2 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

2 Cara Mematikan Firewall Di Windows 10
Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

Cara Mematikan Firewall Di Windows 10 – Seluruh sistem operasi windows 7,8,dan 10 biasanya sudah dilengkapi oleh alat keamanan, seperti firewall, mungkin sebagian orang awam jarang sekali mematikan firewall di windows 7,8 atau windows 10, ini dikarenakan firewall sangat penting untuk komputer kita, dengan adanya firewall komputer kita akan selalu aman, namun firewall terkadang sengaja dimatikan oleh pengguna windows dengan alasan tertentu.

Seperti saya contohnya saya saat ini tidak mengaktifkan fitur firewall di windows 10, alasan saya disable fitur firewall di windows 10 dikarenakan saya suka bermain game online, karena game yang saya mainkan ini tidak bisa dimainkan apabila firewall dan antivirus dalam keadaan aktif, jadi saya terpaksa mematikan fitur firewall di windows 10, ngomong-ngomong soal firewall di windows 7,8 dan 10 sebenernya firewall itu apa sih? bagi kamu yang tidak paham apa itu firewall di bawah ini kami berikan refrensi singkat pengertian firewall.

Pengertian Windows Firewall

Windows Firewall adalah perangkat lunak personal firewall, termasuk dalam sistem operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Ketika Windows XP pertama dijual pada Oktober 2001, di dalamnya terdapat firewall terbatas yang diberi nama “Internet Connectionl Firewall”. Perangkat lunak ini jarang digunakan karena tidak diaktifkan oleh pengguna. Setelah worm Blaster dan Sasser menyerang sejumlah komputer Windows pada 2003, Microsoft mengeluarkan Service Pack 2 untuk meningkatkan keamanan XP, di antaranya dengan “Windows Firewall”, Dari kesimpulan di atas kita sudah tahu pengertian firewall yang salah satunya mencegah virus komputer masuk ke pc atau laptop kita, dan firewall juga mampu memperkuat keamanan windows (Sumber Refrensi Wikipedia)

Lalu Bagaimana Cara Mematikan Firewall Di Windows 10

Untuk mematikan/disable firewall di windows 10 sangatlah mudah, kami memiliki 2 cara untuk mematikan windows firewall, dengan mengikuti panduan dari kami kamu bisa mematikan fitur firewall di windows 10 dengan mudah dan cepat.

1. Cara Mematikan Firewall Melalui Kolom Search Bar Di Windows 10

Search Bar

Cara pertama untuk mematikan firewall di windows 10, bisa melalui menu search bar, di bagian search kamu ketik firewall dan kemudian otomatis system windows 10 akan menampilkan fitur firewall lainya, di bagian Best match kamu cari windows defender firewall, kemudian klik open.

Windows Defender Firewall

Di bagian menu windows defender firewall kamu cari fitur Turn Windows Defender Firewall On Or OFF kemudian klik

Disable Firewall

Setelah di menu Customize Settings kamu akan menemukan menu fitur lainya yaitu Customize Settings For Each Type Of Network, di bagian menu tersebut ada dua fitur private network settings dan publik network settings, di bagian private network settings kamu pilih Turn Off Windows defender firewall dan untuk Public Network setting kamu pilih turn off windows defender firewall, dan terakhir klik ok.

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak di Laptop dan PC

2. Cara Mematikan Firewall Di Windows 10 Melalui Fitur Open Network & Internet Settings

Open Network & Internet Settings

Cara yang kedua untuk mematikan firewall di windows 10, caranya cukup mudah kamu cari icon jaringan, kemudian klik kanan mouse, setelah itu klik fitur open network & internet settings

Windows Firewall

Setelah berada di bagian menu Network status kamu drag kebawah kemudian cari fitur Windows Firewall dan kemudian klik.

Firewall & Network Protection

Di bagian menu fitur Firewall & Network Protection kamu akan ditampilkan dengan 3 fitur lanjutan, domain network, pribate network dan public network, karena saya ingin mematikan firewall di domain network jadi saya mengklik fitur tersebut.

Microsoft Defender Firewall

Setelah kamu berada di dalam menu domain network kamu cari fitur selanjutnya yang bernama Microsoft Defender Firewall kemudian Klik tombol ON/ OFF pada Firewall kalau firewall nya masih aktif tombol tersebut akan bewarna biru, namun kalau firewall sudah tidak aktif akan terlihat seperti gambar di atas.

Penutup

Bagaimana dengan panduan cara mematikan firewall di windows 10 yang kami berikan untuk kamu? sangat mudah bukan untuk dipahami bahkan untuk orang awam sekalipun dapat mematikan fitur firewall di windows 10.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)