Cara Membuat Bootable Windows 10 Di Linux Atau Ubuntu

Cara Membuat Bootable Windows 10 Di Linux, Kompirasi.com Mungkin saat ini kamu menggunakan sistem operasi linux atau ubuntu, lalu berniat ingin kembali menggunakan sistem operasi windows 10 di laptop atau pc kamu. Mungkin kamu akan sedikit bingung untuk membuat bootable windows 10 biasanya kalau menggunakan windows pastinya kita menggunakan rufus untuk membuat bootable di flashdisk.

Namun untuk sistem operasi linux kita tidak dapat menggunakan rufus, nah karena banyak yang belum tahu cara membuat bootable windows 10 di linux atau ubuntu dikesempatan kali ini kompirasi akan mengajarkan kamu nih cara buat bootable windows 10 di sistem operasi linux.

Agar kita dapat membuat bootable windows 10 di linux, ada beberapa syarat yang kamu siapkan pertama flashdisk 8gb dan tools etcher.

Apa Itu BalenaEtcher?

Etcher atau balenaetcher adalah utilitas sumber terbuka dan gratis yang digunakan untuk menulis file gambar seperti file .iso dan .img , serta folder zip ke media penyimpanan untuk membuat kartu SD langsung dan drive flash USB . Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Balena, dan dilisensikan di bawah Lisensi Apache 2.0.

Etcher dikembangkan menggunakan kerangka Electron dan mendukung Windows, macOS dan Linux. balenaEtcher awalnya bernama Etcher, namun namanya diubah pada 29 Oktober 2018, saat Resin.io berganti nama menjadi Balena.

Cara Membuat Bootable Windows 10 Di Linux Menggunakan Etcher

Pertama sebelum kita membuat sebuah bootable windows 10, windows 8 atau windows 7 di linux kita harus install aplikasi etcher terlebih dahulu di sistem operasi linux kita.

Di desktop linux kamu bisa membuka terminal linux dengan menekan tombol CTRL + ALT + T

Baca Juga: Cara Mengubah Resolusi Layar Monitor Di Ubuntu

Bagi pengguna sistem operasi debian dan ubuntu kita dapat mengambil repository paket berbasis debian atau ubuntu, kamu tinggal mengetikan perintah sebagai berikut di terminal linux kamu.

curl -1sLf \ ‘https://dl.cloudsmith.io/public/balena/etcher/setup.deb.sh’ \ | sudo -E bash

Lalu lakukan update dan install di terminal linux dengan mengetikan perintah.

sudo apt-get update sudo apt-get install balena-etcher-electron

Setelah kita sudah berhasil menginstall etcher di ubuntu, kamu bisa membuka aplikasi balena etcher di menu show applications.

BalenaEtcher

Di menu tampilan aplikasi balenaetcher kamu kelik flash form file untuk memasukan file .iso windows 10 kamu.

Possible Windows Image Detected

Kalau kamu menemukan notifikasi warning “Possible Windows image detected” kamu kelik continue.

Baca Juga: Cara Install Sublime Text Di Ubuntu Lewat Terminal Linux
select target

Kemudian di bagian select target kamu masukan lokasi penyimpanan flashdisk kamu. disini nama flashdisk saya Windows 10 dan bernama generik flash disk jadi saya kelik saja kemudian kelik select.

Flash

Setelah itu kelik flash untuk memulai membuat bootable windows 10 menggunakan balenaEtcher di linux ubuntu, nantinya kamu akan disuruh memasukan password ubuntu kamu.

Proses Flahsing Windows 10

Dan kemudian kamu tinggal tunggu sampai proses flashing windows 10 selesai. Proses flashing biasanya memakan waktu 15-30 menit tergantung merk flashdisk yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Merekam Layar Di Linux Ubuntu Terbaru
Berhasil Membuat Bootable Windows 10

Terakhir kita sudah berhasil buat bootable windows 10 di linux menggunakan balenaEtcher. Kamu sudah bisa menginstall sistem operasi windows 10 di laptop dan pc kamu.

✔️  Bug PPPD Di Sistem Operasi Linux ,Hacker Mampu Melakukan Serangan Remote Code Execution (RCE)

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Sewaktu Membuat Bootable Windows 10 Di Linux.

Mungkin kamu ingin mengajukan beberapa pertanyaan setelah sudah berhasil membuat bootable windows 10 di linux. Seperti bagaimana cara uninstall aplikasi balenaEtcher di linux? Untuk menghapus balenaEtcher di linux atau ubuntu kamu bisa mengetikan perintah di terminal linux sebagai berikut.

sudo apt-get remove balena-etcher-electron rm /etc/apt/sources.list.d/balena-etcher.list apt-get clean rm -rf /var/lib/apt/lists/* apt-get update

Akhir Kata

Nah segitu dulu cara membuat bootable windows 10 di linux menggunakan aplikasi BalenaEtcher semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu. Sekian dan terimakasih semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment