Cara Membuat Blog Baru di WordPress Adalah Mudah

Langkah untuk melakukan cara membuat blog baru di WordPress adalah sangat sederhana. Jika masih dalam tahapan pemula, Anda belum harus upgrade dengan membeli hosting. Cukup membuat akun, kemudian isi dengan aneka konten menarik.

Baru setelah itu bisa diupgrade dengan membeli domain agar website menjadi lebih profesional dan meyakinkan. Langkah membuat blog baru di WordPress secara lengkap bisa Anda simak panduannya di bawah ini.

Cara Membuat Blog Baru di WordPress Adalah, Ini Ulasannya

WordPress merupakan salah satu platform CMS blog yang sebenarnya gratis untuk digunakan. Akan tetapi, ada juga kemungkinan meningkatkan potensi blog menjadi lebih bernilai. Sebelum itu, pastikan Anda membuatnya dari awal dengan beberapa step seperti:

  1. Masuk ke Web WordPress

Membuat blog baru di WordPress bisa dimulai dengan membuka website tersebut. Anda dapat mengaksesnya melalui browser baik Mozilla atau Chrome. Tinggal ketikkan kata kunci WordPress, secara otomatis di pencarian atas akan muncul website resminya.

Setelah masuk ke WordPress, lanjut dengan mengetikkan URL atau nama blog yang diinginkan. Contohnya “kreasikreatif@wordpress.com”. Setelah nama sudah diketikkan, konfirmasikan dengan klik Buat Situs Web.

  1. Isi Data

Cara membuat blog baru di WordPress adalah tidak sebatas di poin pertama. Anda harus melakukan pengisian beberapa data untuk kelengkapan. Data yang harus dilengkapi untuk membuat WordPress diantaranya:

  • Email
  • Username (sesuai keinginan)
  • Password, pastikan kuat dan Anda mudah mengingatnya lagi
  • Cek ulang alamat dan lanjut ke tahap berikutnya
  1. Verifikasi Email

Membuat blog baru sudah hampir ke tahap akhir, dimana Anda harus melakukan verifikasi. Verifikasi email akan dilakukan setelah klik tombol Buat Blog untuk konfirmasi. Secara langsung, Anda akan menerima email verifikasi dari WordPress.

Buka link verifikasi, ikuti langkah yang tertera. Tunggu sampai proses selesai hingga blog WordPress sudah siap menampung aneka postingan.

Fitur WordPress yang Tersedia untuk Posting Artikel

Langkah berikutnya setelah melakukan cara membuat blog baru di WordPress adalah posting artikel. Untuk melakukannya, cukup klik menu Add New setelah itu Anda akan ditampilkan halaman berisi aneka settingan.

Halaman ini juga disebut sebagai editor blog, dengan banyak fitur yang harus diketahui. Beberapa fitur WordPress untuk posting artikel di laman tersebut diantaranya:

  1. Publish

Publish merupakan fitur yang berguna untuk konfirmasi seputar publikasi artikel. Uniknya, fitur ini juga menyediakan sub menu agar status dan visibilitas postingan bisa diatur sedemikian rupa.

Untuk fitur ini juga bisa dipakai sebagai pembuat jadwal posting artikel. Selain itu, ada opsi hapus post yang hanya dengan sekali klik tombol move trash.

  1. Tags

Cara membuat blog baru di WordPress adalah mudah dan harus maintenance secara tekun. Salah satunya dengan posting artikel berkualitas yakni tidak boleh melupakan tag. Fitur tags pada kolom editor ini akan membantu menambahkan tag kata kunci terkait secara cepat.

  1. Feature Image

Gambar adalah hal yang tidak boleh terlupakan dalam memposting artikel blog. Oleh karena itu, WordPress juga menyediakan fitur khusus untuk menyematkan gambar. Feature Image ini nantinya akan muncul di atas artikel pasca publish.

  1. Categories

Biasanya dalam sebuah blog ada pengelompokan artikel berdasarkan kategorinya. Tujuan adanya kategori ini akan membuat tatanan postingan lebih rapi. Selain itu, pengunjung juga lebih mudah mencari artikel yang diinginkan secara cepat per kategori.

Anda bisa menentukan kategori postingan di fitur editor ini. Membuat kategori baru juga bisa dilakukan, cukup dengan langkah klik Add New Category.

Membuat WordPress Menjadi Lebih Profesional, Ini Dia Caranya

Cara membuat blog baru di WordPress adalah upaya yang sederhana. Akan tetapi, jika sampai tahapan di atas, rasanya tampilan blog belum terlihat profesional. Apalagi jika fungsi blog nantinya untuk kepentingan seperti toko online.

Tentu diperlukan upgrade ke level yang lebih agar bisa bersaing dengan blog lain. Terlebih lagi saat ini mesin pencari lebih mengutamakan blog yang profesional dibandingkan versi biasa. Jangan khawatir, karena dengan langkah mudah berikut blog Anda berubah lebih apik.

  1. Beli Hosting
✔️  Menarik, Begini Cara Download Aplikasi Line Untuk Android Samsung!

Memang untuk menaikkan level blog ke next level harus menyiapkan anggaran khusus. Anggaran ini berguna untuk membeli layanan hosting, sehingga peforma blog akan lebih paripurna. Hosting sangat berguna mendukung infrastruktur website agar lebih optimal.

Hosting bisa diibaratkan sebagai penyimpanannya website seperti isi konten dan sebagainya. Peforma website yang cepat dalam loading, anti down, merupakan hasil dari kinerja hosting. Saat ini, layanan hosting khusus WordPress sudah banyak sekali pilihan menariknya.

Bahkan, penyedia layanannya tidak hanya bersifat lokal. Banyak juga penyedia hosting luar negeri yang menyasar pasar Indonesia. Oleh karena itu, pastikan dalam cara membuat blog baru di WordPress adalah dengan mempertimbangkan juga pembelian hosting.

  1. Beli Domain

Antara hosting dan domain merupakan dua hal yang sebaiknya tidak dipisahkan. Domain sendiri berkaitan dengan penamaan alamat blog Anda. Penamaan ini sangat penting, terlebih untuk kebutuhan bisnis.

Misalnya saja bisnis Anda bernama Travel Keren, dan ingin memiliki website dengan nama tersebut. Sayangnya persaingan di dunia digital juga sangat ketat sehingga sulit untuk mendapatkan nama yang sesuai keinginan.

Itulah pentingnya sebuah upaya beli domain, agar Anda bisa memakai alamat sesuai keinginan. Domain yang Anda beli akan membantu sarana branding usaha menjadi semakin optimal.

Ini Dia Tips Mudah Agar Blog WordPress Lebih Aman

Cara membuat blog baru di WordPress adalah tidak sampai di bagian posting. Maintenance perihal keamanan juga wajib Anda lakukan. Tujuannya agar tercegah dari malware yang meresahkan dan merugikan.

  1. Jangan Lewatkan Update

Perlu Anda ketahui jika WordPress merupakan sebuah aplikasi yang sifatnya terbuka. Aplikasi bersifat terbuka ini mengharuskan developer memperbaharuinya. Tujuannya agar tidak ada bug dan gangguan seperti virus malware.

Cara membuat blog baru di WordPress adalah upaya yang juga memerlukan maintenance. Oleh karena itu, pastikan versi terbarunya selalu Anda miliki demi keamanan dan kenyamanan penggunaan.

  1. Lakukan Update Plugin

Plugin memang hal tidak terpisahkan dalam sebuah blog WordPress. Akan tetapi, ada celah bagi hacker untuk masuk ke sebuah WordPress jika versinya lama. Oleh karena itu, upayakan update plugin terbaru sebaik mungkin.

Tujuannya agar tidak ada celah bug dan potensi kelemahan lain yang masuk ke dalam blog. Selain itu, plugin yang terupdate juga membuat WordPress Anda semakin ringan.

  1. Pastikan Tema Diupdate

Cara membuat blog baru di WordPress adalah mudah karena hanya perlu beberapa langkah. Selain itu, upayakan tema yang dipilih tidak memberatkan loading. Anda juga harus memastikan tema diupdate karena jika diabaikan bisa menjadi celah hacker masuk.

Jika hendak mengecek ketersediaan tema baru, cukup masuk ke menu Appearance, setelah itu klik Theme. Jika hendak memilih tema yang baru, jangan lupa hapus tema lama yang tidak terpakai.

  1. Backup

Backup berguna untuk upaya antisipasi agar data tidak hilang ketika WordPress terkena virus. Saat memperbaikinya, bisa jadi Anda memerlukan waktu cukup lama. Oleh karena itu pasca backup, bisa melakukan restore sehingga data lebih aman.

Jika ingin melakukan backup, caranya bisa dengan dua macam metode. Pertama, Anda bisa menggunakan backup manual. Backup manual bisa memakai penyimpanan database MySQL serta aneka file.

Tidak hanya itu, Anda bisa semakin memutakhirkan backup dengan versi otomatis. Untuk backup otomatis bisa memanfaatkan layanan hosting yang telah dibeli.

Ternyata membuat blog di WordPress sebenarnya tidak terlalu menyulitkan. Anda bisa memakai versi gratis jika masih dalam tahapan pemula. Selain itu, cara membuat blog baru di WordPress adalah upaya menarik untuk memperoleh penghasilan tambahan.

 

Leave a Comment