Strategi Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Tujuan utama dari blogger tentu adalah dengan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang banyak dari blog yang dikelolanya tersebut.

Tentu hal ini perlu beberapa upaya seperti menaikkan trafic blog sehingga bisa melanjutkan beberapa cara untuk mendapatkan uang dengan jumlah yang fantastis dari blog tersebut. Untuk itu, simak strategi cara mendapatkan uang dari blog berikut ini.

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang dari Blog Tersebut

Sebagai seorang bolgger, tentu Anda sudah sangat paham mengenai cara membuat blog gratis yang bisa dilakukan dengan mudah melalui situs seperti blogspot ataupun wordpress bukan?

Namun apakah Anda sudah tahu mengenai strategi untuk menghasilkan uang yang banyak dari blog yang Anda kelola tersebut? Jika belum maka membaca ulasan ini hingga Akhir adalah solusi yang sangat tepat untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dan berikut merupakan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan atau menghasilkan uang dari blog.

  1. Mendapatkan Penghasilan dari Google Adsense

Secara sederhananya, Anda akan memasang iklan di blog Anda untuk mendapatkan uang menggunakan google adsense. Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dengan google adsense adalah hal yang sudah populer di kalangan blogger.

Google adsense merupakan cara yang sering digunakan oleh para blogger bisa memasang iklan pada blog yang mereka kelola. Namun tidak bisa sembarangan, beberapa blog juga tidak bisa lolos dari kriteria yang ditentukan oleh google adsense.

Untuk itu, berfokuslah untuk membangun blog dan mengelolanya dengan baik sehingga bisa masuk pada kriteria yang telah ditetapkan oleh google adsense. Hal ini tidak bisa diabaikan karena google adsense merupakan peluang besar bagi para blogger mendapatkan uang.

  1. Sponsor

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang berikutnya yakni dari konten yang disponsori. Dan tentu Anda sudah tahu bahwa syarat utama untuk Anda mendapatkan sponsor adalah jika trafic blog Anda tinggi.

Namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan sponsor untuk blog Anda. Sebagai caranya yakni, pastikan bahwa blog Anda memiliki kualitas yang baik dari segi tampilan halaman maupun dari segi kontennya.

Jika blog Anda terlihat berkualitas dan profesional, maka beberapa brand tertentu akan memberikan sponsor dengan menjalin kerjasama pada blog yang Anda kelola.

Untuk lebih banyak sponsor, maka Anda harus bekerja lebih keras lagi dalam membangun kerjasama dengan banyak brand besar.

  1. Mendapatkan Uang dari Affiliate Marketing

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari affiliate marketing memang masih menjadi peluang besar yang tidak bisa diabaikan oleh para blogger. Anda akan mendapatkan uang dari banyaknya klik pada link afiliasi tersebut.

Kerjasama dari afiliasi ini adalah dengan cara Anda mendaftar sebagi afiliator hingga mendapatkan link afiliasi untuk bisa Anda cantumkan pada setiap konten yang dipublish pada blog pribadi Anda.

Jika blog memiliki banyak pengunjung dan mengeklik link tersebut, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan banyaknya link yang di klik oleh pengunjung blog Anda.

Cara ini juga menjadi andalan bagi para blogger untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari blog yang dikelolanya.

  1. Menghasilkan Uang dari Amazon Affiliate

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari amazon affiliate dapat dimulai dengan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Daftarkan diri di Amazon Associates
  2. Siapkan profil pribadi
  3. Lakukan pengisian kredensial akun
  4. Klik “New Customer” dan masukkan data diri
  5. Dapatkan link untuk afiliasi
  6. Cari produk dan klik “Get Link” setelah mendapatkan profil
  7. Salin-tempel link ke blog yang Anda kelola
  8. Letakkkan link di sidebar, artikel, header, atau bagian lainnya dalam blog Anda

Dengan semakin banyak pengunjung yang mengeklik link tersebut, maka uang yang Anda hasilkan juga semakin besar.

  1. Produk Digital
✔️  Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi

Beberapa produk digital yang dapat Anda jual melalui blog adalah ebook, fotografi, karya seni, software mauopun kursus online. Dan perlu Anda tahu bahwa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari penjualan produk digital juga berpeluang tinggi.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan apa yang akan Anda jual, melakukan riset di pasar beserta harganya, selanjutnya manfaatkan plugin yang sesuai dengan projek tersebut.

Jika sudah maka Anda bisa mulai kegiatan menjual dan buatlah respons otomatis setiap pembelian. Jika sekiranya cara ini bisa Anda lakukan, maka jangan takut untuk mencobanya.

  1. Menjadi Tutor Online

Siapa sangka bahwa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang bisa dilakukan dengan menjadi tutor online. Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan? Untuk itu simak tahapan langkah berikut ini.

  1. Instal plugin Tutor dan lanjutkan dengan menyiapkan situs tutor Anda
  2. Tentukan mata pelajaran yang ingin Anda ajarkan
  3. Tentukan pula harga dan materi yang ingin Anda gunakan misalnya saja dengan menggunakan vidio, power poin atau yang lainnya
  4. Buat kurikulum pembelajaran
  5. Finalisasi pengaturan
  6. Buka forum yang relevan dan iklankan layanan tutor online Anda

Mungkin cara ini memang bisa dibilang lebih sulit karena membutuhkan keahlian khusus pada bidang mengajar.

  1. Menjadi Penulis Lepas

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas memang masih banyak menjadi andalan bagi para blogger.

Terlebih jika Anda telah aktif menjadi blogger dari sejak lama hingga blog Anda telah menjadi blog yang besar. Dan beberapa cara yang bisa dilakukan ialah dengan mulai mengumpulkan sampel tulisan terbaik yang pernah Anda buat.

Buat juga portofolio yang menarik dengan menunjukkan pengalaman dan keahlian Anda dalam menulis. Jika sudah, maka siapkan halaman “sewa saya” atau promosi pada blog pribadi Anda.

Cara tersebut juga harus dilanjutkan dengan perluas kesempatan Anda yakni mencari kerja sama dengan banyak pihak, lakukan negosiasi terkait harga atau yang lainnya dan mulailah menulis.

Menulis tentu bukan hal yang asing lagi bagi para blogger. Sehingga cara yang satu ini terbilang ringan untuk dilakukan.

  1. Menghasilkan Uang dari Podcast Advertising

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang berikutnya adalah dengan podcast advertising.

Cara kerja dari program ini adalah Anda akan dibayar perusahaan untuk setiap 1.000 pemirsa yang mendengarkan podcast yang telah Anda buat. Jika Anda tertarik dengan ini, maka mulailah dengan melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buat banyak podcast menarik yang nantinya akan digunakan sebagi portofolio
  2. Tawarkan iklan podcast ke publik
  3. Lakukan cold pitching atau menawarkan kerjasama ke beberapa perusahaan untuk bersedia beriklan di podcast Anda

Untuk membuat podcast, tentu ada banyak hal yang harus Anda siapkan seperti peralatan yang biayanya bisa dibilang tidak sedikit. Namun jika Anda tetap bersedia melakukannya, maka perhitungkan apakah yang Anda lakukan dapat memberi keuntungan bagi Anda.

Beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan tersebut mungkin ada yang cocok dengan Anda atau juga tidak. Namun begitu, Anda bisa melakukan usaha terbaik Anda untuk bisa mendapat penghasilan dari blog yang Anda kelola.

Pekerjaan blogger memang menjadi salah satu pekerjaan yang ramai saat ini. Para blogger akan mendapatkan penghasilan dengan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari hasil pengelolaan yang baik pada blognya.

 

Leave a Comment