Cara Download Netbeans IDE 12.5 Dan Java SE Development Kit 8 or 11

Bagi kamu pengguna baru Netbeans pasti sangat memerlukan JDK atau Java Development  Kit untuk dapat membangun sebuah aplikasi yang berbasis Android. JDK merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan sebagai proses kompilasi dari kode java yang akan dijalankan oleh Java Runtime Environment (JRE).

Oleh karena itu, selain wajib untuk men-download aplikasi Netbeans kita juga wajib untuk download JDK di komputer yang akan kita gunakan dalam melakukan proses pembuatan aplikasi yang menggunakan java sebagai Bahasa pemogramannya.

Sebelu kalian mendownload netbeans dan java se development kit 8 or 11, sebenarnya kamu tahu tidak apa itu Netbeans dan Java Se Development Kit?

Pengertian Netbeans: Netbeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis di dalam bahasa pemrograman java. Serambi Pada NetBeans, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan dimulai dari setelan perangkat lunak modular bernama modules

Pada awalnya, aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan bagi pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5 (source Wikipedia).

Apa Itu Java SE Development Kit?

Java Development Kit (JDK) adalah distribusi Teknologi Java oleh Oracle Corporation. Ini mengimplementasikan Spesifikasi Bahasa Java (JLS) dan Spesifikasi Mesin Virtual Java (JVMS) dan menyediakan Edisi Standar (SE) dari Antarmuka Pemrograman Aplikasi Java (API).

Java Development kit (JDK) menyediakan perangkat lunak untuk bekerja dengan aplikasi Java. Contoh perangkat lunak yang disertakan adalah mesin virtual, kompiler, alat pemantauan kinerja, debugger, dan utilitas lain yang dianggap Oracle berguna untuk programmer Java.

Nah setelah kamu sudah tahu apa itu netbeans dan java se development kit (JDK) sekarang kita masuk ke topik utama yaitu cara download Netbeans dan JDK di laptop dan pc kamu.

Download Netbeans IDE

Nah, sebelum berlanjut ke tahap penginstallan dan download file software netbeans kita cek terlebih dahulu untuk pengguna windows apakah OS windows yang dimiliki 32-bit atau 64-bit. Jika sudah diketahui maka baru kita akan berlanjut ke tahap download Netbeans 12.5 dan JDK 8.

Untuk download aplikasi Netbeans IDE 12.5 kamu bisa download disini download netbeans 12.5 Setelah kamu sudah masuk ke website resmi netbeans kamu bisa download netbeansnya. Untuk langkah-langkah downloadnya kamu bisa mengikuti panduannya dibawah ini.

Setelah kamu sudah mendownloa netbeans, Selanjutnya kamu tinggal tunggu hingga proses download selesai.

Cara Download JDK 8 Dan JDK 11

Nah, Sekarang saatnya kita berlanjut ke tahap download jdk sebagai salah satu syarat yang harus kita penuhi dalam membangun dan mengembangkan aplikasi Android. Seperti yang telah kita ketahui, untuk menginstal Netbeans kita juga memerlukan perangkat lunak JDK.

✔️  Aplikasi Porn Android di Google Play Store

JDK tidak hanya diperlukan sebagai pendukung perangkat lunak netbeans tetapi juga diperlukan sebagai pendukung untuk penginstalan Android Studio dan perangkat lunak pengembang android lainnya.

Karena didalam perangkat lunak JDK banyak tersedia berbagai macam jenis library program yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan pemrograman Java mu dan bisa didapatkan secara gratis.

Berikut adalah link untuk download jdk 8 :

Sedangkan untuk link download JDK 11 kamu bisa mengklik linya dibawah ini.

Nah, berikut adalah link yang diperlukan untuk men-download perangkat lunak Netbeans beserta JDK nya. Demikianlah artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam mempermudah pekerjaan kamu semoga bermanfaat.

Leave a Comment