Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Blog Pribadi yang Cepat

Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi saat ini bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi kini hampir semua orang sudah mempunyai blog pribadi, dimana kontennya sangat beragam.

Namun, untuk bisa menambah jumlah viewer, Anda harus menambahkan blog pribadi ke profil Instagram. Jadi Anda harus tahu bagaimana cara membuat blog pribadi di IG seperti informasi di bawah ini!

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Blog Pribadi

Secara otomatis, orang bisa melihat profil Instagram yang sudah ada alamat blog pribadi dan bisa membukanya. Cara menggunakan blog pribadi ini termasuk salah satu fitur bisnis yang telah tersedia di Instagram.

Namun, untuk membuat atau mencantumkannya Anda harus bisa mengubah akun Instagram menjadi akun profil bisnis terlebih dahulu. Memang fitur ini selalu berhubungan dengan pengguna IG yang sudah mempunyai bisnis.

Apabila Anda masih tidak paham, cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi maka harus baca pembahasannya di sini. Blog merupakan salah satu bentuk jurnal/website online yang berisi catatan dan harus terus diupdate secara bertahap.

Umumnya, blog pribadi di IG dapat diartikan sebagai catatan online milik seseorang. Mulai dari kontennya berupa tulisan, video, atau foto. Instagram sebenarnya juga tidak hanya mendukung blog melalui konten tulisan saja.

Namun, sudah ada postingan feeds Instagram yang kebanyakan hanya foto/video. Hal yang paling baru saat ini sudah ada dengan reels, isinya berupa video IG dengan durasi panjang.

Di sisi lain, blog pribadi di IG juga biasanya berupa tulisan pribadi yang menjadi gambaran khusus dari akun IG. Tidak hanya blog pribadi saja, namun sudah ada kategori lainnya seperti tokoh publik, blogger, seniman, dan sebagainya.

Jadi bisa dikatakan blog pribadi termasuk salah satu kategori di IG dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna. Apalagi dalam hal mengkategorikan akun Instagram yang merupakan akun bisnis.

Dengan begini, sudah jelas bahwa syarat untuk menyematkan blog pribadi di Instagram,  harus mengubah akun menjadi bisnis terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar para pengunjung lebih mudah menemukan akun IG Anda.

Cara Buat Blog Pribadi di IG

Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi tentunya Anda harus login terlebih dahulu ke aplikasi IG. Oleh karena itu, Anda harus bisa mempunyai akun IG yang telah terinstall di Handphone baik IOS maupun Android, berikut penjelasannya.

  1. Pertama, Anda harus masuk terlebih dahulu ke Aplikasi Instagram di perangkat yang di pakai. Kemudian, bisa login dengan menggunakan akun Instagram Anda.
  2. Setelah itu, Anda bisa masuk ke profil dan masuk ke menu Pengaturan. Kemudian, bisa masuk ke menu Akun dan pilih Beralih ke Akun Profesional.
  3. Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi berikutnya, Anda harus bisa memilih akan Bisnis. Setelah itu, pilihlah kategori Blog Pribadi di pilihan yang terlihat di sana.
  4. Lalu bisa tambahkan kontak, alamat, serta nomor Handphone. Langkah paling terakhir, Anda bisa menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook.

Jadi saat ini akun Instagram sudah bisa berubah menjadi akun yang kategorinya sebagai profil bisnis. Jika dilihat dari profil IG tersebut tampak blog pribadi yang dicantumkan, biasanya ada di bagian atas bio profil akun IG.

Cara Ganti Kategori Blog Pribadi di Instagram

Apabila sudah mengerti bagaimana Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi, kini sudah saatnya untuk tahu cara ganti kategori blog pribadi di akun IG. Anda juga dapat mengubahnya dengan mudah menjadi kategori lain dan apa saja sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tutorial mengganti kategori akun IG pada blog pribadi, sebenarnya lumayan singkat. Berikut ini sudah ada langkah yang bisa Anda lakukan untuk ganti kategori akun IG, antara lain:

  • Pertama, Anda harus masuk ke Aplikasi Instagram terlebih dulu. Kemudian, login dengan menggunakan username dan kata sandi yang dibuat.
  • Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi selanjutnya, bisa masuk ke halaman profil Instagram. Setelah itu, bisa klik tombol Edit Profil.
  • Kemudian, Anda bisa memilih opsi Kategori. Langkah paling terakhir, Anda bisa klik Selanjutnya untuk menyimpan perubahan.
✔️  7 Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga 100% Berhasil

Manfaat dari Adanya Blog Pribadi

Apabila memungkinkan, Anda juga bisa mencantumkan alamat blog pribadi agar bisa diakses oleh siapapun. Terutama, follower Instagram Anda, berikut ini sudah ada manfaat jika memiliki blog pribadi.

  1. Tempat Menuangkan Pikiran

Pada dasarnya, blog hampir sama dengan bentuk buku harian yang biasanya Anda tulis secara manual. Akan tetapi, blog ini sedikit berbeda karena berupa digital dan dapat langsung diakses dengan mudah oleh siapapun yang ingin melihatnya.

Adapun salah satu manfaat dari cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi, yaitu bisa menuangkan semua pemikiran terkait berbagai hal yang telah dialami diri sendiri atau orang lain. Jadi Anda juga bisa mengemukakan berbagai macam pendapat dengan lebih aktif.

Apalagi jika Anda ingin mengemukakan ide yang dimiliki, tentunya sangat bisa. Di sisi lain, Anda juga lebih mudah menjangkau audiens dalam jumlah lebih banyak.

Hal ini tentunya karena blog pribadi lebih mudah dibaca dan diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Apalagi bila Anda ingin langsung mencantumkan blog pribadinya yang ada di akun Instagram.

  1. Mendapatkan Pemasukan

Selanjutnya, Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi ini tidak hanya menjadi wadah dalam mengekspresikan diri. Namun, melalui blog pribadi Anda juga lebih mudah mendapat pemasukan.

Dimana pemasukan ini bisa didapatkan dari beberapa hal. Misalnya saja, seperti Iklan pay yang didapatkan saat mengklik Google Ads. Kemudian, bisa mengikuti sistem website membership dan affiliate marketing.

Anda juga bisa bergabung dengan link afiliasi dan donasi yang basisnya monetasi. Selain itu, gunakan website flipping, menjual produk serta layanan pribadi.

Hal inilah yang menjadi satu alasan, kenapa banyak orang ingin mempunyai blog pribadi. Dikarenakan, blognya bisa menjadi sebuah bisnis, namun harus mencantum alamat blog di profil IG.

Selain itu, ini juga menjadi salah satu fungsi yang didapatkan dari blog pribadi. Dimana bisa digunakan oleh pengguna Instagram yang berbisnis online.

  1. Mengasah Kreatifitas

Sebenarnya, Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi memang harus kreatif. Hal ini tentunya agar artikel yang Anda buat isinya jauh lebih enak dibaca, lebih informatif, mudah dipahami, serta menarik.

Jadi Anda bisa berpikir agar artikel yang dituangkan lebih bermakna. Selain itu, asah kembali kemampuan promosi.

  1. Memiliki Portofolio dalam Menulis

Bagi Anda yang saat ini ingin sekali mempunyai karir di bidang content writer atau kepenulisan. Maka harus mempunyai portofolio yang benar-benar menarik.

Dikarenakan blog pribadi akan menjadi sarana untuk Anda dalam membuat portofolio. Portofolio ini bisa diberikan oleh para recruiter.

Jadi portofolio tidak hanya membantu dalam hal karir saja, namun untuk menulis blog pribadi juga harus dicantumkan. Bahkan, portofolio juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Sama seperti, saat Anda ingin mencantumkannya di profil atau akun IG. Anda hanya perlu menggunakan Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi.

  1. Mendapatkan Pemasukan

Selanjutnya, blog pribadi ini tidak hanya menjadi wadah dalam mengekspresikan diri. Namun, melalui blog pribadi Anda juga lebih mudah mendapat pemasukan.

Dimana pemasukan ini bisa didapatkan dari beberapa hal. Misalnya saja, seperti Iklan pay yang didapatkan saat mengklik Google Ads. Kemudian, bisa mengikuti sistem website membership dan affiliate marketing.

Anda juga bisa bergabung dengan link afiliasi dan donasi yang basisnya monetasi. Selain itu, gunakan website flipping, menjual produk serta layanan pribadi.

Hal inilah yang menjadi satu alasan, kenapa banyak orang ingin mempunyai blog pribadi. Dikarenakan, blognya bisa menjadi sebuah bisnis, sehingga harus mencantum alamat blog di profil IG.

Selain itu, ini juga menjadi salah satu fungsi yang didapatkan dari blog pribadi. Dimana bisa digunakan oleh pengguna Instagram yang berbisnis online.

Bahkan, para pebisnis online akan lebih untung jika memiliki blog/web pribadi untuk berjualan, mulai dari produk berupa jasa atau barang. Jadi Cara membuat akun Instagram menjadi blog pribadi saat ini memang sangat mudah.

✔️  Cara Membuat Read More pada Postingan Blog secara Otomatis

DAFTAR ISI :

Leave a Comment