Cara Membuat Blog Pribadi di WordPress dan Blogspot

Jika ingin melakukan cara membuat blog pribadi, sebenarnya hal tersebut mudah saja. Anda bisa memanfaatkan dua buah layanan yakni WordPress dan Blogspot yang tentunya menarik. Dua buah layanan tersebut hadir dengan fitur yang berbeda, sama-sama berkualitas.

Blog pribadi ini bisa diisi dengan aneka topik menarik. Misalnya saja seputar hobi, opini, berita, dan masih banyak lagi. Lebih lengkap tentang pembuatan blog pribadi dengan dua platform tersebut, akan diulas di pembahasan berikut.

Mengenal WordPress, Platform Gratis untuk Blog

Cara membuat blog pribadi memang bisa memakai WordPress salah satunya. Akan tetapi, sebelum lebih lanjut membahas tentang tutorialnya, mengenali platform tersebut sangat penting. Tujuannya agar bisa memakainya dengan baik, dan tentu menghasilkan.

WordPress pertama kali diluncurkan di tahun 2004 silam oleh Matt Mullenweg serta Mike Little. Laman satu ini bisa juga disebut dengan Content Management System, sangat ramah pemula.

Bagaimana layanan ini bisa ramah pemula? Jawabannya karena para penggunanya tidak perlu memikirkan coding yang memusingkan. Tidak perlu coding untuk mengeloola website atau blog pribadi.

Tidak sekadar ramah pemula, untuk yang kantongnya sedang menipis, WordPress adalah jawaban cerdas. Tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran, karena Anda bisa memakainya secara langsung.

Layanan WordPress.com memberikan hosting dan domain dalam dua versi, yakni berbayar dan gratis. Akan tetapi, layanan yang cocok untuk para pemula ini hadir dengan beberapa keterbatasan. Mulai dari fitur hingga sumber dayanya.

Akan tetapi jika ingin memiliki domain tersendiri, WordPress.org bisa menjadi pilihan. Website tersebut menyediakan platform WordPress secara cuma-Cuma. Cukup unduh dan memasangnya di perangkat komputer, langsung bisa dipakai.

Cara Membuat Blog Pribadi melalui WordPress

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa WordPress memang sangat ramah untuk para pemula. Tidak perlu latar belakang IT yang mumpuni untuk bisa memiliki sebuah website.

Selain itu, dari segi biaya juga hemat karena layanannya gratis tanpa khawatir lisensi. Oleh karenanya banyak yang tertarik ingin membuat blog pribadi via WordPress. Caranya sangat sederhana, dengan beberapa tahapan berikut ini.

  1. Registrasi

Layaknya membuat akun media sosial, WordPress juga demikian. Pengguna harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Langkah registrasi jika hendak memakai WordPress diantaranya:

  • Masuklah ke alamat id.wordpress.com tunggu sampai loading selesai
  • Setelah itu, klik opsi Buat Situs Web Anda dan lanjut lengkapi beberapa data
  • Data yang dilengkapi mulai dari email, password, sampai nama pengguna
  1. Buat Nama

Buat nama yang dimaksud dalam cara membuat blog pribadi adalah membuat domain. Anda harus menentukan nama domain yang sesuai dengan niche atau isi situs tersebut. Nama domain blog Anda nantinya akan memiliki ekstensi wordpress.com.

Berarti jika niche tentang kerajinan tangan, mungkin nama blognya harus relevan dengan dengan isinya. Contohnya seperti rumahpercakreatif@wordpress.com.

  1. Melakukan Pengaturan Dasar

Cara membuat blog pribadi di platform WordPress selanjutnya adalah tentang pengaturan dasar. Blog sebenarnya sudah hampir jadi, akan tetapi harus diatur sedemikian rupa dahulu. Pengaturan dasar dapat dimulai dengan pengisian kolom judul, tagline, hingga ikon.

Anda juga dapat mengatur bahasa hingga zona waktu secara bebas. Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan beberapa pengaturan dasar lainnya.

  • Menata tampilan blog dengan klik Appearance, pilih tema yang diinginkan
  • Custom menu
  • Menambahkan widget, dan masih banyak lagi
  1. Posting

Blog sudah setengah jadi, belum lengkap tanpa adanya konten. Jika hendak memposting artikel, langsung cari kolom Post, klik opsi Add New. Akan muncul halaman editing untuk penulisan sebuah konten, dengan uraian garis besar seperti:

  • Body copy box, kolom untuk menulis konten artikel, memasukkan video, foto, dan informasi lainnya
  • Featured Image, tempat menyematkan foto thumbnail
  • Format Box, pengatur konten ke bentuk video, quote, galeri, dan sejenisnya
  • Tags Box, kolom untuk tagline artikel
  • Categories Blog, tempat kategori konten bisa diatur sedemikian rupa agar pengunjung mudah mencari artikel
  • Publish, kolom dengan pilihan aneka setting status konten. Misalnya Draft berarti konten belum dibagi, Published berarti sudah ditampilkan
  1. Publikasikan
✔️  Bagaimana Hukum Trading Forex Menurut MUI? Berikut Uraiannya

Setelah beberapa cara membuat blog pribadi di atas sudah rampung, saatnya go public. Anda bisa langsung klik menu Visit Site di kanan atas. Setelah itu, baru klik Launch Site untuk mengunggah blog ke ranah luas.

Blog yang sudah dipublikasikan ini sebenarnya belum selesai. Anda harus melakukan maintenance secara rajin. Misalnya mengoptimasi SEO, mencari kata kunci terbaik, dan pastinya harus rajin posting artikel berkualitas.

Mengenal Blogspot, Platform Menarik untuk Blog

Sebelumnya sudah membahas tentang WordPress dan cara membuat blog pribadi via platform tersebut. Tentunya belum lengkap tanpa mengulas Blogspot juga. Platform satu ini merupakan media yang bisa dipakai untuk membuat sebuah blog.

Dulunya, Blogspot dikenalkan oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Domain yang paling terkenal hingga saat ini adalah blogspot.com. Beberapa tahun kemudian, Google mengakuisisi perusahaan ini tepatnya di 2003.

Pasca akuisisi dari Google, layanan ini kian nyaman dipakai. Hal ini tidak lepas dari perubahan layanan yang dilakukan Google dengan tujuan menjadikannya sebagai salah satu produk unggulan.

Sebelum gratis seperti sekarang, Blogspot merupakan sarana berbayar dari Pyra Labs. Google kemudian menyulapnya menjadi layanan gratis dan terus dibenahi sampai sekarang. Ragam template baru yang diperkenalkan Google menjadi salah satu contohnya.

Selain itu, pihak Google juga semakin mengintegrasikan Blogspot miliknya menjadi lebih sesuai dengan negara pengguna. Misalnya pengguna Indonesia pada akhirnya memiliki akun Blogspot dengan domain blogspot.co.id.

Cara Membuat Blog Pribadi melalui Blogspot

Salah satu keunggulan Blogspot yang mutakhir adalah memudahkan pengguna terhubung dengan Google Adsense. Hal ini bisa menjadi gerbang menarik untuk menyulap blog menjadi ladang penghasilan. Lantas, bagaimana proses membuat blog dengan platform ini?

  1. Buat Akun

Untuk membuat akun di Blogspot, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Langsung saja masuk ke laman www.blogger.com/about, setelah itu pilih menu Buat Akun Anda. Lanjut ke tahap berikutnya dengan Gmail.

Pilih akun Google atau Gmail yang diinginkan untuk dijadikan sarana pendaftaran. Jika belum memiliki Gmail, buat terlebih dahulu agar memudahkan pendaftaran. Klik pilihan Next atau berikutnya untuk langkah lainnya.

  1. Isi Profil

Cara membuat blog pribadi sebenarnya belum sampai di sini. Anda harus melakukan kustomisasi berupa pengisian profil. Pengisian profil dimulai dengan mengisi nama blog. Nama blog bukanlah identitas pribadi, melainkan judul dari blog yang dimiliki.

  1. Pengaturan Dasar

Profil dan segala hal sudah selesai dilakukan, lanjut ke pengaturan dasar lainnya. Pikirkan URL atau nama alamat blog juga. Langkah ini penting sebagai identitas resmi blog yang Anda miliki.

Blog merupakan platform gratis sehingga ada beberapa batasan saat menyusun nama. Paling pertama adalah domain yang dipakai sudah fix yakni blogspot.com atau blogspot.co.id. Selain itu, nama URL juga terkadang sudah tidak tersedia.

Hal ini memerlukan kreativitas tersendiri agar berhasil dalam menyusun URL. Sebenarnya Anda juga bisa mengganti URL sewaktu-waktu dan Blogspot mengizinkannya dengan mudah. Setelah URL jadi, lanjut isi Display Name yang nantinya menjadi identitas profil blog.

  1. Tulis Konten

Cara membuat blog pribadi di Blogspot lanjut dengan mengisi laman dengan konten. Cukup masuk ke menu Blogger Dashboard, lanjut pilih New Post. Tulis konten yang sesuai, dan pastiikan atribut artikelnya lengkap.

Blog sebenarnya sudah jadi sepenuhnya, tinggal mempublikasikan konten Anda. Selain itu, optimasikan SEO agar blog pribadi tidak seadanya, melainkan berubah lebih next level.

Ternyata membuat blog tidaklah sulit, hanya diperlukan ketelatenan dalam mengelolanya. Baik itu WordPress hingga Blogspot, cara membuat blog pribadi sama-sama mudah.

 

Leave a Comment