Cara Membuat Menu Dropdown di Blog Agar Terlihat Profesional

Cara membuat menu dropdown di blog sebenarnya masih sangat berkaitan dengan fungsi menu tersebut sebagai navigasi pengunjung. Sehingga wajib dimiliki oleh sebuah blog yang prefesional.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas secara detil mengenai cara membuat menu dropdown yang tepat di blog wordpress.

Cara Membuat Menu Dropdown di Blog WordPress

Pada dasarnya, untuk membuat menu dropdown di blog wordpress bisa dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur bawaan dari wordpress yang telah disediakan.

Sehingga, hal ini akan semakin memudahkan Anda karena semua menu yang sudah dibuat akan tetap sama meski sudah diganti tema atau meskipun Anda sudah menginstal plugin baru.

Pada penjelasan langakah berikut ini merupakan cara membuat menu secara manual di blog wordpress yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  1. Buatlah halaman yang akan digunakan sebagai menu terlebih dahulu dengan melalui Pages
  2. Selanjutnya yakni pilih Add New di dashboard wordpress pada layar PC Anda
  3. Jika halaman sudah muncul maka Anda akan bisa langsung melakukan langkah selanjutnya sebagai cara membuat menu dropdown di blog wordpress
  4. Pilih Appearance untuk memulai bembuat menu
  5. Lanjutkan dengan memilih Menus dari dashboard blog wordpress Anda
  6. Jika sudah muncul Menu structure lakukan sesuai arahan
  7. Beri nama menu pada kolom Menu Name
  8. Klik Create Menu
  9. Pilih halaman yang akan ditambahkan pada menu wordpress di area Add menu
  10. Pilih Add to Menu sebagai langkah selanjutnya
  11. Klik Save Menu.

Lakukan setiap langkahnya dengan tepat tanpa ada satu langkahpun yang tertinggal. Dan perlu Anda tahu bahwa item yang didukung untuk membuat menu meliputi halaman, postingan, dan juga kategori.

Jika Anda sudah berhasil melakukan langkah cara membuat menu dropdown di blog, selanjutnya akan dibahas juga mengenai cara membuat sub menu di blog wordpress.

Cara Membuat Sub Menu di Blog WordPress

Setelah membuat menu dropdow di blog wordpress. Selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mebuat sub menunya. Sub menu yang Anda buat nantinya akan ditampilkan di bawah menu utama.

Jika pada bagian sebelumnya dijelaskan mengenai cara membuat menu dropdown di blog, maka kali ini akan dituliskan langkah-langkah membuat submenu di blog wordpress yakni sebagai berikut.

  1. Buka halaman menu yang sama
  2. Ceklis halaman yang nantinya akan dijadikan sub-menu
  3. Pilih Add to Menu
  4. Atur posisi

Pada tahap ini, Anda bisa mengatur posisinya supaya menjadi sub-menu dengan cara memindahkan sub-menu ke bawah menu utama

  1. Klik Save Menu

Jika Anda melakukan semua langkah dengan benar, maka sub menu akan berhasil dibuat. Dan sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa tingkatan menu yang dapat dibuat di bawah menu utama setelah melakukan cara membuat menu dropdown di blog.

Dan untuk pembahasan selanjutnya akan diarahkan pada langkah cara membuat sub menu namun dengan menggunakan plugin.

Cara Membuat Sub Menu di Blog WordPress Menggunakan Plugin

Ada banyak pilihan plugin menu wordpress yang mungkin akan cocok bagi Anda. Namun kali ini akan diberikan langkah-langkah membuat sub menu di blog wordpress dengan max mega menu.

Jika pada poin sebelumnya dicantumkan cara membuat menu dropdown di blog dengan menggunakan fitur wordpress itu sendiri, amka selanjutnya akan dijelasakan pula cara membuat sub menu dengan menggunakan plugin dengan urutan langkah sebagai berikut.

  1. Instal plugin kemudian aktifkan
  2. Buka Mega Menu pada dashboard blog wordpress
  3. Lihat pada Menu Locations
  4. Klik menu utama kemudian centang kotak untuk mengaktifkan fungsi drop-down
  5. Pilih event yang memicu sub-menu, animasi menu drop-down di desktop juga mobile yang nantinya dilanjutkan dengan pilih Save Changes
  6. Buka Menu Themes untuk mengubah gaya, animasi, maupun ukuran menu
  7. Opsi Select theme to edit harus sudah dipilih ke menu utama agar proses berhasil
  8. Buka Appearance
  9. Pilih Menus
  10. Tambahkan item ke menu utama dengan fungsi Max Mega Menu aktif
  11. Lakukan klik Save Menu untuk langkah terakhirnya
✔️  2 Cara Mengganti Nama Folder User Di Windows 10

Setelah beberapa langkah cara membuat menu dan sub menu, kurang lengkap rasanya jika pembahasan diakhiri tanpa mencantumkan tips membuat menu yang baik. Untuk itu, teruskan sedikit saja untuk membaca tips di bawah ini.

Tips Membuat Menu yang Efektif dan Blog WordPress

Setelah membahas mengenai cara membuat menu dropdown di blog maupun sub menunya, selanjutnya penting pula dibahas terkait bagaimana tips membuat menu yang efektif di blog wordpress Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam membuat menu di blog wordpress Anda adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Visual Menarik

Visual menarik memang menjadi salah satu hal yang paling menentukan efektifitas dari menu yang dibuat. Untuk itu, gunakanlah visual yang menarik untuk meningkatkan efektivutas menu yang telah dibuat.

  1. Menambahkan Custom CSS

Penambahan custom CSS adalah tidak lain untuk mengatur gaya menu supaya lebih sesuai dengan keinginan pengelola blog.

Untuk cara nya yakni klik Appearance, pilih Customize pada dashboard blog WordPress, tambahkan kode dengan menggunakan fitur Additional CSS. Beberapa yang bisa Anda lakukan yakni seperti mengubah warna menu pada blog wordpress Anda.

Gunakan juga tool inspect element di browser dan Anda akan menemukan selector CSS #ID tema Anda. tips berikut akan sangat melengkapi langkah cara membuat menu dropdown di blog yang efektif dan interaktif.

  1. Membuat Menu Dropdown MultiLevel

Aktifkan fungsi drop-down multi-level dengan cara meletakkan sub-menu di bawah menu utama atau halaman top-level, sehingga secara otomatis akan membuat strukturnya tersusun.

Perlu Anda tahu juga bahwa menu utama dapat menaungi beberapa sub-menu. Meski begitu, pastikan untuk tidak memasukkan lebih dari tujuh sub-menu pada setiap menu utama. Hal ini akan membuat navigasi website WordPress Anda tidak terganggu.

  1. Menu Mega Dropdown

Mega dropdown memungkinkan Anda untuk membuat submenu dengan jumlah yang banyak namun tampilannya akan tetap rapi. Dan memang mega menu ini biasanya berisi lebih banyak link menu jika dibandingkan dengan dropdown standar.

Dengan menggunakan mega dropdown, ini akan mendukung cara membuat menu dropdown di blog yang lebih efektif. Namun begitu, Anda harus membuat custom mega menu menggunakan plugin.

Beberapa plugin populer di wordpress yang bisa Anda gunakan ialah WP Mega Menu, Hero Mega Menu dan Max Mega Menu. Jadi pastikan untuk memilih salah satu plugin yang bagus dalam membuat mega dropdown di blog wordpress yang Anda kelola.

  1. Memanfaatkan Live Preview

Untuk bisa memanfaatkan live previuew, Anda bisa pilih Manage with Live Preview pada bagian atas halaman saat Anda membutuhkan referensi visual jika ingin mengubah lokasi menu.

Selain itu, Mode live preview juga akan sangat membantu ketika Anda mengalami kesulitan dalam membuat menu drop-down multi-level. Semua perubahan dengan WordPress customizer akan ditampilkan secara langsung jika Anda menggunakan mode yang satu ini.

 

Membuat dropdown menu di blog memang mungkin terasa sulit bagi blogger yang masih pemula. Namun dengan melihat tutorial cara membuat menu dropdown di blog seperti ini akan bisa ditiru dengan mudah.

 

Leave a Comment