Berikut Ini Cara Membuat Alamat Blog yang Baik

Pada ulasan kali ini, Anda akan memahami tentang cara membuat alamat blog yang baik sehingga akan memberi keuntungan bagi aktivitas blog pribadi yang Anda kelola. Pembahasan kali ini mungkin akan sedikit panjang.

Namun begitu, tentu pemahaman yang Anda dapatkan mengenai cara untuk membuat alamat blog dan pentingnya memiliki alamat blog akan lebih jelas dan lengkap.

Apa Pengertian dari Alamat Blog?

Sebelum membahas cara membuat alamat blog, sebenarnya apakah Anda sudah tahu mengenai apa itu alamat blog? Seperti halnya rumah, blog juga memiliki alamat yang akan memudahkan seseorang mengunjungi blog Anda.

Dan pada beberapa aktivitas yang sering Anda lakukan, tentu saat melakukan pencarian sebuah kata kunci di browser, Anda akan menemukan alamat untuk menuju ke sebuah situs atau blog.

Seperti itu pula nanti alamat blog Anda bekerja yakni sebagai alamat situs yang bisa dibuka oleh pembacanya. Lebih sederhananya, jika Anda membuka situs dengan tulisan seperti www.google.com atau sejenisnya, inilah yang dinamakan sebagai URL/alamat sebuah situs.

Setiap situs tentu memiliki alamat atau URL, sehingga ketika Anda membuat blog, maka hal pertama yang dilakukan yakni dengan membuat alamat. Pembuatan alamat blog ini dilakukan hanya satu kali yakni pada awal pembuatan blog.

Alamat blog juga tidak bisa diubah sehingga Anda perlu memikirkan dengan matang bagaimana alamat blog yang akan Anda gunakan.

Pentingnya Pembuatan Alamat Blog yang Baik

Dalam melakukan cara membuat alamat blog, Anda tidak bisa membuatnya secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan bagi Anda untuk membuat alamat blog yang baik.

Dengan struktur alamat yang baik, maka akan memberi banyak keuntungan bagi aktivitas blog Anda. Alamat blog yang baik dimaksudkan sebagai alamat blog yang sesuai dengan kaidah SEO.

Jika Anda telah lama terjun dalam dunia seperti ini, tentu SEO merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas blog pribadi. Dan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan pembuatan alamat blog yang baik dan sesuai SEO adalah sebagai berikut.

  1. Peringkat Hasil Pencarian akan Meningkat di Search Engine

Jika Anda melakukan cara membuat alamat blog yang baik dengan benar sesuai SEO, maka keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan yakni meningkatkan peringkat hasil pencarian di search angine.

Alamat blog atau URL blog ini menjadi satu faktor penting untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian. Dengan pembuatan alamat yang mirip dengan kata kunci dari isi blog, maka semakin besar juga peluang blog Anda berada di peringkat teratas.

Search engine akan mengidentifikasi keterkaitan antara isi blog dengan kata kunci yang ada dipencarian. Dengan begitu, peluang untuk blog Anda dibaca juga akan semakin besar.

  1. Blog Akan Lebih Mudah Diindeks oleh Web Crawler

Keuntungan kedua yang bisa diambil jika Anda melakukan cara membuat alamat blog dengan baik yakni blog Anda akan lebih mudah diindeks oleh web crawler.

Kaitannya dengan hal ini, web crawler merupakan sebuah bot pencarian dan pengindeks di world wide web. Web crawler inilah yang nantinya bertanggung jawab memahami kata kunci pada pencarian dan menampilkan beberapa konten dengan kata kunci yang sama.

Cara kerja dari web crawler ini yakni menemukan URL, meninjau dan kemudian mengelompokkan URL. Ketika kata kunci ditelusuri, maka search engine akan menelusuri semua indeks yang paling relevan untuk ditampilkan.

Dengan demikian, maka penting untuk membuat alamat blog yang baik sesuai dengan kata kunci dari isi konten blog yang Anda kelola.

  1. Menaikkan Traffic Blog

Cara membuat alamat blog yang baik juga akan dapat menaikkan traffioc blog. Perlu Anda tahu juga bahwa URL atau alamat blog yang sederhana dan singkat justru akan lebih bisa menaikkan traffic blog.

✔️  Keuntungan Investasi Saham yang Membuat Menjadi Cepat Kaya

Siapa yang sangka bahwa panjang pendeknya dari URL yang Anda buat akan berpengaruh dalam keberlangsungan traffic blog. Sehingga, penting sekali mempertimbangkan bagaimana struktur alamat blog yang cocok pada blog yang Anda kelola.

Lantas bagaimana sebenarnya ciri-ciri alamat blog yang baik dan meningkatkan SEO? Untuk tahu jawabannya, simak hingga akhir ulasan yang menarik ini.

Ciri Alamat Blog yang Bisa Meningkatkan SEO

Alamat blog yang baik, merupakan alamat yang dapat meningkatkan SEO. Dan berikut merupakan ciri-ciri cara membuat alamat blog yang dapat meningkatkan SEO.

  1. Alamat yang Sesuai dengan Standar Struktur URL

Sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai standar pembuatan URL atau alamat blog. Namun begitu, Anda harus tahu bagaimana para blogger pada umumnya membuat alamat blog untuk meningkatkan SEO.

Beberapa contoh struktur yang digunakan para blogger biasanya merupakan alamat yang sederhana dan mudah diingat. Dengan alamat yang mudah, maka blog Anda akan mudah ditemukan.

  1. Alamat Sesuai dengan Isi Konten

Cara membuat alamat blog yang bisa menjadi ciri alamat yang baik ialah alamat yang sesuai dengan si konten dari blog yang dikelola.

Anda bisa membuat alamat atau URL dengan struktur yang sama dengan judul atau kata kunci dari isi konten yang Anda tampilkan di blog Anda. Ini tentu akan meningkatkan SEO dan berpengaruh pada aktivitas blog yang Anda kelola.

  1. Singkat dan Sederhana

Ciri selanjutnya dari URL atau alamat yang baik adalah singkat dan sederhana. Semakin singkat alamat suatu situs atau blog, maka akan semakin baik.

User akan menemukan dengan mudah sehingga konten Anda akan berada ditingkat teratas. Untuk itu, penting sekali membuat alamat blog dengan sederhana dan singkat untuk meningkatkan SEO.

  1. Menggunakan Tanda Hubung untuk Pemisah

Ciri dari cara membuat alamat blog dengan benar selanjutnya yakni alamat yang menggunakan tanda hubung untuk pemisahnya.

Tentu sebuah alamat atau URL yang dibuat lebih dari satu kata. Hal inilah yang membuat URL harus menggunakan tanda penghubung untuk pemisah antar kata. Tanpa tanda penghubung, maka kata pada alamat akan sulit dibaca dan diidentifikasi.

Jadi pastikan saat membuat alamat blog untuk menggunakan tanda penghubung sebagai pemisah antar kata.

  1. Menggunakan Main Keyword

Main keyword atau kata kunci utama merupakan satu hal yang harus ada di alamat blog Anda untuk meningkatkan SEO. Hal ini sangat mudah dilakukan hanya dengan mencantumkan kata kunci di URL blog yang Anda miliki.

Pastikan juga bahwa konten Anda membahas tentang kata kunci yang paling sering dicari di browser. Ini juga akan memungkinkan untuk menaikkan SEO pada blog yang Anda kelola. Jika Anda masih pemula, Anda perlu banyak belajar lagi mengenai hal ini.

Cara Membuat Alamat Blog dengan Baik

Berikut ini merupakan cara membuat alamat atau URL blog yang baik.

  1. Buatlah alamat blog yang sekiranya akan sangat mudah untuk diingat
  2. Alamat blog harus dibuat dengan kalimat atau kata yang memiliki arti dan tidak abstrak
  3. Buatlah alamat yang sesuai dengan judul dan isi blog
  4. Untuk pemisah kata, buatlah dengan menggunakan tanda penghubung

Memiliki dan mengelola blog merupakan kegiatan yang bisa dikatakan mudah, namun juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini berhubungan pula dengan cara membuat alamat blog untuk meningkatkan SEO pada blog yang Anda kelola.

Leave a Comment