Cara Install Steam Di Linux/ Ubuntu

Cara Install Steam Di Linux/ Ubuntu
Cara Install Steam Di Linux/ Ubuntu

Kamu ingin bermain game steam di linux? Saat ini linux sudah bisa bermain game termasuk dari steam, ya walaupun tidak semua game yang ada di steam bisa kita mainkan di linux tapi ada kok sebagian game steam yang bisa kita mainkan di sistem operasi linux.

Sebagai pengguna linux pasti kita ingin bermain game online di komputer atau laptop kita, ya iseng-iseng cari kegiatan lain kan sewaktu menggunakan linux di pc atau laptop kita.

Untuk bisa bermain game steam di linux, kita harus menginstall client steam melalui terminal, mungkin ini terasa sulit bagi orang yang baru menggunakan linux, karena untuk bisa menginstall steam di linux kita harus memasukan perintah melalui terminal, nah bagaimana caranya install steam di linux melalui terminal? yuk ikuti caranya dari kami dibawah ini.

Cara Install Steam Di Linux Untuk Bermain Game Online

Langkah pertama kita buka dahulu terminal di linux, oh iya kamu harus masuk sebagai hak user tertinggi yaitu sudo, dan kemudian masukan perintah

1. Install Steam Di Linux

Install Steam Di Linux
Install Steam Di Linux

Tahap awal untuk kita bisa bermain game di steam kamu harus mengaktifkan repositori Multiverse yang berisikan perangkat lunak yang tidak memenuhi kebijakan license linux, ketikan perintah tersebut di terminal linux sebagai berikut:

sudo add-apt-repository multiverse

nah nantinya perintah yang kamu ketikan di terminal akan muncul input lain contoh seperti ini

'multiverse' distribution component is already enabled for all sources.

Kalau sudah muncul input seperti itu berarti kita sudah berhasil mengaktifkan repository multiverse di linux.

2. Install Paket Steam

Install Paket Steam
Install Paket Steam

Langkah selanjutnya kita install paket steam di linux dengan mengetik perintah

sudo apt install steam

3. Mulai Installasi Steam

Mulai Installasi Steam
Mulai Installasi Steam

Langkah selanjutnya setelah kamu sudah selesai instalasi. Kemudian kamu ketikan baris perintah dengan mengetikkan di terminal, atau kamu juga bisa mengklik icon steam di menu application linux

steam

4. Tunggu Sampai Proses Update Steam Selesai

Proses Update Steam
Proses Update Steam

Sewaktu memulai steam untuk pertama kali di linux, steam client akan melakukan update secara otomatis dan tunggu sampai proses steam update selesai. Setelah proses update selesai steam otomatis akan memulai launcher, kalau kamu belum punya akun steam kamu buat terlebih daulu kalau sudah kamu tinggal login saja.

5. Cari Game Steam Yang Support Di Linux

Cari Game Steam Yang Support Di Linux
Cari Game Steam Yang Support Di Linux

Kalau kamu sudah login menggunakan akun steam kamu, langkah selanjutnya kamu tinggal cari game steam yang support di linux, setelah itu install seperti biasa, oh iya ada beberapa game yang tidak bisa dimainkan di linux, kalau pas di steamnya ada logo icon windows saja, berarti kamu tidak bisa memainkan game tersebut di linux.

Nah bagaimana mudah bukan cara install steam di linux? semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu sewaktu ingin bermain game di linux.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)