2 Cara Mematikan Auto Update Windows 10

2 Cara Mematikan Auto Update Windows 10
Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Bagi pengguna windows 10, pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur auto update windows 10, ya fitur yang satu ini sebenarnya sangat berguna bagi sistem operasi windows dan dengan melakukan update pada windows 10 dapat membuat peforma komputer atau laptop menjadi mulus dan lancar, namun ada juga yang mengalami masalah sewaktu windows 10 otomatis melakukan update, seperti memakan source yang cukup besar, memakan size storage komputer dan juga mampu memakan kuota yang sangat banyak karena kita melakukan update pada windows 10.

Tidak hanya itu saja bagi kamu yang memakai laptop atau komputer yang tidak mempuni, dengan spesifikasi di bawah rata-rata seperti komputer atau laptop ram 2, saya menganjurkan kamu untuk mematikan fitur update windows 10, alasanya apabila kamu melakukan update pada sistem operasi windows 10, windows 10 kamu akan terasa berat, nah lalu bagaimana cara mematikan fitur auto update windows 10?

#1. Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Untuk cara mematikan auto update atau windows update pada windows 10 sebenarnya sangat mudah dilakukan, kamu bisa mengikuti triknya di bawah ini, oh iya di artikel ini kami akan memberikan 2 panduan yang pertama mematikan windows update, dan yang kedua cara mematikan windows update secara permanen.

1. Masuk Kemenu Settings/ Pengaturan

Settings

Pertama-tama masuk kemenu start kemudian cari menu settings

2. Update & Security

Update & Security

Setelah kamu berada di bagian dalam menu settings, langkah selanjutnya cari fitur Update & Security kemudian klik

3. Advanced Options

Advanced Options

Di bagian tampilan windows update kamu cari fitur Advanced Options kemudian Klik

4. Matikan Fitur Update Otomatis Windows

Matikan Fitur Update Otomatis Windows

Tahap ke empat, di bagian update options, kamu off kan bagian Receive Updates for other microsoft products when you update windows, dan off kan juga Download updates over metered connections (Extra charges may apply)

Artikel Lainnya: Cara Melindungi Folder File Di Windows 10

Untuk bagian Pause update, kamu hanya bisa mematikan fitur ini selama 35 hari kedepan, kalau sudah lewat tengang waktu yang sudah di tentukan, kamu harus matikan update otomatis lagi, min saya ingin mematikan windows update secara permanen bisa tidak? dan cara yang pertama juga makan waktu harus bolak balik matikan fitur windows update, lalu bagaimana min caranya mematikan windows update secara permanen? kamu bisa lihat panduannya di bawah ini, simak baik baik ya.

#2. Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Pertama-tama buka menu start pada windows 10

Gpedit
Gpedit

kemudian tulis di kolom search gpedit, setelah itu buka fitur gpedit

local-group-policy-editor
local-group-policy-editor

Setelah itu kalian akan ditampilkan di menu Local Group Policy Editor

local-computer-policy
local-computer-policy

Langkah selanjutnya, di fitur Local Computer Policy, cari Administrative Templates kemudian buka Windows Components

windows-update-local-group
windows-update-local-group

Setelah anda buka Windows components, langkah selanjutnya kamu cari windows update, kemudian cari di bagian menu settings Configure Automatic Update kalau sudah ketemu, kemudian klik Policy Settings

configure-Automatic-Updates
configure-Automatic-Updates

Di bagian Configure Automatic Updates, Kamu Pilih Disabled kemudian klik apply kemudian ok, setelah sampai disini kamu sudah berhasil mematikan fitur auto updates otomatis secara permanen.

Kesimpulan

Perlu di ingat dengan mematikan fitur auto update windows 10, komputer kamu akan rentan terkena virus, Fitur windows 10 tidak akan bekerja secara maksimal, dan tidak mendapatkan support terbaru dari windows 10.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)