Cara Membuat Blog Pribadi di HP dan Posting dengan Aplikasi

Jika hendak melakukan cara membuat blog pribadi di HP sekaligus memposting konten, hal tersebut tidaklah sulit. Anda bisa melakukan dengan dukungan aneka aplikasi android yang variannya sangat beragam. Setiap aplikasi ini menghadirkan banyak kemudahan blogging.

Ada yang bisa dipakai untuk membuat blog baru, memposting artikel, menyimpan catatan URL, analisa blog, dan masih banyak lagi. Tentunya cara penggunaannya juga sangat mudah, dan bisa dipakai dimana saja.

Aplikasi untuk Melakukan Cara Membuat Blog Pribadi di HP Hingga Posting

Membuat blog memang mayoritas dilakukan dengan bantuan dekstop. Akan tetapi, ada kalanya Anda tidak bisa membuka laptop karena sibuk di perjalanan dan sebagainya. Oleh karena itu, banyak vendor aplikasi yang melirik potensi satu ini.

Muncul banyak aplikasi pendukung blogging yang ternyata sangat memudahkan. Jika hendak membuat blog pribadi dan maintenance secara mobile, aplikasi berikut tentunya menarik dicoba.

  1. Memakai Writer

Cara membuat blog pribadi di HP bisa Anda lakukan dengan bantuan banyak aplikasi. Termasuk jika hendak posting, ada aplikasi yang akan mempermudah Anda dalam menulis konten. Aplikasi ini cara kerjanya seperti tools untuk membuat catatan.

Hanya saja, secara kinerja tergolong lebih memudahkan berkat berbagai tools yang dimilikinya. Anda bisa menggunakannya untuk membuat catatan, menulis artikel di HP, menulis URL, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang dipakai secara mobile ini, memungkinkan Anda bisa posting secara mudah. Bahkan jika tidak memungkinkan membuka dekstop, dukungan aplikasi Writer menarik dipakai.

  1. Menggunakan Google Drive

Keperluan blogging memang sangat banyak, terutama gambar dan file video lainnya. Oleh karena itu, aplikasi satu ini cocok untuk membantu posting di blog hanya lewat HP. Google Drive hadir dengan fitur mempermudah menyimpan file besar secara optimal.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi penyimpanan yang lain, sehingga gampang dipakai. Anda bisa menyimpan file dengan kapasitas 5 Gb yang disediakannya. Selain bisa menyimpan gambar untuk postingan, ada banyak keunggulan lainnya dari Google Drive.

Salah satunya bisa dipakai untuk menyimpan aneka macam file dalam ukuran dan jumlah besar. Contohnya file dokumen Ms Word, Excel, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan layanan yang diberikan, posting blog lewat HP menjadi semakin mudah.

  1. Memakai Evernote

Cara membuat blog pribadi di HP tidak akan lengkap tanpa posting artikel. Biasanya untuk memposting sebuah tulisan, Anda harus mencari ide segar agar konten berkualitas. Ide segar ini akan muncul dari mana saja, sehingga wajib ditulis agar tidak lupa.

Jika kebetulan sedang di luar rumah, tidak membawa laptop, aplikasi Evernote bisa Anda gunakan. Aplikasi ini sangat cocok untuk menulis secara mobile aneka catatan penting. Termasuk ide postingan di blog pribadi Anda, agar tidak sampai lupa.

Aplikasi sejuta umat ini menghadirkan cara kerja yang sangat sederhana, dengan kapasitas ringan. Anda bisa membuat daftar pekerjaan, ide artikel, dan berbagai hal lainnya di satu aplikasi ringan ini.

  1. Memakai Ganalytics

Cara membuat blog pribadi di HP untuk kebutuhan postingan, Anda bisa menggunakan Ganalytics. Aplikasi ini cocok sebagai amunisi untuk tracking postingan Anda. Lalu lintas blog yang terjadi, akan dilaporkan sehingga mempermudah untuk kebutuhan analisa.

Anda bisa memantau perkembangan traffic blog baik dari segi pengunjung dan sejenisnya secara mobile. Hanya berbekal ponsel android, tracking perkembangan blog akan mudah dilakukan. Aplikasi ini hadir dengan interface yang sangat simple, sehingga gampang dipakai.

  1. Memanfaatkan Photo Editor

Photo editor memang merupakan aplikasi editing foto yang sekilas tidak ada kaitannya dengan blogging. Padahal, tools ini sangat berguna untuk membantu posting gambar di blog agar lebih menarik. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit gambar secara dinamis.

Misalnya dengan fitur crop, setting ukuran, penambahan efek, dan sebagainya. Memang, Anda bisa menggunakan aplikasi editor foto lainnya. Akan tetapi, salah satu yang disarankan adalah Photo Editor karena lebih sederhana.

✔️  Cara Membuat Blog yang Menarik Meraup Banyak Visitor

Gambar ilustrasi yang menarik ternyata menyumbang peranan penting dalam postingan. Tidak sekadar postingan artikel yang SEO Friendly, akan tetapi harus ada gambar yang bagus guna mendukung kualitas postingan.

  1. Menggunakan Pocket

Terkadang selesai melakukan cara membuat blog pribadi di HP, Anda bingung untuk mengisi kontennya. Hal tersebut sebenarnya wajar saja, mengingat keterbatasan ide kerap dialami. Untuk solusinya, Anda bisa mengunjungi blog lain dan membacanya sebagai sumber inspirasi.

Agar URL dan tulisan inspirasi tidak hilang, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Pocket. Aplikasi ini berguna untuk menyimpan URL dan ragam tulisan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya kembali menjadi artikel yang lebih segar.

Tidak perlu memikirkan cara untuk menyimpan URL blog sumber inspirasi. Cukup dengan satu buah aplikasi, kebutuhan tersebut bisa dicover tanpa repot copy paste.

  1. Memanfaatkan Aplikasi WordPress

WordPress versi mobile bisa menjadi solusi cara membuat blog pribadi di HP yang praktis. Aplikasi ini banyak dipakai untuk membuat blog gratis hingga versi berbayar layaknya WordPress.org.

WordPress sendiri berhasil mengukuhkan posisinya sebagai salah satu platform pembuatan web yang andal. Kualitas web hasil dari platform ini bahkan diakui banyak pihak, terbukti banyak situs besar berawal dari WordPress.

Memang bisa membuat blog pribadi versi WordPress dengan bantuan dekstop. Akan tetapi, ada juga versi mobile agar para pengguna semakin leluasa dalam memanfaatkannya. Selain itu, dengan aplikasi ini juga bisa tracking dan posting hanya melalui ponsel pribadi.

  1. Memanfaatkan Aplikasi Blogger

Blogger dalam bentuk aplikasi, bisa Anda manfaatkan sebagai cara membuat blog pribadi di HP secara mudah. Cara kerjanya memang tidak jauh berbeda dengan WordPress yang juga ada versi mobile-nya.

Platform blog populer ini merupakan produk dari Google yang sudah terjamin kemampuannya. Anda tidak hanya bisa membuat blog di dekstop, melainkan bisa secara mobile. Cocok jika Anda berada di situasi tertentu, akan tetapi ingin cepat membuat blog.

Hasil blog yang dihasilkan melalui versi aplikasi HP sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi dekstop. Bahkan, untuk urusan posting artikel, hanya memakai versi aplikasi HP juga bisa Anda lakukan.

Cara membuat blog pribadi di HP dengan Blogger juga tidak terlalu rumit. Hampir sama seperti membuat akun media sosial, hanya saja harus menyertakan alamat email Gmail dahulu.

  1. Blogger Droid

Jika belum terbiasa maintenance blog lewat HP, mungkin aplikasi Blogger Droid ini masih tergolong asing. Aplikasi besutan Anders Hedstrom ini sebenarnya agak mirip dengan Blogger versi Android.

Tidak sebatas mudah dalam cara membuat blog pribadi di HP, Anda akan dimudahkan juga melakukan maintenance-nya. Anda bisa melihat, mengedit, hingga membuat postingan di blog dengan versi mobile.

Sangat cocok untuk yang aktif beraktivitas secara mobile di luar ruangan, akan tetapi harus maintenance blog. Anda juga bisa unggah gambar ke entri, menentukan ukuran dan kualitasnya secara mudah.

Antrian postingan juga dapat Anda buat secara lebih mudah hanya dengan sekali aplikasi. Selain itu, ada fitur yang dipakai untuk menetapkan tanggal serta waktu postingan terbit. Akan tetapi, fitur lengkapnya tidak bisa Anda pakai gratis, karena sifatnya berbayar.

Ternyata kemajuan teknologi memang sangat menguntungkan, termasuk bagi para pemilik blog. Terbukti, banyak aplikasi pendukung agar blogging semakin mudah dilakukan. Baik itu cara membuat blog pribadi di HP hingga posting konten bisa Anda lakukan secara mobile.

 

Leave a Comment