Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) Di Windows 10

Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) Di Windows 10
Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) Di Windows 10

Cara Install Windows Subsystem For Linux Di Windows 10 – Windows Subsystem For Linux atau yang dikenal (WSL) merupakan fitur opsional windows 10 yang dapat memungkinkan pengguna windows untuk menjalankan program linux di windows. sebelumnya saya ingin membuat artikel cara install windows subsystem for linux di windows 10, namun belum sempat karena sibuk dengan kegiatan saya yang tidak seberapa ini :v

Mungkin mendengar kata WSL (Windows Subsystem For Linux) kalian merasa agak bingung dan pasti belum paham apa itu wsl.

Pengertian Windows Subsystem For Linux (WSL)

Subsistem Windows untuk Linux (Windows Subsystem for Linux, WSL) merupakan lapisan kompatibilitas untuk menjalankan biner linux yang dapat dijalankan (dalam bentuk ELF) secara alami di Windows 10. Microsoft dan Canonical bekerja sama untuk mengaktifkan paket Ubuntu Trusty Tahr yang dapat diunduh dan diekstrak ke komputer lokal, dan untuk perangkat dan utilitas yang terkandung dalam paket tersebut untuk berjalan alami di atas subsistem ini. Subsistem ini menyediakan antarmuka kernel Linux yang cocok yang dikembangkan oleh Microsoft (tanpa mengandung kode Linux), dengan biner mode pengguna dari Ubuntu yang berjalan di atasnya. (Sumber Refrensi: Wikipedia)

Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) Ubuntu 20.04 LTS Di Windows 10

Setelah kalian membaca pengertian Windows Subsytem for linux (WSL) lalu bagaimana Cara Install Windows Subsystem For Linux (WSL) Di Windows 10? untuk panduan cara install wsl (Windows subsytem for linux) kamu bisa melihatnya dibawah ini.

1. Masuk Ke Control Panel

Masuk Ke Control Panel

Langkah pertama untuk mengaktifkan WSL (Windows Subsystem For Linux) kamu masuk ke menu control panel windows 10, kemudian masuk ke menu fitur Programs

2. Programs And Features

Programs And Features

Setelah berada di dalam fitur Programs And Features, kamu cari Turn Windows Features on or off kemudian klik.

Artikel Lainnya: Cara Pasang Keylogger Di Pc & Laptop

3. Aktifkan Fitur Windows Subsystem For Linux

Aktifkan Fitur Windows Subsystem For Linux

Setelah berada di dalam menu Turn Windows features on or off, kamu drag kebawah sampai menemukan fitur Windows Subsystem For Linux kemudian centang lalu klik ok, setelah itu restart komputer atau laptop anda. setelah anda restart otomatis WSL (Windows Subsystem For Linux) akan aktif.

4. Download Linux Melalui Microsoft Store (Kali Linux, Suse Linux, Ubuntu 20.04 TLS, Ubuntu, Ubuntu 18.04 LTS Dan Debian)

Download Linux Melalui Microsoft Store (Kali Linux, Suse Linux, Ubuntu 20.04 TLS, Ubuntu, Ubuntu 18.04 LTS Dan Debian)

Setelah berada di microsoft store, kamu ketik kata kunci “linux” kemudian nanti akan muncul result kata kunci yang kamu ketik tadi, nantinya kamu akan menemukan beberapa distro linux, seperti kali linux, linux suse dll, karena saya ingin menggunakan terminal ubuntu 20.04 LTS jadi saya pilih Ubuntu 20.04 LTS, kalau kamu ingin menggunakan terminal sistem operasi linux lainnya, kamu bisa pilih yang sudah di sediakan, kemudian klik install, setelah proses install selesai klik lauch (jalankan)

5. Jalankan Ubuntu 20.04 LTS Di Windows

Jalankan Ubuntu 20.04 LTS Di Windows

Setelah kamu jalankan terminal ubuntu 20.04 LTS nya, di bagian Installing, this may take a few minutes… kamu diminta untuk menunggu sampai proses penginstallan ubuntu 20.04 LTS selesai dan tunggu beberapa menit.

Artikel Lainnya: 2 Cara Mematikan Auto Update Windows 10

6. Buat Username Dan Password Ubuntu

Buat Username Dan Password

Setelah kamu sudah membuat username dan password WSL ubuntu di windows 10, berarti kamu sudah berhasil menginstall Windows Subsystem For Linux (WSL) Ubuntu 20.04 LTS di windows 10.

Sebagai tambahan untuk memeriksa versi ubuntu kamu tulis perintah “lsb_release -a” kemudian tekan enter, nantinya akan muncul tampilan sebagai berikut.

lsb_release -a

Bagaimana menurut kamu, mudah bukan tutorial cara install Windows subsystem for linux di windows 10, sekian dan terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)