata. Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi pencahayaan kamar yang terlalu gelap. Kemudian bisa juga karena faktor jarak pandang mata dengan laptop yang terlalu dekat.


Menggunakan laptop dalam kondisi kamar gelap ditambah jarak ke mata yang terlalu dekat, akan membuat mata cepat lelah. Bahkan bisa terkena iritasi, radiasi hingga rabun jauh

3 Tips aman main laptop di kamar

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas. Pastikan saat bermain laptop di kasur atau dimanapun Anda melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan meja laptop

Meja laptop berfungsi untuk membuat laptop stabil dan mencegah panas agar tidak ke kasur. Saat ini ada banyak model dan ukuran yang tersedia, bahkan ada yang bisa dilipat. Harganya juga cukup murah, sekitar 100ribuan. Anda bisa membelinya di berbagai market place online. Contohnya yang seperti ini:

Meja Laptop

Dengan menggunakan meja tersebut, Anda bisa aman bermain laptop sambil bersantai di kamar. Tanpa takut lagi suhu laptop akan meningkat karena permukaan kasur. Pastikan juga jarak padang mata berada di jarak aman. Agar terhindar dari mata lelah ataupun rabun di kemudian hari.


Keuntungan lain menggunakan meja ini adalah bisa di bawa kemana-mana. Karena bisa dilipat dan dipindah sesuka hati.

2. Gunakan alat seadanya

Apabila Anda belum memiliki meja laptop, coba manfaatkan benda yang ada di sekitar Anda. Pastikan benda tersebut permukaannya rata, kuat dan tentunya tidak menyerap panas.


Ada banyak benda yang bisa Anda gunakan mulai dari box kardus, papan pengalas, papan kayu, dll. Intinya bahan tersebut bisa digunakan sebagai alas untuk menghindari panas dan agar laptop dalam kondisi rata.

Ini merupakan solusi simpel bagi yang belum punya meja khusus laptop. Karena bisa didapatkan tanpa harus mengeluarkan uang.

3. Gunakan kipas tambahan

Selain menggunakan pengalas, Anda sebaiknya menambahkan kipas eksternal. Kipas disini berfungsi sebagai pembantu dalam melancarkan sirkulasi panas laptop. Terlebih lagi jika suhu ruangan agak panas.


Tidak hanya saat suhu ruangan agak panas, saat laptop digunakan untuk kerja keras juga sangat butuh kipas tambahan. Misalnya saja edit video, merender, mengerjakan projek 3D dll.

Kesimpulan


Jadi apakah boleh main laptop di kasur? Ya tentu saja boleh. Semua orang pasti suka mengerjakan sesuatu di kamarnya sambal santai, tak terkecuali menggunakan laptop. Tapi pastikan untuk selalu menjaga keamanan dengan menggunakan pengalas, dan beberapa tips di atas.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)