Berjalan Sengit, Amerika Serikat vs Wales Harus Rela Berbagi Angka

Pertandingan pembuka Grup C yang mempertemukan Amerika Serikat vs Wales berakhir imbang. Laga yang dihelat di Ahmed bin Ali Stadium tersebut berkesudahan dengan skor 1-1, Selasa 22 November 2022, dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan Amerika Serikat vs Wales

hasil timnas amerika serikat vs wales di piala dunia 2022 penalti gareth bale selamatkan the dragons dari kekalahan gvYy0zMVTK

Babak pertama sepenuhnya dikuasai oleh Amerika. Selain unggul penguasaan bola dengan 66% serta tembakan total [3]. Mereka juga berhasil unggul satu gol yang dicetak Timothy Weah pada menit ke ’36.

Kemudian di babak kedua gantian Wales yang mendominasi permainan. Mereka berhasil mencetak banyak tendangan [5-3] ketimbang Amerika. Selain itu, Gareth Bale berhasil menyamakan skor melalui titik putih pada menit ke ’82.

Hasil imbang ini boleh dibilang cukup adil untuk kedua kubu karena berjalan imbang di masing-masing babak. Meski lebih berkesan untuk Wales yang kembali lolos ke Piala Dunia setelah 64 tahun absen.

Babak Pertama Amerika Serikat vs Wales

Amerika mengambil inisiatif serangan dan sangat merepotkan pertahanan Wales. Hasilnya dapat dilihat pada menit ke ‘9 yang mendapat dua peluang mencetak gol. Peluang yang pertama tercipta ketika Joe Rodon salah mengantisipasi bola dan hampir menjebol jala sendiri.

Selang satu menit, Tim Paman Sam kembali mendapat kesempatan. Giliran Josh Sargent yang menerima ulan matang, namun dia gagal menanduk bola sehingga hanya berada diluar mistar Wales.

Gol yang dinanti akhirnya muncul pada menit ke ’36 melalui Timothy Weah. Dia sukses mengelabui Neco Williams dengan berlari dari sayap guna mencari ruang kosong ketika mendapatkan umpan Christian Pulisic.

Hingga babak pertama berakhir, Amerika yang mampu unggul dari ball possesion terlihat kesulitan untuk menyerang. Mereka hanya bisa melepaskan tiga tendangan. Di sisi lain Wales bisa membuat dua kesempatan mencetak gol tapi tidak cukup berbahaya untuk gawang Amerika.

Babak Kedua Amerika Serikat vs Wales

Skuat arahan Robert Page merubah cara bermainnya diawal babak kedua, Wales pun semakin percaya diri untuk membombardir pertahanan Amerika. Tapi disaat bersamaan, Amerika pun juga merubah taktik dengan membuat pertahanan mereka sedikit lebih rapat.

Hingga menit ke ’70, Amerika tidak mampu menciptakan tembakan. Sedangkan Wales baru dapat membuat shot on target pada menit ke ’64. Bermula dari situasi free kick, bola pun menjadi liar lantaran pemain Amerika tidak mampu menyapu bersih.

Kemudian Ben Davies muncul dari arah belakang dengan melepaskan tandukan. Arah bola sudah tepat, namun masih bisa dihalau oleh Matt Turner sehingga membuahkan tendangan sudut.

Lalu di situsi tendangan sudut itu, Kieffer Moore mampu mengancam gawang Amerika. Dia mampu mendahului Matt yang mencoba menghalau bola. Namun Tandukan Moore masih berada di atas tiang gawang.

✔️  Prediksi Piala Dunia 2022: Argentina Vs Arab Saudi, Menantikan Gocekan Lionel Messi

Akhirnya serangan bertubi-tubi dari Wales membuahkan hasilnya pada menit ke ’81. Gareth Bale dilanggar oleh Walker Zimmerman di dalam area penalti. Tidak ayal, pengadil lapangan langsung meniup peluit tanda ada insiden.

Bale sendiri yang mendapatkan tugas sebagai algojo berhasil mengeksekusinya dengan tenang. Tembakannya tersebut mengarah ke kiri penjaga gawang dengan keras. Skor 1-1 hingga menit ke’82.

Wales kemudian mendapat peluang kembali pada menit ke ’89. Bermula dari counter attack cepat, Moore melepaskan umpan ke Brennan Johnson. Karena tak ada rekan di  area penalti, Johnson langsung melepaskan tendangan yang masih bisa ditangkap Turner. Peluang itu jadi peluang terakhir yang tercipta pada babak kedua.

Dengan hasil ini, Wales duduk di posisi runner up Grup B Piala Dunia 2022 dengan raihan 1 poin. Sedangkan Amerika menguntit dibawahnya dengan 1 poin hasil dari satu laga.

Statistik Pertandingan Amerika Serikat vs Wales

  • Gol: 1-1
  • Tembakan: 6-7
  • Tembakan tepat sasaran: 1-3
  • Penguasaan bola: 59%-41%
  • Offside: 1-1

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA