Cara Install XAMPP Di Ubuntu Atau Linux

Bagaimana cara install xampp di ubuntu atau linux? XAMPP biasanya digunakan untuk web server gratis yang terdiri dari apache web server maria DB dan bahasa pemrograman php dan perl. Aplikasi ini sering digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswi untuk memulai membuat sebuah project seperti project web, aplikasi atau kebutuhan tugas dari dosen.

Pada dasarnya xampp sangat berguna bagi seorang programmer, karena dengan xampp kita dapat menjalankan sebuah project coding melalui localhost.

Mungkin dulu kamu pernah menginstall dan menggunakan xampp di windows, namun setelah kamu pindah ke linux pastinya sedikit bingung cara install xampp di sistem operasi linux.

Kalau kamu tidak paham cara install xampp di ubuntu atau di sistem operasi linux. Kamu tenang saja kamu bisa mengikuti panduannya dari kami dibawah ini.

Cara install XAMPP Di Ubuntu Atau Linux

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan agar kita dapat menginstall xampp di linux kamu download dahulu installer aplikasi xampp di situs resmi mereka. Kemudian download file xampp versi linux.

XAMPP For Linux

2. Kalau prosed download file xampp linux sudah selesai kamu masuk ke folder download kemudian open in terminal.

Baca Juga: Cara Download File Di Mega Tanpa Aplikasi & Tanpa Limit

3. Nantinya secara otomatis kamu akan diarahkan ke terminal linux tepat di dalam folder download, selanjuntnya ketikan perintah ls untuk melihat daftar file yang ada di folder downloads.

4. Karena kita sudah tahu nama file xampp nya sekarang kita gunakan perintah selanjutnya, kamu copy terlebih dahulu nama file xampp agar lebih mudah.

5. Perintah selanjutnya ketikan di terminal ” sudo su “ masukan password linux kamu kemudian jalankan perintah lagi di terminal ” chmod +x xampp-linux-x64-8.1.6-0-installer.run “ dan jalankan perintah selanjutnya ./xampp-linux-x64-8.1.6-0-installer.run

Dan nantinya setup installer xampp akan muncul seperti gambar diatas. Setelah muncul tampilan setup xampp kamu klik next.

6. Di bagian Setup Select components kamu klik next lagi dan di tahap installation directory kelik next sampai dibagian ready to install dan tunggu sampai proses penginstallan xampp selesai.

Proses installing xampp agak lumayan lama sekitar 1-3 menit kamu bisa tunggu sampai prosesnya selesai.

Baca Juga: Cara Menggunakan LDPlayer Emulator Di Laptop & PC

7. Dan dibagian completing the xampp setup wizard kamu kelik finish dan jalankan program xampp untuk menggunakan xampp di linux.

8. Terakhir kita sudah bisa menggunakan xampp di linux ubuntu.

Akhir Kata

Xampp tsebenarnya tidak hanya dapat dijalankan di sistem operasi windows, linux saja untuk sistem operasi lainnya juga bisa, seperti turunan linux, seperti distro kali linux, blackarch, debian atau juga sistem operasi populer lainnya.

Leave a Comment