Cara Membuat Iklan Popup di Blog Sederhana

Cara membuat iklan Popup di Blog saat ini sangat sederhana dan mudah. Bahkan, Anda tidak perlu waktu lama untuk melakukannya.

Iklan Popup ini bisa dilakukan di WordPress atau Blogger. Informasi kali ini akan membahas beberapa cara buat iklan Popup.

Mengenal Cara Membuat Iklan Popup di Blog

Cara termudah untuk menampilkan Popup adalah dengan menggunakan plugin WordPress. Ada banyak sekali pilihan untuk buat popup plugin yang bisa digunakan.

Anda menggunakan Plugin Popup CM sebagai contoh karena pengaturannya paling mudah. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait buat iklan Popup, antara lain:

  1. Install ke Akun WordPress

Langkah pertama, Anda bisa masuk ke dashboard WordPress terlebih dahulu. Lalu bisa login ke akun wordpress.

  1. Download Plugin CM Popup

Cara membuat iklan Popup di Blog berikutnya, yaitu install plugin CM Popup. Jika dilihat dari dashboard, maka bisa memilih menu Plugin.

Kemudian, bisa klik  Add New. Setelah itu, di kolom pencarian, maka bisa mengetik CM Popup. Lalu, bisa langsung klik Install Now.

Selanjutnya proses install berhasil, maka klik Activate. Nantinya, akan muncul menu CM Popup yang ada di dashboard WordPress.

  1. Buat Popup

Cara membuat iklan Popup di Blog berikutnya, yaitu masuk ke menu CM Popup Banners for WordPress. Kemudian, bisa langsung klik Add New Campaign.

  1. Isi Judul dan Konten

Selanjutnya, Anda bisa masuk ke halaman editor New Campaign. Saat isi judul campaign untuk popup, contohnya Promo 12.12

Sementara itu, pada bagian konten Anda bisa menggunakan video atau image sesuai tujuan popup. Contohnya saja, bila Anda ingin menampilkan promo yang terbaru.

Cara membuat iklan Popup di Blog selanjutnya, Anda bisa memilih gambar yang bisa langsung menarik perhatian para pengunjung. Tidak lupa, untuk menambah keterangan pendukung jika dibutuhkan pada bagian bawah gambar.

  1. Lakukan Konfigurasi Popup

Jika konten popup telah siap, Anda perlu mengkonfirmasi di bagian Campaign-Option. Setelah itu, Anda bisa mengatur tampilan popup sampai menentukan kapan popup muncul.

Pada menu tersebut, sudah ada beberapa kolom konfigurasi yang perlu diisi. Adapun kolom konfigurasi yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Type, memilih tipe popup yang diinginkan sebagai langkah paling awal.
  • Disable Campaign, menu untuk menampilkan popup di website.
  • Width and Height, menentukan lebar dan tinggi popup yang akan digunakan, contoh 400px dan 600px.
  • Background Color, mengisi warna latar Popup yang dimunculkan pada kode warna hexadecimal.
  • Shape, menentukan bentuk popup yang diinginkan, contoh runcing atau bulat.
  • Underlay Type, ada 3 jenis yakni light, dark, serta no underlay. Hal ini bertujuan untuk menambah kesan artistik.
  • Hide Devices with Width Less Than, berguna untuk menentukan ukuran minimal layar device yang tidak muncul Popup.
  • Show on Every Page, menampilkan popup di halaman tertentu atau di setiap halaman. Jika Anda sudah selesai melakukan konfigurasi, maka bisa klik Publish.

Cara membuat iklan Popup Blog di WordPress yang Efektif

Cara membuat iklan Popup di Blog WordPress memang mudah. Agar hasilnya sesuai tujuan, Anda bisa perhatikan beberapa hal ini:

  1. Gunakan Exit Popup

Pertama, Anda tidak boleh membuat pengunjung kesal dengan popup yang banyak muncul. Salah satu caranya, bisa menggunakan Exit Popup.

Popup jenis ini muncul hanya saat pengunjung meninggalkan halaman yang ada di website. Exit Popup bisa digunakan untuk menjaga user experience.

Hal ini tentunya agar tetap baik selama pengunjung datang ke website. Jadi popup tidak akan mudah muncul saat pengunjung baca konten.

  1. Atur Popup menjadi Mobile Friendly

Cara membuat iklan Popup di Blog yang terlalu besar alangkah baiknya dihindari. Meskipun akan langsung menarik perhatian, namun menyulitkan pengguna perangkat mobile dan kurang estetis.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan desain dan mengatur ukuran popup yang mobile friendly. Hal ini dilakukan agar menampilkannya di perangkat mobile.

  1. Buat Popup Mudah Ditutup
✔️  Cara Login Admin Wifi Indihome Huawei 2022

Apabila Anda menemukan popup yang tidak bisa ditutup, pasti akan membuat kesal. Oleh karena itu, penting sekali melengkapi dan mengatur ukuran popup dengan tombol close.

Jadi, apabila Anda dan pengunjung tidak menginginkannya, maka bisa lebih mudah menutup popup. Memang popup biasanya akan muncul berkali-kali dan membuat pengunjung website merasa tidak nyaman.

Namun, sebagai Cara membuat iklan Popup di Blog yang mudah, Anda dapat mengatur durasi jeda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan setelah pengunjung menutup Popup.

Kemudian, Anda bisa menentukan berapa banyak popup yang ditampilkan dalam sebuah halaman.  Dengan begini, popup Anda tidak akan menjadi spam.

Alasan Menampilkan Popup di WordPress

Jika Anda sudah Cara membuat iklan Popup di Blog di WordPress maka akan mendapatkan beberapa manfaat. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui, antara lain:

  1. Tingkatkan Conversion Rate

Popup ternyata juga bisa meningkatkan conversion rate. Bahkan, diketahui riset terakhir telah menunjukkan peningkatan sampai 600%.

Hal ini terjadi karena pengunjung yang berlama-lama melihat halaman produk. Pengunjung tersebut bisa menimbang produk yang akan dibeli.

Jadi bila Anda tiba-tiba menampilkan Popup informasi diskon terbatas maka pengunjung akan berminat membeli.

  1. Tingkatkan Leads

Popup juga lebih efektif untuk meningkatkan Leds, tidak hanya meningkatkan conversion. Jadi Anda bisa menerima calon konsumen potensial.

Salah satunya, Anda bisa membagikan gratisan atau freebies. Namun, untuk bentuk produknya, harus sesuai dengan jenis bisnis milik Anda.

Jadi agar Anda bisa memperoleh produk gratis, maka harus meminta pengunjung mengisikan data diri atau email. Hal ini dilakukan untuk mengirimkan barang gratis yang telah dijanjikan sebelumnya.

Jadi pada akhirnya, Anda juga bisa menggunakan data yang untuk meningkatkan leads kembali. Misalnya saja, email Anda dapat langsung menginformasikan beberapa produk yang paling terbaru.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kupon untuk menarik produk agar dibeli. Dengan begini Cara membuat iklan Popup di Blog akan tampak manfaatnya.

  1. Ajang Promosi

Untuk ajang promosi Anda juga bisa menggunakan Popup. Mulai dari event, promosi produk, sampai diskon.

Jadi Anda jangan sampai ketinggalan dengan event yang diselenggarakan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Cara membuat iklan Popup di Blog  pada halaman website paling depan.

Dengan cara ini, informasi event akan langsung diketahui, apalagi setiap kali pengunjung masuk ke website Anda. Hal ini tentunya bisa menjadi cara paling mudah untuk menampilkan promo ketimbang menambahkan desain di website.

Misalnya saja, promosi event dari beberapa marketplace bisa menggunakan Popup. Anda juga bisa menggunakan untuk promosi diskon, misalnya campaign promo yang akan diketahui pengunjung.

Anda hanya perlu menampilkan informasi utama pada popup tersebut. Cara membuat iklan Popup di Blog yang mudah akan mengantarkan pengunjung ke halaman penawaran diskon.

Pentingnya Menambahkan Popup di Website WordPress

Anda memang harus mengatur dan menginstal plugin popup di website WordPress sesuai kebutuhan. Jadi Anda bisa memanfaatkan popup WordPress untuk mendapatkan manfaatnya.

Mulai dari menggunakannya sebagai sarana promosi. Selain itu, Anda bisa mendapatkan kemudahan menjaring leads, sampai meningkatkan penjualan.

Apalagi, semua ini bisa langsung Anda dapatkan dengan plugin gratis. Jadi Cara membuat iklan Popup di Blog bisa Anda ikuti seperti langkah-langkah di atas.

Leave a Comment