Beranda Tutorial Bahaya Bug Xmlrpc.php Bagi Keamanan WordPress

Bahaya Bug Xmlrpc.php Bagi Keamanan WordPress

1057
0
Bahaya Bug Xmlprc.php

Mengenal Xmlrpc pada wordpress sebenarnya banyak fakta tentang file ini apalagi file Xmlrpc ini selalu ada di saat kita menginstall wordpress di cpanel,fungsi file Xmlrpc di wordpress sebenarnya burguna untuk pemilik agar bisa mengakses situs blog milik anda secara jarak jauh atau secara remote.

Nah ternyata fungsi ini dapat di salah gunakan oleh hacker atau peretas seorang hacker mampu melakukan DDOS dan juga mampu menemukan username dan password user atau pengguna di wordpress kalian.

Pengertian Xmlrpc

XML-RPC adalah fitur wordpress yang memungkinkan data agar dapat di transmisikan dan berguna untuk melakukan remote jarak jauh ambil contoh kalian ingin menerbitkan atau membuat artikel terbaru di blog pribadi kalian nah dengan XML-RPC kalian bisa membuat artikel dengan smartphone.

Alasan Mengapa Harus Menonaktifkan XML-RPC

Alasanya adalah dari segi keamanan ternyata fitur yang di buat oleh wordpress dapat menjadi masalah di masa depan,kabarnya file XML-RPC dapat terkena serangan DDOS,PHP Remote Code Exection,Dan Juga Brute Force.

Serangan ini mampu membuat server down,Situs terkena defacing(Merubah tampilan laman web),dan brute Force.

Sumber InformasiĀ 

Apa yang dapat dilakukan Hacker apabila memanfaatkan bug XML-RPC ?

Hal yang dapat terjadi seorang hacker mampu mempublish post,delete post, upload new file (di menu media),dan banyak lainnya.

Mampu Melakukan Remote Code Execution

Teknik Remote Code Execution atau yang di kenal eksekusi jarak jauh merupakan kemampuan penyerang (attacker) untuk mengakses perangkat komputasi orang lain dan mampu membuat perubahan.

Nah Bagaimana Cara Pencegahan Serta Mencegah Bug XML-RPC ?

Plugin ini mampu menonaktifkan XML-RPC dan juga mampu mencegah serangan XML-RPC pada wordpress kamu.

Fitur Disable XML-RPC

  • STOP XML-RPC ATTACK

Cara kerja plugin ini apabila mengaktifkan fitur STOP XML-RPC ATTACK otomatis plugin tersebut akan menghentikan serangan XML-RPC

Matikan XML-RPC Dengan .htaccess

Untuk mematikan fungsi XML-RPC kalian bisa mengedit nya di menu filemanager dan memasukan code sebagai berikut :

# Block WordPress xmlrpc.php requests
<Files xmlrpc.php>
order deny,allow
deny from all
</Files>

Perlu di ingat sayangilah website kamu dengan cara menutup bug XML-RPC adalah salah satu pencegahan terbaik untuk blog pribadi milik kamu dan sekian tentang bug XML-RPC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here