Cara Membuat Blog di WordPress Lebih Cepat, Kenali Tipsnya

Melakukan cara membuat blog di WordPress lebih cepat wajib dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, website yang lambat dimuat memberikan kesan buruk dan rentan ditinggalkan. Selain itu, halaman website yang lambat dimuat menyebabkan bounce rate.

Bounce rate yang bisa terjadi bahkan mencapai 90%, karena peforma server hosting yang kurang. Selain itu, kesalahan konfigurasi sampai banyak plugin juga menjadi sebab lainnya. Agar WordPress Anda lebih cepat, simak tips maintenance mudahnya berikut.

Sejumlah Tips untuk Cara Membuat Blog di WordPress Lebih Cepat

Semua pemilik web pasti menginginkan laman mereka bekerja optimal, cepat, dan memberi banyak keuntungan. Akan tetapi jika websitenya saja sudah lambat dimuat, potensi traffic turun tentu terjadi. Sikapi kondisi tersebut dengan melakukan beberapa tips berikut.

  1. Tema Simpel Tapi Responsif Disarankan

Hal pertama yang dilakukan untuk mempercepat loading WordPress dengan memerhatikan tema. Tema yang disematkan memang akan mempercantik tampilan website Anda. Akan tetapi, bisa menjadi bomerang yang membuat website melambat jika salah pilih.

Akses website yang ringan sangat dipengaruhi oleh pemilihan tema. Oleh karena itu, sebaiknya cari tema yang ringan, sederhana, akan tetapi responsif saat dimuat.

  1. Jangan Lupakan Optimasi Gambar

Ilustrasi gambar merupakan hal penting dalam cara membuat blog di WordPress. Sama seperti tema, gambar juga bisa menyebabkan menurunnya kecepatan website. Hal ini berlaku jika ukuran gambar terlalu besar serta banyak sekali jumlahnya.

Solusi atas masalah ini adalah dengan mengoptimasi gambar memakai plugin Wp Smush. Plugin ini sifatnya otomatis, sehingga kompres gambar juga akan demikian. Ada juga TinyPNG yang bisa dipakai untuk kompres gambar, tetapi manual sifatnya.

Upayakan untuk mengunggah gambar tidak lebih dari 100 Kb besarnya. Akan tetapi, jika gambar kurang dari ukuran tersebut juga tidak terlalu bagus karena tampilannya buram.

  1. Lupakan Plugin yang Tidak Terpakai

Fungsi web pada WordPress bekerja dengan dukungan plugin. Akan tetapi, plugin yang tidak terpakai tapi terinstall membuat website bermasalah pada peforma. Memang fungsi dari fitur ini membantu kinerja website.

Jika terlalu banyak, sumber daya akan besar kemungkinan dimakan plugin. Hal ini yang membuat WordPress menjadi lambat peformanya. Jangan segan untuk menghapus plugin yang sudah tidak digunakan lagi.

Tujuannya agar cara membuat blog di WordPress menjadi lebih cepat peformanya. Pilih terlebih dahulu plugin yang masih dipakai dan sebaliknya. Jika hendak menghapus plugin, coba beberapa langkah berikut.

  • Lihat dasbor WordPress, masuk ke pilihan Plugins
  • Setelah itu tinggal pilih plugin yang hendak dihapus
  • Konfirmasi dengan menekan opsi Delete
  1. Aktifkan Caching WordPress

Caching WordPress merupakan media penyimpanan yang sifatnya sementara untuk data halaman HTML. Selain itu, konten sebuah website juga ditampung dengan fitur ini. Cache ini juga berguna agar penggunaan sumber daya web bisa dikurangi.

Alhasil, saat penggunaan sumber dayanya sudah berkurang, website menjadi lebih cepat. Loading di WordPress menjadi semakin cepat sehingga peformanya kian stabil. Ada beberapa plugin yang bisa digunakan untuk mengaktifkan caching WordPress, di antaranya:

  • WP Super Cache
  • W3 Total Cache
  • WP Super
  • LiteSpeed
  • Autoptimize, dan masih banyak lagi
  1. Hapus Informasi Tidak Diperlukan

Cara membuat blog di WordPress agar lebih cepat dengan metode menghapus informasi tidak berguna. Informasi tidak berguna ini maksudnya adalah hal yang ada di basis data selama WordPress berjalan.

Informasi tersebut sifatnya sudah tidak berguna lagi, dan justru memperlambat kinerja website. Solusi terhadap kondisi demikian adalah mengoptimalkan database agar informasi tidak perlu dihapus.

Tags yang tidak dipakai, sisa revisi, komentar spam, dan sebagainya merupakan contoh informasi tidak terpakai. Anda bisa menghilangkannya dengan plugin tertentu seperti Wp Optimize misalnya.

  1. Perkecil Aneka File Berat di WordPress

Cara membuat blog di WordPress agar lebih cepat memang harus memperkecil aneka file berat. File berat di laman tersebut yang dimaksud contohnya CSS, Javascript, HTML, dan sejenisnya. Jenis data tersebut tergolong berat, bisa menyebabkan loading web terhambat.

✔️  Belajar Trading Binomo, Ketahui Informasi secara Lengkapnya

Cara agar tipe file tersebut diperkecil dengan metode minify. Metode tersebut bisa bekerja optimal memakai bantuan plugin. Contoh plugin yang bisa dipakai untuk minify file adalah WordPress Minify, W3 Total Cache, dan masih banyak lainnya.

Beberapa contoh alat plugin minify di atas akan mempermudah proses kompresi file. Tidak perlu lagi dilakukan secara manual, karena sifatnya sudah otomatis.

  1. Manfaatkan Fitur CDN

Bagi yang hendak melakukan cara membuat blog di WordPress lebih cepat, CDN merupakan salah satu solusinya. Content Delivery Network atau CDN ini berguna mempercepat proses tampilnya sebuah website.

CDN ini memiliki kinerja sebagai penyimpanan konten secara statis. Pengunjung web yang masuk ke WordPress Anda akan tersimpan data kunjungannya di CDN. Jika nanti pengunjung tersebut masuk lagi, maka akan lebih cepat dalam memuat kontennya.

Hal ini bisa terjadi karena kerja CDN akan mencari server terdekat. Akhirnya, konten yang dimuat lebih cepat sehingga permintaan HTTP eksternal penyebab loading lambat bisa dikurangi.

CDN memang cocok dipakai untuk mengoptimasi peforma WordPress secara lebih matang. Beberapa contoh CDN bahkan ada yang satu paket dengan hosting. Cloudflare menjadi salah satu contoh penyedia CDN dengan paket gratis serta berbayar.

  1. Ganti Pakai WordPress Terbaru

Sebenarnya WordPress hampir sama dengan sejumlah aplikasi yang sering Anda gunakan. Sifatnya adalah open source sehingga memungkinkannya selalu berkembang. Perkembangan yang terjadi akan menciptakan versi WordPress selalu update.

WordPress kerap menampilkan versi terbarunya karena membuat aneka update fitur yang dimiliki. Hal ini tentu sama dengan cara kerja aplikasi open source lainnya. Tujuan dari update versi ini agar bug bisa hilang, sehingga peforma semakin cepat.

Bayangkan jika website Anda masih memakai WordPress versi lawas, tentu akan berat menampung aneka upgrade terbarunya. WordPress menjadi tidak update dan terancam terserang hacker, virus, dan ancaman keamanan lain.

Oleh karena itu, cara membuat blog di WordPress agar lebih cepat adalah melihat versi yang dipakai. Jika masih versi lawas dan ada keterangan update, jangan segan untuk mengunduh update terbaru demi kelancaran website.

  1. Optimalkan Postingan Anda

Siapa sangka jika konten yang Anda buat sangat berpengaruh pada peforma kecepatan website. Oleh karena itu, optimalkan postingan konten agar kecepatan website juga lebih baik. Misalnya saja dengan menampilkan kutipan saja alih-alih postingan penuh.

Selain itu, kurangi juga jumlah widget terlebih yang sudah tidak terpakai karena berperan menghambat loading. Cara membuat blog di WordPress tersebut akan mengoptimalkan peforma. Selain itu, membuat beban kerja website berkurang sehingga lebih dinamis.

  1. Pastikan Hostingnya Sudah Sesuai

Agar website berplatform WordPress lebih cepat, perhatikan hosting apa yang Anda gunakan. Cek apakah hostingnya memang sudah sesuai untuk platform WordPress, atau justru sebaliknya. Web hosting tidak hanya bertugas sebagai penyedia domain pribadi.

Lebih dari itu, layanan ini juga bagus untuk membantu meningkatkan kecepatan akses situs. Tidak heran antara hosting yang tepat dan sebuah website merupakan dua hal saling berkaitan.

Cara membuat blog di WordPress lebih cepat adalah harus benar-benar dalam memilih layanan hosting. Pilih yang tidak sebatas menawarkan kapasitas besar untuk penampungan databse. Cari juga yang memberikan kemudahan kustomisasi update versi sampai plugin.

Layanan yang baik juga harus didukung dengan rekam jejak positif. Oleh karena itu, upayakan juga agar perusahaan hosting yang dipilih track recordnya bagus. Cari provider yang support penuh layanan WordPress, jangan asal sekadar harga miring.

Ternyata membuat blog di WordPress tidak sebatas asal jadi, akan tetapi harus benar-benar dirawat agar tidak lambat. Cara membuat blog di WordPress agar lebih cepat harus rutin dilakukan demi kenyamanan dan peforma lancar.

✔️  Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Di Telegram

 

Leave a Comment