Cara Membuat Blog di Blogger dan Pengelolaannya

Saat seseorang ingin menjadi blogger, maka cara membuat blog di blogger adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Selain itu ada beberapa persiapan lainnya yang harus dilakukan dengan memperbanyak informasi terkait dunia blogger.

Jika Anda ingin terjun di dunia ini, maka simaklah ulasan ini dengan teliti dan sungguh-sungguh.

Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger dengan Lengkap

Langkah pertama jika Anda ingin menjadi seorang blogger tentunya yaitu dengan membuat blog melalui blogger. Selanjutnya, blog inilah yang akan menjadi kendaraan bagi Anda untuk menjadi blogger yang sukses.

Dan langsung saja, berikut merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat blog di blogger.

  1. Login ke Blogger melalui browser
  2. Klik ikon Panah bawah pada layar PC Anda
  3. Klik Blog baru
  4. Isi nama blog
  5. Pilih Berikutnya
  6. Masukkan URL blog
  7. Simpan

Setelah menyelesaikan semua langkah tersebut, maka Anda bisa melanjutkan dengan membuat halaman di blog pribadi Anda sebagai aktivitas pertama seorang blogger pemula.

Membuat Halaman di Blog Pribadi

Setelah berhasil melakukan cara membuat blog di blogger, maka aktivitas berikutnya yang dilakukan oleh blogger pemula adalah dengan membuat halaman di blog. Untuk caranya ada 3 tahapan yakni sebagai berikut.

  1. Tahap Pertama

Tahap pertama dalam membuat halaman adalah dengan menampilkan halaman di blog Anda dengan langkah-langkah berikut.

Lakukan login ke Blogger. Jika sudah, maka klik ikon panah bawah di bagian kiri atas. Selanjutnya Anda harus memilih blog yang akan diupdate. Saat Anda melihat pada menu sebelah kiri, maka klik tata letak sebagai langkah berikutnya.

Dari sini, Anda bisa lanjutkan klik tambahkan gadget di tempat Anda ingin menampilkan halaman Anda. Selanjutnya, klik tambahkan (+) dan kemudian simpan pengaturan.

Langkah-langkah di atas hanya bisa Anda lakukan jika Anda telah berhasil melakukan cara membuat blog di blogger dari sebelumnya.

  1. Tahap Kedua

Tahapan kedua yakni dengan membuat, mengeedit, atau menghapus halaman yang bisa dilakukan dengan login ke Blogger, klik ikon Panah bawah, memilih blog yang akan diupdate dan pilih halaman.

  1. Halaman baru: Anda bisa lakukan dengan klik halaman baru, isi judul halaman dan yang lainnya, klik simpan, terakhir publikasikan.
  2. Link ke situs lain: Klik Edit, Tambahkan link eksternal, isi judul halaman dan URL, dan terakhir klik simpan link.
  3. Edit halaman: klik edit, update halaman, klik simpan, selanjutnya yakni publikasikan
  4. Hapus halaman: klik hapus selanjutnya klik Ok

Jika Anda bisa mengelola halaman dengan cara-cara di atas, maka cara membuat blog di blogger yang sebelumnya tidak akan sia-sia.

  1. Tahap Ketiga

Pada tahap ketiga ini, Anda bisa lakukan dengan pilih halaman yang akan ditampilkan. Dan langkah-langkahnya dimulai dari klik tata Letak, klik edit pada halaman, memilih halaman yang ingin ditampilkan, klik simpan dan selanjutnya yakni klik simpan pengaturan.

Menjalankan Blog dengan Mengelola Postingan Blog

Setelah mengetahui cara membuat blog di blogger dan membuat halaman di blog tersebut, maka untuk menjadi blogger tidak cukup hanya cukup sampai disitu. Selanjutnya Anda harus tahu mengenai cara untuk menjalankan blog Anda

Dan beberapa yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan blog agar tetap bisa aktif adalah sebagai berikut.

  1. Menulis Konten

Mengenai langkah-langkah menulis konten adalah dengan login ke blogger, klik postingan baru (+), lanjutkan untuk membuat postingan, publikasikan postingan dengan klik publikasikan di layar PC anda.

  1. Menambahkan Label

Lakukan langkah menambahkan label dengan cara login ke Blogger, klik postingan yang sudah ada atau Anda juga bisa klik postingan baru (+), klik ikon Label, terakhir masukkan label/klik label yang ada.

  1. Membuat Jadwal Postingan

Bukan hanya cara membuat blog di blogger dan membuat postingan, sebagi bloger Anda juga diharuskan untuk bisa mebuat jadwal postingan.

✔️  3 Cara Menghapus Pesan Grup Di Telegram

Caranya yaitu, login ke Blogger dan klik ikon postingan-judul postingan yang dipublikasikan, klik ikon panah bawah, lanjutkan dengan setel tanggal dan waktu, selanjutnya klik publikasikan untuk mengakhiri langkahnya.

  1. Mengedit Postingan

Selain dari beberapa cara di atas, Anda juga harus bisa mengedit postingan. Caranya bisa dilakuan dengan sangat mudah, sehingga meskipun Anda adalah blogger pemula Anda tidak akan kesulitan dalam melakukannya.

  1. Menghapus Postingan

Sebagai seorang blogger, mungkin beberapa postingan yang sebelumnya telah dipublikasikan juga akan Anda hapus dengan alasan tertentu.

Meski telah mengetahui tentang pengelolaan postingan blog, Anda juga harus tahu tips menjadi bloger yang sukses.

Tips Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Dan berikut merupakan tips menjadi blogger yang sukses dan profesional.

  1. Menentukan Tujuan

Tips yang pertama untuk menjadi blogger yang sukses adalah dengan menentukan tujuan. Jika Anda memiliki passion dalam menulis, senang membagikan karya tulisan Anda dan ingin mendapatkan uang dari kegiatan menulis maka menjadi blogger adalah hal yang tepat.

Untuk itu, cari tahu cara membuat blog di blogger dan pengelolaannya untuk bisa menjadi blogger yang profesional.

  1. Menentukan Topik dari Konten Blog

Untuk menjadi blogger yang sukses, maka Anda juga perlu menentukan topik yang tepat untuk blog yang Anda buat. Dalam menentukan topik ini, pilihlah topik yang sesuai dengan personal Anda.

Anda juga bisa menggunakan topik-topik seperti para blogger lainnya yang sudah sukses. Dan yang paling penting adalah, pilihlah topik yang sekiranya banyak diminati pengunjung blog.

  1. Kreatif dalam Mendesain Blog

Seorang blogger profesional, tentu bukan hanya asal bisa cara membuat blog di blogger dan memperbanyak postingan saja, namun juga harus kreatif mendesain blog.

Maksudnya adalah, sebagai seorang blogger Anda harus bisa membuat tampilan blog Anda menarik dan bagus. Selain itu, perhatikan struktur blog dan apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat blog Anda terlihat profesional.

Dalam hal ini juga erat kaitannya dengan mendesain halaman utama blog dengan struktur yang tepat dan gambar-gambar menarik.

  1. Menjamin Keaslian Konten

Pastikan bahwa karya Anda adalah hasil tulisan Anda sendiri dan orisinil. Hal ini yang akan memberikan kesan unik dan berbeda dari blogger lainnya. Selain itu, citra Anda sebagai bloger juga akan baik.

Jika memungkinkan lakukan cara membuat blog di blogger dan mengisi konten-konten dengan ide-ide baru yang akan menginspirasi banyak orang jika melihat konten yang Anda bagikan.

  1. Terus Belajar

Sikap terus belajar adalah hal yang wajib dimiliki oleh blogger. Dengan perkembangan teknologi yang dinamis, hal ini mengharuskan para blogger selalu siap untuk menghadapi hal baru dalam dunia blogger.

Anda bisa membangun hubungan dengan para blogger lainnya yang lebih profesional untuk mengambil ilmu tentang blog dan pengelolaannya. Dengan begini maka Anda juga kan tetap bertumbuh dan berkembang menjadi blogger yang akan sukses di kemudian hari

Dengan membaca keseluruhan isi dari ulasan ini, maka Anda akan lebih paham bagaimana cara menjadi bloger yang sukses dengan melakukan pengelolaan yang baik terhadap blog yang dimulai dengan cara membuat blog di blogger.

 

 

Leave a Comment