Cara Membuat Forum di Blog untuk Diskusi Online

Pada kesempatan kali ini, cara membuat forum di blog akan diulas dengan detil agar Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Sebelum kita membahas lebih jauh, sebenarnya apa saja hal-hal yang harus dimengerti terkait forum diskusi diblog?

Diantara yang peting untuk diketahui ialah mengenai apa itu membuat forum di blog, tujuan dibuatnya forum di blog dan langkah caranya.

Apa Itu Membuat Forum di Blog?

Ketika seseorang hendak melakukan cara membuat forum di blog, tentu harus tahu lebih dulu terkait pengertian membuat forum di blog. Apakah Anda termasuk orang yang belum mengerti tentang istilah forum? Jika belum maka Anda perlu menyimak dengan teliti.

Forum diskusi di blog merupakan papan pesan yang dibuat di blog dengan suatu maksud dan tujuan tertentu. Pada intinya, tujuan dari pembuatan forum di blog sudah pasti yakni untuk memungkinkan adanya interaksi antar penulis dan pembaca.

Mungkin dengan penjelasan tersebut sudah bisa Anda pahami terkait membuat forum di blog. Namun demikian, saat Anda membuat forum diskusi di blog maka orang yang ingin merespon atau memberi tanggapan harus mendaftar terlebih dahulu.

Saat orang yang hendak mengirim pesan sudah mendaftar, maka Anda bisa menyetujuinya agar seseorang tersebut bisa mengirim pesan. Cara berinteraksi yang dilakukan yakni dengan saling mengirim pesan balasan.

Tujuan Membuat Forum Diskusi di Blog

Saat seseorang melakukan cara membuat forum di blog, tentu ada maksud dan tujuan dari pembuatan forum diskusi tersebut. Dan seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembuatan forum diskusi online di blog adalah untuk membahas suatu topik.

Yang diharapkan dari forum diskusi di blog adalah adanya interaksi antara pembuat blog dan pengunjungnya. Hal ini bisa saja dengan tujuan untuk mengulas topik tertentu dari banyak sudut pandang, maupun tujuan lainnya.

Tidak jarang pula para blogger membuat forum diskusi hanya untuk interaksi santai tanpa adanya pembahasan yang serius. Hal ini bertujuan agar pemilik blog dan pembacanya dapat berinteraksi saja.

Jika Anda juga hendak membuat forum diskusi, maka ikuti beberapa langkah yang akan dibahas pada poin berikutnya di bawah ini.

Cara Membuat Forum di Blog dengan Mudah

Sebagai seorang blogger, tentu ada kalanya Anda harus membuat forum diskusi entah dengan tujuan apapun itu. Bagi yang belum pernah melakukannya, cara membuat froum diskusi di blog memang terasa sulit.

Terlebih jika Anda merupakan blogger pemula, tentu Anda masih harus banyak belajar terkait apa saja yang harus bisa dilakukan oleh seorang blogger dalam mengelola blognya, termasuk membuat forum diskusi di blog yang telah dikelola.

Untuk itu, mencari tutorial cara membuat forum pada blog yang Anda miliki seperti yang saat ini sedang Anda lakukan adalah solusi yang sangat tepat. Dengan begini, Anda akan mendapat bantuan untuk bisa mengikuti langkah-langkahnya.

Sebenarnya, cara membuat forum di blog bisa dilakukan dengan sangat mudah, Anda hanya perlu membuat halaman statis berupa “grup diskusi” atau “forum diskusi”.

Dengan membuat dua halaman tersebut, maka memungkinkan untuk bisa dilakukan diskusi melalui kolom komentar. Contohnya saja seperti halaman konsultasi. Dan berikut merupakan cara yang bisa Anda ikuti.

  1. Halaman Statis atau Halaman Khusus

Untuk membuat halaman statis, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Klik Halaman
  • Pilih New Page
  • Isilah kolom judul seperti contohnya yakni “forum diskusi”
  • Isi konten sesuai tujuan Anda membuat forum diskusi. Contohnya ialah “Halaman berikut dibuat untuk mendiskusikan…..”
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan kolom komentar

Jika kelima langkah tersebut Anda lakukan, maka cara membuat forum di blog telah berhasil. Selanjutnya, pasang link ke halaman diskusi tersebut di navigasi menu, sidebar maupun footer sehingga memungkinkan pengunjung untuk bisa membukanya.

  1. Membuat Google Group
✔️  2 Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat google group. Caranya yakni dengan membuat group diskusi di forum google yang selanjutnya bisa Anda pasang di blog.

Mengenai cara membuat forum di blog dengan google group bisa dilakukan dengan sangat mudah yakni memulai untuk membuka Google Group. Jika sudah, klik Create Group untuk menyelesaikan membuat forum diskusi.

Perbedaan Membuat Forum di Blogspot dan WordPress

Setelah mengetahui cara membuat forum diskusi di blog, Anda perlu tahu hal penting mengenai pembuatan forum di blog. Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk bisa membuat blog yakni dengan menggunakan wordpress.

Blogspot dan wordpress memang dua situs yang berbeda. Dengan begitu maka cara membuat forum di blog dari keduanya juga berbeda. Untuk itu, akan dijelasakn satu persatu mengenai perbedaannya.

  1. Cara Mendesain Forum di Blogspot

Meskipun sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara membuat forum untuk blog Anda, pada poin kali ini juga akan dijelaskan cara membuat forum dengan versi yang berbeda yakni dengan menggunakan blogspot agar Anda lebih tahu bedanya dengan wordpress.

Seperti penjelasan seblumnya pula, untuk membuat group diskusi di blogspot bisa dilakukan dengan mengunjungi goggle groups dan kemudian Anda akan diarahkan untuk memilih “buat group”.

Jika berhasil, Anda diharuskan mengisis formulir online dengan format nama forum, email, deskripsi bahasa utama forum, dan jenis forum. Dengan mengisi data tersebut, ini sebagai cara membuat forum di blog.

Jika sudah, Anda bisa klik tombol “buat” dan tampilan forum group akan muncul. Hal ini tentu berbeda dengan cara membuat forum blog saat di wordpress.

  1. Cara Membuat Forum di WordPress

Selain membuat forum gorup diskusi di blogspot, Anda juga bisa membuat forum diskusi di wordpress. Memang untuk membuatnya dibutuhkan ketelatenan yang lebih dibandingkan dengan membuat forum di blogspot.

Hal ini karena cara membuat forum diskusi di wordpress lebih rumit. Anda juga perlu menginstal plugin dari sumber lain terlebih dahulu untuk membuat forum di blog wordpress.

Plugin merupakan salah satu fitur wordpress yang harus Anda ketahui sebagai blogger. Fitur ini akan memungkinkan bagi pemilik blog untuk melakukan kustomisasi tanpa batas seperti contohnya membuat frum diskusi. Dan beberapa cara membuat forum di blog wordpress yakni sebagai berikut:

  • Buka Dashboard wordPress
  • Klik Plugins
  • Pilih “Add New”
  • Ketik bbPress pada kolom pencarian plugin
  • Lakukan Install plugin
  • Terakhir, aktifkan plugin

Jika sudah, maka Anda bisa melanjutkan dengan beberapa langkah berikut.

  • Klik Forum
  • Pilih “New Forum”
  • Berikan judul forum sesuai forum apa yag Anda buat
  • Masukkan deskripsi dari forum seperti “forum ini dibuat untuk mendapatkan respon dari pembaca mengenai…”
  • Klik “Publish”

Setelah kelima langkah di atas sudah dilakukan, maka cara membuat forum di blog harus dilanjutkan dengan membuat halaman baru di wordpress Anda untuk menampilkan forum diskusi tersebut.

  • Berikan judul page dengan nama Forum
  • Tempel kode [bbp-forum-index] pada halaman tersebut
  • Appearance dan pilih Menu
  • Tambahkan halaman baru ke menu navigasi
  • Klik halaman baru untuk menampilkan indeks forum Anda

Melihat beberapa urutan langkah di atas. Tentu ini bisa menjadi panduan yang sangat mudah untuk Anda ikuti sebagai cara membuat forum di blog baik melalui blogspot mauapun wordpress.

 

Leave a Comment