Cara Agar Bisnis Muncul Di Pencarian Google

Cara Agar Bisnis Muncul Di Pencarian Google
Sumber Gambar: Pixabay.com

Setiap hari banyak orang yang mencari cara agar bisnisnya dapat muncul di pencarian google terutama bagi pelaku bisnis online yang bermain di bidang web atau blog. Sebagai seorang pemilik atau owner kita diwajibkan untuk mempelajari agar bisnis yang kita kelola saat ini dapat berkembang pesat.

Tapi tahukah kamu nyatanya tidak semua orang yang memulai bisnis online itu sukses? kenapa begitu? ini dikarenakan mereka tidak tahu sama sekali cara menyusun strategi yang tepat untuk bisnis yang mereka kelola.

Padahal nyatanya sebuah strategi itu sangatlah penting, secara umum ya… setahu saya ada beberapa strategi populer yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis sampai saat ini, adapun strateginya sebagai berikut.

1. Memiliki Sebuah Website

garuda website

Sebagai seorang pebisnis memiliki website itu sangat penting? kenapa saya katakan penting? dengan memiliki website kita dapat mengembangkan jangkauan bisnis kita ke orang lain dengan mudah, min apakah ada contoh detailnya kenapa saya mengatakan website itu penting? Coba kamu perhatikan beberapa situs yang ada di google, kebanyakan dari mereka memulai bisnis dari sebuah website, ambil contoh saja disini saya mengambil sebuah sampel situs garuda.website

Situs garuda.website ini memiliki strategi bisnis di bidang jasa seo, dengan strategi ini mereka memiliki ribuan client yang percaya akan jasa dan skill mereka, terutama saya sendiri, tidak hanya itu saja dengan kita memiliki sebuah website client akan semakin percaya terhadap bisnis yang kita kelola.

2. Beriklan Di Google Ads

google ads
google ads
iklan google ads

Strategi yang kedua… strategi ini kerap digunakan oleh pebisnis senior dan pemula, biasanya sih banyak orang menggunakan google ads untuk beriklan, maksudnya beriklan gimana mas? perlu kamu ketahui cara paling mudah memunculkan produk kita di search engine google kamu bisa beriklan melalui google ads, apa itu google ads? Google ads adalah sebuat platform yang dapat kita gunakan untuk megembangkan bisnis, ada contoh iklan yang di tampilkan oleh google ads tidak mas?

iklan google ads produk

Untuk contoh iklan yang dibuat google ads kamu bisa perhatikan gambar yang saya upload di atas? di agambar tersebut kamu bisa perhatikan untuk kata kunci “Jasa SEO” memiliki search volume 14,800 search volume, tentunya dengan kata kunci sebesar ini saingan kamu tidak hanya satu bukan? tetapi dengan beriklan di google ads kamu bisa menempatkan website kamu di posisi 1 google, tentunya cara ini sangat mudah bukan? Tapi sayangnya menggunakan teknik itu tentunya terlalu banyak memakan biaya, karena untuk beriklan di google ads kamu harus rela membayar mereka setiap bulannya.

3. Belajar SEO

seo 1327870 640

Belajar seo? Mendengar istilah ini mungkin kalian sedikit bingung terutama orang yang belum paham sama sekali tentang SEO, sebenarnya apa itu seo? SEO atau yang dikenal sebagai Search Engine Optimization” kerap digunakan oleh pemilik website, tujuan utama dari teknik ini agar konten website mereka berada di posisi pertama google.

SEO juga banyak digunakan oleh berbagai pelaku bisnis dan dipakai secara pribadi, untuk bisnis sendiri biasanya untuk membuat produk mereka berada di halaman pertama google, bahkan nyatanya 80% pengunjung website datang dari pencarian organik (SEO) pencarian organik sendiri merupakan aktivitas mencari informasi melalui google search berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu.

Min saya ingin belajar seo nih kira-kira mimin punya enggak artikel tentang panduan seo? untuk saat ini saya belum punya namun kamu bisa mempelajari teknik seo dari link yang sudah saya berikan di topik seo ini.

4. Mendaftarkan Situs Anda Di Google

google webmaster

Biasanya mesin pencari sering menjelajahi web berdasarkan laman webindeks, perlu kamu ketahui setelah anda memiliki sebuah website langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan situs kamu di google webmaster, tujuannya apa min? Tujuannya agar website kamu dapat dicari di mesin pencarian google, selain webmaster kamu juga bisa mendaftarkan situs kamu di search engine populer bing.com

5. Riset Keyword

riset kw

Strategi selanjutnya, yaitu riset keyword… nah di strategi keempat ini mungkin kamu akan semakin pening, apa lagi nih min riset keyword? apa pentingnya.. perlu kamu ketahui riset keyword ini ada sangkut pautnya sama SEO, kenapa saya memasukan riset keyword sebagai strategi agar bisnis kita dapat muncul di pencarian google? sebagai contoh pernah tidak kamu mengetikan sebuah kata kunci misal “tips jualan online” di search engine google? pasti pernah dong perlu kamu ketahui kata kunci yang kamu sebutkan itu memiliki informasi, informasi apa? informasi berapa jumlah search volume pencari kata kunci tersebut dan informasi harga CPC (cost per click) dari kata kunci atau harga per iklan dari kata kunci yang kamu bidik.

Wah baru tahu saya min ternyata kata kunci yang biasanya saya ketik tersebut memiliki search volume dan memiliki harga cpc, min agar saya bisa riset keyword dan mencari kata kunci untuk website saya bagaimana? untuk melakukan riset keyword kamu bisa menggunakan tools gratis dari keyword surfer atau menggunakan google keyword planner.

Untuk cara riset kata kuncinya, saya tidak akan menjelaskan caranya, namun saya akan kasi kisi-kisi penting dari teknik riset keyword ini, saya sarankan kamu mencari keyword atau kata kunci saingan rendah, karena tingkat persaingannya tentunya sedikit, kalau kamu bidik kata kunci yang memiliki banyak search volume maka saingannya akan semakin berat, dan hasilnya konten yang kamu buat tidak akan berada di posisi 1, terkecuali kamu memiliki biaya untuk menaikan kata kunci tersebut dengan menyewa jasa seo.

6. Beriklan Di Sosial Media

iklan facebook

Strategi yang ke enam, beriklan di sosial media seperti facebook, instagram dan platform sosial media lainya, strategi ini biasanya sering digunakan untuk memasarkan dan memperkenalkan sebuah produk di halaman sosial media seperti facebook, saat ini metode beriklan di sosial media merupakan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis kamu, mungkin mendengar istilah beriklan di sosial media saja kamu sudah tidak asing lagi? atau mungkin kamu juga pernah melihat beberapa brand besar membuat sebuah iklan di halaman fanpage facebook terkait jualan dan bisnis yang mereka kelola, kalau ia kamu berarti sudah mendapatkan sebuah clue teknik pemasaran bisnis mereka, karena dengan beriklan di platform sosial media kita dapat menjangkau audience yang lebih jauh lagi. Tidak hanya itu saja bisnis kamu akan semakin berkembang apabila memakai strategi yang satu ini.

7. Melakukan Promosi Di Berbagai Platform

social media 6134993 640

Promosi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis, dengan melakukan promosi bisnis yang kamu kelola, kamu dapat memperkenalkan bisnis kamu kepada orang lain, biasanya banyak orang melakukan promosi melalui twitter, youtube, facebook, dan instagram.

Tidak hanya itu saja kamu juga dapat melakukan promosi produk melalui sebuah website kamu sendiri, atau juga mempromosikan produk kamu kepada pemilik website lain, seperti review produk, atau langsung menghubungi pemilik web untuk mengulas produk yang kamu miliki, tujuan utama dari promosi produk selain memperkenalkan produk kamu, promosi di website orang lain juga dapat membangun brand, dan kepercayaan terhadap client yang ingin membeli produk kamu.

Nah itu saja yang bisa saya berikan di artikel saya kali ini tentang cara agar bisnis muncul di pencarian google, untuk kekurangan dari artikel yang saya buat ini saya mohon maaf, dan saya hanya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)