Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word

Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word
Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word

Kemarin lalu ada yang nanya bang bagaimana cara membuat diagram kartesius di word? Mungkin saat ini banyak orang yang belum pandai buat diagram kartesius di microsoft word, berbicara soal diagram kartesius, sebenarnya diagram kartesius itu apasih?

Diagram kartesius atau Cartesius merupakan sebuah diagram yang terdiri dari sumbu x dan sumbu y, di dalam diagram cartesius anggota himpunan A terletak pada sumbu X, sedangkan anggota himpunan B terletak pada sumbu Y. Relasi yang menghubungkan himpunan A ke B ditunjukkan dengan noktah ataupun titik.

Biasanya diagram kartesius ini sering ditemukan di lembar soal matematika, berikut contoh gambar diagram kartesius.

contoh diagram kartesius – Kompirasi.com

Nah setelah kamu tahu apa itu diagram kartesius, lalu bagaimana cara membuat diagram kartesius sederhana di ms word? bagi kamu yang ingin belajar membuat diagram kartesius di ms word, kamu bisa mengikuti panduannya dibawah ini.

Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word

table 8x8 1 – Kompirasi.com

1. Langkah pertama untuk membuat diagram kartesius di microsoft word, pertama-tama kamu buat sebuah table, caranya klik menu insert kemudian klik table, di bagian table kamu buat saja tablenya 8×8.

block table – Kompirasi.com

2. Setelah table sudah jadi, selanjutnya kamu block table yang sudah kita buat tadi, untuk cara blocknya kamu bisa arahkan kursos mouse ke bagian ujung tepi table, kemudian drag dan tarik mouse kamu sampai ke sisi ujung tabel, nantinya di dalam tabel yang kamu sudah block tadi akan berwarna biru seperti gambar saya yang diatas.

buat ukuran 1cm – Kompirasi.com

3. Setelah sudah kita block tablenya, sekarang kita buat ukuran tablenya menjadi sama ukuarn ambil saja 1 cm x 1 cm, atau 2 cm x2 cm, yang penting sama ukurannya, untuk cara merubah ukuran table kamu bisa masuk kemenu layout kemudian dibagian Heigh, dan width ubah menjadi 1 cm x 1 cm.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Background Gambar Di Word
sumbu x dan y – Kompirasi.com

4. Kemudian selanjutnya kita buat sumbu x dan y nya, caranya kamu klik insert kemudian shapes, di menu recently used shapes, lines kamu pilih double arrow.

outline – Kompirasi.com

5. Selanjutnya setelah kita sudah mengklik lines double arrow, selanjutnya arahkan lines double arrownya ke garis tepi tabel, kamu tinggal tarik mouse kamu kebawah di bagian kolom tabel, disini saya menaruhnya di garis tepi tabel ketiga, kalau kamu bingung kamu bisa lihat gambar, kalau sudah kamu taruh, kamu tebalkan garis lines agar dapat dilihat dengan jelas, min bagaimana menebalkan garis line agar terlihat lebih jelas lagi?

cara menebalkan garis – Kompirasi.com

6. Untuk menambahkan ketebalan garis line kamu klik shape outline kemudian pilih warna shape menjadi hitam, kemudian dibagian weight kamu tentukan saja ketebalan garis linenya, bingung min? kamu bisa cek gambar saya.

y akses – Kompirasi.com

7. Nah karena akses garis y sudah jadi, kemudian kita buatkan x akses nya, kamu tinggal mengcopy paste akses garis y nya, untuk mengcopy paste di word caranya kamu klik akses garis y tadi, kemudian tekan Ctrl+C’ (copy) kemudian kamu tekan Ctrl+V’ (paste), atau kamu juga bisa menggunakan cara ini, klik garis, kemudian klik kanan mouse kemudian pilih copy, lalu klik paste di luar table.

ubah rotasi format – Kompirasi.com

8. Setelah kita sudah berhasil meng copy akses garis y yang saya katakan tadi, selanjutnya kita rubah rotasi format menjadi 90 derajat, caranya klik format kemudian dibagian rotate kamu pilih rotate left 90 derajat. Nah sekarang kita sudah berhasil membuat y dan x aksesnya.

bua text box – Kompirasi.com

9 Selanjutnya kita buat penanda sumbu x dan y nya, dengan cara membuat text box, klik insert kemudian pilih text box, dibagian bult in pilih simple text box.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010
sumbu x – Kompirasi.com

10. Untuk bagian text box, kamu buat di dalam teks nya X dan arahkan text box di bagian bawah tanda panah. Kalau sudah kamu buat lagi text boxnya untuk sumbu y, atau juga bisa copy text box yang sudah kita buat tadi.

sumbu x dan y sudah jadi – Kompirasi.com

11. Nah sekarang kan sumbu x dan y nya sudah jadi, kamu bisa kasih label, misalnya dari mulai 0 sampai 6, di dalam kolom tabel.

diagram kartesius word – Kompirasi.com

12. Setelah diagram kartesiusnya sudah jadi, dan kita sudah memasukan nilai label, seperti gambar saya diatas, sekarang kamu bisa mengisi nilai-nilai tugas pelajaran kamu.

nilai shapes – Kompirasi.com

13. Untuk memasukan nilai kedalam diagram Kartesiusnya kamu tinggal klik shapes, kemudian pilih shapes oval, kemudian kamu tinggal letakan shapes oval tersebut di kolom tabel, dan kamu tinggal sesuaikan saja nilai-nilainya, contohnya seperti gambar diatas.

Akhir Kata

Nah setelah kamu sudah tahu cara membuat diagram Kartesius dari saya, bagaimana menurut kamu? sangat mudah bukan buat diagram kartesius sederhana di ms word? semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu ya sobat kompi.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Hanya Pencinta Senja" (Arif Wibowo)