Cara Membuat Live Chat di WordPress Terbaru 2021

Cara Membuat Live Chat di WordPress Terbaru 2021 (Panduan Lengkap)
Cara Membuat Live Chat di WordPress

Cara Membuat Live Chat di WordPress – Bagi website penjualan atau website perusahaan besar atau kecil sangat diwajibkan menggunakan live chat, apalagi kamu menggunakan website ber platform wordpress. Dengan menggunakan live chat di website yang kamu kelola, client atau pelanggan akan sangat mudah bertanya tentang apa saja produk-produk yang kamu sediakan kepada mereka, tidak hanya itu live chat juga dapat membantu pengujung untuk berkomunikasi layaknya mengobrol seperti di sosial media seperti facebook dan whatsapp.

Pada saat ini sudah banyak web perusahaan besar dan kecil menggunakan fitur live chat pada website wordpress mereka, untuk memasang live chat di wordpress sangatlkah mudah ini dikarenakan sudah banyak tersedia plugin live chat gratis yang dapat membantu perusahaan berskala besar dan kecil yang bertujuan untuk saling berkomunikasi antara pelanggan dengan pengelola web tersebut.

Nah dan dikesempatan kali ini kami ingin membahas cara membua live chat di wordpress, seperti yang sudah saya sebutkan tadi, untuk bisa memasang live chat di wordpress kita membutuhkan sebuah plugin live chat, di sini kami merekomendasikan plugin live chat yang bernama Tawk.To Live Chat, dan untuk panduan cara konfigurasi plugin Tawk.To Live Chat kamu bisa melihat tutorialnya dibawah ini.

Cara Membuat Live Chat di WordPress

1. Install Plugin Tawk.To Live Chat

Tawk.To Live Chat
Tawk.To Live Chat

Langkah pertama untuk membuat fitur live chat di wordpress, kamu harus menginstal plugin Tawk.To Live Chat di wordpress, kalau kamu tidak mau capek-capek menginstal plugin Tawk.To Live Chat melalui menu plugi, kamu bisa mendownload plugin Tawk.To Live Chat Chat nya disini

Download: Tawk.To Live Chat

Panduan: Cara Konfigurasi Plugin Tawk.To Live Chat Di WordPress

1. Masuk Ke Menu Plugin Settings Tawk.to

account%2Bsetting

Setelah anda mendownload dan menginstall plugin tawk.to live chat kamu masuk ke bagian setting, kemudian kamu akan diminta untuk membuat akun tawk.to di bagian menu Account Settings, di bagian don’t have a tawk to account? go to tawk.to and create one kamu kelik menu href tawk to yang dimana menu href tersebut untuk mendaftar akun tawk to.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Web Push Notification Gratis Dengan Webpushr Di WordPress

2. Buat Akun Tawk.to

register

Di bagian Create A Completely free account kamu isikan nama, email dan password kamu, yang nantinya kita gunakan untuk login di pengaturan plugin wordpress tawk.to live chat kalau sudah kamu isi langkah selanjutnya klik signup for free.

3. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Di bagian menu pilihan bahasa kamu pilih bahasa indonesia, dan kemudian klik Berikutnya: Buat Properti Baru

4. Property Details

Property Details

Di bagian menu property details kamu isinkan nama website, url website, dan nama widget kalau sudah kamu isi langkah selanjutnya klik Berikutnya: Anggota Tim.

5. Anggota Tim

Anggota Tim

Di bagian menu anggota team kamu bisa mengundang seluruh rekan kerja dan kamu juga bisa menentukan level akses seluruh team kamu dengan seorang mudah apakah seorang admin atau seorang agen yang hanya bisa menjawab chatting dan tiket, kalau sudah langkah selanjutnya klik Berikutnya: Pasang Widget

6. Pasang Widget tawk.to Live Chat

Pasang Widget tawk.to Live Chat

Di bagian pasang widget nantinya tawk.to akan memberikan kode skrip live chat kepada kamu, atau juga kamu bisa menggunakan plugin tawk.to karena kita tadi sudah menginstal plugin tawk.to chat maka kode skrip yang diberikan tawk.to tidak usah kita gunakan, namun kalau kamu mau manual memasang kode skrip tawk.to chat kamu bisa mengcopy code skrip tersebut dan memasukan kode tersebut sebelum tag </body>.

7. Login Akun tawk.to Di Penggaturan Plugin

Login Akun tawk.to Di Penggaturan Plugin

Setelah kita berhasil membuat akun tawk.to langkah selanjutnya kita login di menu tawk.to plugin settings. Kamu masukan email dan password yang tadi sudah kamu daftarkan di situs tawk.to kemudian klik Sign In

Artikel Lainnya: Cara Memasang DMCA Protection Di WordPress

2. Pilih Property & Chose Widget

Pilih Property & Chose Widget

Di bagian select property kamu pilih property yang sudah kamu buat tadi, dan untuk widget kamu pilih nama widge yang sudah kamu buat di menu dashboard setup tawk.to dan kemudian klik use selected widget. Dan untuk pengaturan lainya biarkan saja secara default, dan sekarang kamu sudah berhasil memasang fitur live chat di wordpress kamu.

Cara Setting Widget Tawk.to Live Chat

Cara Setting Widget Tawk.to Live Chat

Untuk settingan lebih lanjut widget tawk.to live chat kamu masuk saja ke dashboard member live chat, kemudian nanti kamu akan menemukan notifikasi cek fitur terbaru menghapus merek pada pusat informasi kemudian klik notifikasi tersebut.

Ikhtisar

Nah di bagian menu pengaturan widget ini, kamu bisa custom tampilan widget tawk.to live chat sesui minat kamu. dan langkah terakhir reload website kamu dan nantinya di home page widget tawk.to live chat akan muncul, contohnya seperti ini.

Tawk.to Live chat

nah segitu saja panduan Cara Membuat Live Chat di WordPress, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu ya…, sekian dan terimakasih

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)