3 Cara Install Telegram Di Linux Ubuntu Lewat Terminal

Cara Install Telegram Di Linux Ubuntu, Kompirasi.com – Bagi pengguna linux yang masih awam dan tergolong baru saja menggunakan sistem operasi linux, pastinya kamu mengalami sedikit kebingungan sewaktu ingin menggunakan aplikasi telegram di linux.

Biasanya di sistem operasi windows kita tinggal download melalui prantara software atau aplikasi, namun di linux sedikit berbeda. Di linux kita tidak bisa mendownload aplikasi melalui web langsung, dan tentunya ekstensi file nya bukan .exe ya, mungkin kamu sedikit berpikir… kenapa program linux dan windows berbeda? jelas berbeda walaupun sistem operasi Windows dan Linux sejatinya merupakan sistem operasi komputer. Bedanya Windows merupakan sistem operasi tertutup atau komersial.

Pengguna harus membeli lisensi kepada perusahaan yang mengembangkanya yakni Microsoft. Sementara sistem operasi Linux merupakan sistem operasi open source atau gratis yang dapat dikembangkan oleh siapa pun.

Di artikel ini saya tidak sedang membahas perbedaan sistem operasi windows dan linux, kalau kamu sedang mencari topik ini kamu bisa mencarinya di google, disini saya akan mengajarkan kamu cara install telegram di linux.

Cara Install Telegram Di Linux

Untuk dapat menginstall telegram di sistem operasi linux ada tiga caranya, berikut ketiga cara install apliaksi telegram di linux yang dapat kami berikan kepada kamu.

1. Cara Install Telegram Di Linux Lewat PPA

Perlu kamu ketahui telegram tidak tersedia di repository ubuntu walaupun tidak tersedia di repository kita dapat menginstallnya melalui repository ppa menggunakan apt.

1. Buka Dan Jalankan Terminal Di Linux Kamu

Terminal Linux Ubuntu

2. Kemudian setelah kamu sudah membuka terminal linux, ketikan dan masukan perintah ” sudo add-apt-repository ppa:atareao/telegram ” kemudian tekan enter dan masukan password linux kamu.

Baca Juga: Cara Install Steam Di Linux/ Ubuntu
Tekan Enter Untuk Melanjutkan

3. Kalau Kamu menemukan output “Press [enter] to continue or ctrl-c to cancel kamu tekan saja enter untuk melanjutkan dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Masukan perintah sudo apt-get update

4. Kemudian jalankan dan masukan kembali perintah “sudo apt-get update” di terminal linux kamu kemudian tekan enter.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix
Install Telegram Di Linux Ubuntu

5. Setelah proses perintah sudah selesai, kamu jalankan kembali perintah “sudo apt-get install telegram” kemudian tekan enter kalau nantinya kamu menemukan tampilan output “Do you want to continue? [Y/n]” ketik saja y kemudian tekan enter.

Berhasil Install Telegram Desktop Di Linux Ubuntu

6. Dan terakhir kita sudah berhasil meginstall telegram desktop di linux, karena disini saya memakai linux ubuntu, jadi saya tinggal melihat aplikasi telegram desktop di menu show applications.

2. Cara Install Telegram Di Linux Melalui Paket Binary Langsung Dari Web

Kalau menurut kamu cara pertama terasa agak sulit, kamu bisa mendownload telegram melalui paket binary langsung dari web, caranya tetap sama kamu bisa membuka terminal linux kemudian masukan perintah sebagai berikut.

  • wget -O- https://telegram.org/dl/desktop/linux | sudo tar xJ -C /opt/
  • sudo ln -s /opt/Telegram/Telegram /usr/local/bin/telegram

Setelah selesai kamu jalankan telegram melalui terminal dan memanggil telegram melalui terminal linux dengan perintah.

  • telegram &

3. Cara Install Telegram Di Linux Melalui SNAP

Perlu kamu ketahui telegram desktop saat ini juga sudah tersedia di snap bagi kamu yang ingin install telegram di linux melalui snap kamu bisa menjalankan perintah di terminal linux kamu sebagai berikut.

  • sudo snap install telegram-desktop
Baca Juga: Belajar Instalasi Linux Debian 10 Berbasis GUI Untuk Pemula

Masalah Yang Sering Dialami Sewaktu Install Telegram Di Linux

Mungkin sewaktu kamu ingin menginstall telegram di linux kamu mengalami masalah, perlu kamu ketahui untuk dapat menginstall telegram di linux pastikan komputer atau laptop kamu terhubung ke jaringan, kalau tidak terhubung maka kamu tidak akan dapat mendownload repository telegram.

✔️  Konfigurasi Samba Server Debian Untuk Pemula

Kenapa saya mengatakan seperti ini? Karena kemarin saya lihat banyak orang yang mengalami masalah sewaktu install telegram di linux, setelah saya lihat koneksi jaringanya mati, mereka pikir tanpa jaringan kita bisa install linux melalui terminal.

Penutup

Nah itu dia ketiga cara install aplikasi telegram di linux melalui terminal, semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu, selamat menggunakan aplikasi telegram di linux.

Leave a Comment