Review Laptop Konten Kreator Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

kompirasi.com – Dibekali dengan desain tampilan ganda yang unik dan kinerja yang kokoh membuat Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED sempurna untuk pembuat konten. Desain superior yang dipadukan dengan fleksibilitas layar ganda dan performa bertenaga menjadikannya pilihan yang solid meski ada kekurangan.

Zenbook Pro 14 Duo terbaru dari Asus menampilkan layar laptop OLED 14,5 inci, 2,8K 120Hz pertama di dunia. Seperti varian 15-inci yang lebih besar, ini adalah laptop faktor wow yang dibuat dengan indah untuk pembuat konten yang akan menarik perhatian semua orang di mana pun mereka memilih untuk bekerja.

Namun, jika sobat menggunakan kedua layar dan berencana untuk bekerja sepanjang hari, sebaiknya letakkan di dekat colokan. Yang mengatakan, dikemas dengan CPU Intel 12th Gen Core i7 yang kuat, GPU Nvidia RTX 3050 Ti, dua layar cantik dan speaker yang kuat, Zenbook Pro Duo 14 dapat melakukan banyak hal.

Pro Duo 14 juga hadir dengan stylus yang sangat akurat dan hebat yang sangat bagus untuk digunakan. Tetapi memiliki keyboard yang penuh sesak dan touchpad seukuran ibu jari, yang membuat sebagian orang akan merasa kurang nyaman.

Secara keseluruhan, laptop ini sempurna untuk pembuat konten yang sedang bepergian yang akan memanfaatkan stylus ini dengan baik.

Spesifikasi Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

  • CPU: Prosesor Intel Core i7-12700H
  • GPU: Nvidia RTX 3050 Ti 4GB vRAM
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 1TB SSD
  • Layar: 14,5 inci, 2,8K OLED
  • Baterai: 3:40 dengan kedua layar menyala, 5:09 dengan layar kedua mati
  • Dimensi: 12.8×8.9×0.7 inci
  • Berat: 3,3 pon

Kelebihan

  • + Kualitas dan desain rangka yang luar biasa
  • + Tampilan yang hidup, penuh warna, dan jelas
  • + Performa yang kuat
  • + Tampilan kedua berfungsi.
  • + Speaker hebat
  • + Stylus yang luar biasa

Kekurangan

  • – Mahal
  • – Daya tahan baterai adalah masalah.
  • – Keyboard dan touchpad yang canggung

Konfigurasi dan Harga Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

Asus ZenBook Pro 14 Duo yang kami uji memiliki CPU Intel Core i7-12700H Generasi ke-12, VRAM 4GB, RAM 16GB, SSD 1TB, dan layar sentuh 14,5 inci, 120Hz 2.8K OLED (2880 x 1800 piksel) dengan dukungan untuk layar sentuh aktif. Stylus Layar sentuh IPS berukuran 14 x 4,5 inci (2880 x 864 piksel) sekunder.

Versi terbaru dari Asus ZenBook Pro 14 OLED tersedia dengan harga mulai dari Rp. 29 jutaab dan saat ini tidak ada informasi harga tambahan untuk konfigurasi alternatif, tetapi akan diperbarui jika tersedia.

Desain Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

Asus ZenBook Pro 14 Duo berbagi paduan magnesium-aluminium biru langit yang menakjubkan dengan kelasnya yang lebih besar, dan sangat enak dipandang. Saat pertama kali dibuka, layar kedua ScreenPad Plus muncul menghadap dua layar OLED berwarna cerah.

Kesannya menghipnotis. Kualitas build kedua layar, engsel, dan mekanisme layar kedua kokoh dan kokoh. Kedua layar sangat menarik dengan desain hampir tanpa bingkai, dan webcam kecil di bagian tengah atas layar hampir tidak terlihat.

Keyboard backlit kecil memiliki touchpad yang ditempatkan di sisi kanan keyboard, membuat tombol terlihat berantakan. Tetapi Asus memanfaatkan tombol fungsi dengan sangat baik dengan memungkinkan pengguna menghidupkan atau mematikan kamera melalui tombol F10.

Rasanya seperti sobat sedang mengetik di laptop kecil. ZenBook Pro 14 Duo berukuran 12,8 x 8,9 x 0,7 inci dan berat 3,3 pon. Ini bukan yang tertipis atau teringan di grup perbandingan kami, tetapi layar ganda dapat menambahkan beberapa ons.

Dell XPS 15 OLED berukuran 13,6 x 9,1 x 0,7 inci dan memiliki ujung 4,3 pound, sedangkan Alienware x14 R1 berukuran 12,7 x 10,3 x 0,57 inci dan 4,1 pound. Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 4 berukuran 14,1 x 9,9 x 0,78 inci dan beratnya hanya 3,9 pon.

Keamanan dan Daya Tahan

Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED hadir dengan kamera berkemampuan IR yang bekerja dengan pengenalan wajah Windows Hello, untuk mengunci laptop dengan aman dan melindungi data dan file saat sobat sedang berada jauh dari laptop.

ZenBook Pro Duo juga menggunakan Trusted Platform Module (TPM) yang menggunakan enkripsi berbasis hardware untuk memastikan bahwa informasi yang disimpan di laptop tetap aman dari serangan software eksternal, menambah lapisan keamanan sistem ekstra.

Tindakan keamanan tambahan lainnya adalah kemampuan untuk mematikan webcam sepenuhnya dengan menekan tombol F10 alih-alih menggunakan rana fisik yang kaku.

Port Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

Asus ZenBook Pro 14 Duo bersinar di port dengan hanya tiga input USB. Di sebelah kiri adalah port headphone/mikrofon kombo 3,5mm. Sisi bagian belakang terdapat port DC-in, port HDMI, dan slot kartu microSD. Sedangkan untuk bagian sebelah kanan ada dua port Thunderbolt 4 dan port USB-Tipe A.

Layar Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

Layar sentuh OLED 14,5 inci, 2880 x 1800p ZenBook Pro 14 lebih cerah, lebih berwarna, dan lebih tajam daripada yang sobat bisa bayangakan. Baik sobat mememainkan Shadow of the Tomb Raider, menonton video, atau mengedit footage, semuanya indah dan mulus tanpa jeda atau sobek yang mencolok.

Layar ScreenPad Plus yang lebih kecil juga hadir dalam berbagai warna tetapi memiliki permukaan anti-silau untuk memberikan tampilan yang berbeda. ScreenPad 14 inci memiliki resolusi 2.880 x 863 piksel yang tajam.

Kami melihat akhir musim Marvel’s Moon Knight di Disney Plus dan ketika pertama kali melihat dewa Mesir Ammit di kamera, kualitas warna dan kejernihan tampilan utama tidak dapat disangkal. Semua sisik buaya Ammit telah dibuat ulang dengan cemerlang dalam warna hijau dan biru, dengan emas dari baju besi dewa berkilauan saat diterangi.

Ledakan energi ungu yang memancar dari tongkat Harrow mendebarkan dan berbahaya saat melawan Moon Knight yang selalu berubah. Adegan di mana Layla menjadi titisan dewa Taweret dan berubah menjadi Scarlet Scarab untuk pertama kalinya sangat mengesankan ketika dia pertama kali melebarkan sayap emasnya.

Mengukur tampilan ZenBook secara kolorimetri, mencakup 94,9% dari gamut warna DCI-P3. Ini mengungguli pesaingnya dan dengan cepat melampaui skor rata-rata laptop premium 87,6%.

Pesaing terdekat adalah Dell XPS 15 OLED sebesar 85%, Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 4 sebesar 83,5%, dan Alienware x14 R1 sebesar 77,7%. Tampilan kedua perangkat mengungguli orang lain dengan rata-rata DCI-P3 118,4% dari gamut warna DCI-P3.

Layar utama ZenBook Duo Pro 14 rata-rata memiliki kecerahan 336,6 nits dan layar sekunder mencatat 564,3 nits. ThinkPad X1 memimpin grup kami pada 426 nits, XPS selesai pada 398 nits dan x14 R1 selesai dalam kategori ini dengan skor 377 nits. Tidak ada anggota kelompok pembanding yang mengalahkan rata-rata laptop premium 433 nit.

Screenpad Plus dan Stylus

ScreenPad Plus 14 x 4,3 inci (2880 x 863 piksel) cerah dan penuh warna. Sangat berguna dan ada menu peluncur aplikasi praktis di sisi kiri ScreenPad plus, tempat sobat dapat memulai aplikasi, menyeret item ke layar, menandatangani, atau menggambar dokumen.

Sangat nyaman untuk menghapus item yang kurang penting dari layar utama dan masih tersedia dengan mudah di layar ScreenPad Plus. Kami juga merasa berguna untuk menggunakan layar kedua saat mengedit untuk mengawasi email, musik, dan artikel berita acak yang kami simpan untuk dibaca nanti.

Tidak banyak aplikasi yang dapat memanfaatkan ScreenPad plus secara maksimal, tetapi, seperti yang disebutkan dalam ulasan ZenBook Duo (UX482), untuk pembuat konten, dapat digunakan untuk aplikasi prosumer tertentu seperti Premiere Pro dan memberi kontrol ekstra.

Tetapi apakah itu cukup untuk menjamin biaya tambahan? Itu benar-benar tergantung pada sobat sendiri. Kami menggunakannya saat mengedit di Premiere, tetapi ketika mengeditnya di Da Vinci Resolve, software editing video utama kami itu tidak berfungsi dengan baik.

Video ditampilkan dengan baik di layar 4K yang lebih kecil, tetapi kami tidak menikmati menontonnya di layar kedua. Layar terlalu kecil untuk benar-benar menyelesaikan dorongan dokumen yang berat. Pada akhirnya, itu masih menambah celah.

Audio Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

ZenBook Pro 14 Duo hadir dengan speaker bersertifikat Harman Kardon yang diluncurkan dari lantai yang bekerja dengan teknologi audio Dolby Atmos untuk menghadirkan pengalaman audio full-range yang luar biasa.

Karena itu, kami menyalakan Spotify dan mendengarkan “Need to Know” dari Doja Cat. Apa yang Doja Ketahui dan Mengapa Doja Perlu Diketahui Seperti yang dijelaskan Doja, bassline terdengar begitu halus, dan ketukan lembut dari speaker kecil Zenbook yang kuat dibuat keras dengan sangat dalam dan kami bangkit dan mulai menari.

Kami tidak dapat membayangkan bagaimana Asus dan Harmon Kardon menghasilkan bass yang tebal, jernih, dan dapat dikenali dengan treble yang sangat baik dalam perangkat yang padat.

Kemudian kami mendengarkan “Toxicity” oleh System of Down, dan vokalnya direproduksi dengan jelas dan bertenaga, dengan kekuatan God of Fury yang memberikan kegembiraan mutlak saat gitar penggerak meledak ke ruang audio.

ZenBook Pro 14 Duo melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memutar audio dengan bersih tanpa distorsi pada volume apa pun, kami selalu mendorongnya ke 100%. Tetapi, Zenbook menciptakan kembali gitar gerinda dan vokal kuat dan ekspansif penyanyi utama Serj Tankian dengan presisi yang menyenangkan.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard kecil ZenBook Pro Duo 14 dan penempatan yang canggung berasal dari terlalu kreatif dan mencoba memeras tampilan tambahan dalam faktor bentuk laptop 14 inch. Kami tidak mengatakan itu ide yang buruk.

Kami adalah orang yang mencoba memasang mesin small block 350 V8 pada hatchback 2 pintu Volkwagen Rabbit 1980. Jadi kami menghargai usahanya. Tapi itu akan cocok dan butuh waktu untuk membiasakan diri.

Mengeluarkan pikiran dari keyboard berukuran netbook ZenBook Pro 14 adalah tugas yang menakutkan, terutama jika sobat memiliki tangan yang besar dan sering gemetaran.

Dalam tes 10FastFingers.com, kami mencapai 73 kata per menit dengan akurasi 82%. Jadi tata letak keyboard yang disejajarkan secara aneh sedikit memengaruhi pengetikan. Hasil rata-rata normal berada di kisaran 88 kata per menit, dengan akurasi rata-rata sekitar 91%.

Touchpad vertikal ZenBook berada di sisi kanan keyboard, berukuran 3,0 x 2,1 inci di sisi yang lebih kecil. Pemosisian bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi begitu terbiasa, itu memberi sobat banyak ruang untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi rasanya lebih seperti thumbpad daripada touchpad penuh.

Touchpad merespons gerakan Windows 10 dengan cepat, termasuk scrolling dua jari dan pinch-to-zoom. Di ZenBook Pro 15, touchpad juga menjalankan fungsi ganda sebagai papan angka. Kami menyukai fitur ini, tetapi kami tidak dapat menemukannya di versi 14 inch.

Kinerja Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

ZenBook Pro Duo hadir dengan CPU Intel Core i7-12700H Generasi ke-12, RAM 16GB, dan SSD 1TB. Spesifikasinya mengesankan dan mirip dengan yang ditemukan di laptop premium lainnya. Kami mencoba terjebak dengan 45 tab di Chrome karena ingin melihat bagaimana menangani multitasking.

Empat di antaranya memutar video YouTube secara bersamaan. Kemudian memulai beberapa Google Documents, satu untuk gambar dan satu untuk PDF yang ingin kami edit. ZenBook menangani semua yang kami lemparkan, dan kipas yang sedikit lebih besar adalah satu-satunya tanda bahwa ia mulai bekerja.

Dalam tes kinerja keseluruhan Geekbench 5.4 kami, ZenBook Pro 14 Duo mencetak 11.533, lebih tinggi dari rata-rata laptop premium 5.542, tetapi mengungguli Alienware x14 R1, yang mencetak 13.353 (CPU Intel Core i7-12700H). XPS 15 OLED dirilis pada 7.477 (CPU Intel Core i7-11800H) dan ThinkPad X1 dirilis pada 7.244 (CPU Intel Core i7-11800H).

Dalam tes transcoding video Handbrake, yang menguji seberapa cepat laptop dapat mengonversi video 4K ke resolusi 1080p, ZenBook membutuhkan waktu 6 menit 14 detik, dengan mudah mengalahkan rata-rata laptop premium 11:40.

Ini lebih lambat dari Alienware x 14 dengan 5 menit 04 detik yang cepat, tetapi batas waktu XPS 15 OLED adalah 8 menit 10 detik, mengalahkan 7 menit 36 ​​detik dari ThinkPad. SSD 1TB ZenBook berkinerja baik dalam pengujian transfer file kami.

Laptop ini mengkloning file multimedia 25 GB dalam 17 detik dengan kecepatan 1.574,64 MB per detik. Ini mengungguli semua pesaingnya, dengan Lenovo ThinkPad X1 (512GB SSD, 1.308.58MBps) yang paling dekat, diikuti oleh Alienware x14 (1.156.4MBps, 2TB SSD) dan Dell XPS 15 OLED (825.6MBps 512B SSD) menyelesaikan hasilnya.

Grafis Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

GPU Nvidia GeForce RTX 3050 Ti ZenBook Pro 14 dengan VRAM 4GB memungkinkan sobart bermain game bahkan saat tidak dalam Mode Kreator. Kami tidak akan mengatakan itu dimaksudkan untuk memainkan judul triple-A, tetapi tentu saja menangani game-game lama yang masih menyenangkan untuk dimainkan.

GPU diuji menggunakan benchmark Civilization VI Sid Meier. ZenBook Pro 14 Duo mencapai 91 frame per detik pada 1080p. Itu di atas rata-rata untuk laptop premium pada masing-masing 47 fps (1080p). XPS 15 (Nvidia GeForce RTX 3050Ti) mencapai 67fps pada 1080p, sedangkan ThinkPad X1 (Nvidia GeForce RTX 3060) mendekati 65fps.

Dalam benchmark GTA V, ZenBook Pro 14 Duo mencapai 51 frame per detik pada 1080p, gagal mengalahkan rata-rata laptop premium 78 fps. Alienware x 14 mencapai 70 frame per detik dan pemimpin grup Lenovo ThinkPad X1 Gen 4 mencapai 80 frame per detik.

Masa Pakai Baterai

ZenBook Pro 14 Duo adalah perangkat yang kuat dan cukup kuat dengan layar ganda. Kami tidak berharap masa pakai baterai bertahan sepanjang hari dan kami benar. Sebagian karena spesifikasi yang hebat, tetapi sebagian besar karena layar OLED ganda.

Dalam tes baterai yang melibatkan penelusuran web terus menerus melalui Wi-Fi pada kecerahan 150 nits, ZenBook bertahan 3 jam 40 menit dengan kedua layar menyala. Dengan layar bawah mati, unit bertahan 1 jam 31 menit, meningkat 5 menit 9 detik.

Itu tidak bagus, dan itu rata-rata kurang dari 11:00 jam untuk laptop premium yang Anda harapkan. Pesaing layar tunggal ZenBook dipimpin oleh ThinkPad X1 pada 7:50, diikuti oleh Dell XPS 15 OLED pada 6:58, diikuti oleh Alienware pada 5 jam dan 32 menit.

Heat Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

ZenBook Pro 14 Duo dimaksudkan untuk memberdayakan pembuat konten dengan pengeditan video dan foto, jadi penting untuk tetap tenang. Tambahkan dua layar OLED ke dalam campuran dan sobat dapat mengharapkan kerusakan. Meski begitu, ZenBook Pro tetap hebat.

Selama tes termal yang melibatkan pemutaran video 1080p 15 menit, bagian bawah mencapai 106 derajat Fahrenheit. Agak panas, tapi tidak berbahaya. Keyboard diberi peringkat 90,5 derajat dan touchpad 86,5 derajat. Suhu tombol dan touchpad berada di bawah ambang batas kenyamanan 95 derajat.

Webcam Asus ZenBook Pro 14 Duo OLED

Webcam ZenBook Pro Duo 14 setara dengan webcam laptop. Bukan yang terbaik maupun yang terburuk Akurat menangkap polo shirt merah muda dan kulit cokelat, warnanya direproduksi dengan kuat. Autofokus webcam cepat dan responsif, tetapi itu adalah fitur terbaiknya.

Webcam ZenBook tidak memiliki distorsi visual dan kejelasan dalam situasi cahaya rendah, tetapi sebagian besar webcam melakukannya. Untuk webcam yang lebih baik, lihat ulasan webcam eksternal terbaik kami.

Software dan Garansi

Laptop ini hadir dengan beberapa aplikasi buatan Asus seperti MyAsus, yang memiliki beberapa fitur keren seperti kemampuan untuk menghubungkan hp ke laptop dan berbagi file.

Ini juga dapat memberi gambaran umum tentang kinerja sistem, membuat penyesuaian, dan mengontrol fitur tertentu seperti pembatalan bising mikrofon dan warna tampilan. Seperti halnya dengan sistem Windows 11, ada beberapa bloatware termasuk koleksi Netflix, Spotify dan Microsoft Solitaire.

Ada aplikasi Disney Plus dan aplikasi ProArt Creator Hub untuk kontrol lebih besar atas pengaturan sistem, kecepatan kipas, dan kalibrasi warna. ZenBook Pro 14 Duo OLED hadir dengan garansi terbatas selama satu tahun.

Kesimpulan

Zenbook Pro 14 Duo OLED adalah pilihan menyenangkan bagi para kreatif yang dapat memanfaatkan tampilan kedua dan stylus yang sangat akurat.

Jajaran laptop dual-display Asus terus menawarkan kinerja yang hidup yang membuat pilihan untuk meningkatkan alur kerja pencipta dengan mengorbankan sedikit pengorbanan (kecanggungan dan ukuran keyboard).

Kedua tampilan cantik, responsif, dan nyaman. CPU dan GPU memberikan kinerja yang kuat dan sobat dapat menikmati pengalaman audio yang luar biasa. Ini adalah laptop yang solid, tetapi masih merupakan laptop khusus, jadi sobat harus mempertimbangkan apakah trade-off untuk tampilan ganda yang unik layak untuk digunakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA