Cara Membuat Menu Dropdown di Blog Agar Lebih Efisien

Pada artikel ini, kami akan membahas informasi tentang cara membuat menu dropdown guna memudahkan para pengunjung dan agar lebih efisien dalam  menjelajah website. Ketika tidak menggunakan dropdown, maka menu hanya akan muncul berupa satu pilihan menu saja.

Sementara dropdown ini menjadikan navigasi web mampu menampilkan lebih dari satu menu atau pilihan. Itu bisa tampil ke bawah, atas, menyebar, menyamping, dan lain sebagainya. Tim pengembang atau bahkan Anda sendiri bisa menyesuaikannya sendiri.

Simak pembahasan di bawah ini jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat menu dropdown di Blog maupun beberapa penjelasan lain mengenai menu dropdown!

Apa Itu Menu Dropdown di Blog

Menu dropdown adalah salah satu komponen yang berguna untuk menampilkan beberapa pilihan guna memudahkan pengunjung menjelajahi isi web atau menemukan suatu informasi.

Pada awalnya, menu hanya akan menampilkan satu pilihan, termasuk File, View, atau Edit. Namun, penggunaan dropdown yang menjadikan menu tersebut menampilkan beberapa pilihan lain setelah diklik dan Anda bisa memilih salah satu di antaranya.

Oleh karena itu, blogger setidaknya harus memahami apa pengertian hingga cara membuat menu dropdown di Blog agar lebih banyak dikunjungi orang terlebih jika blog memberikan banyak konten menarik.

Anda bisa menggunakan atau memilih suatu hal dalam menu hanya menggunakan keyboard. Caranya adalah tekan Tab hingga muncul opsi naik dan turun.

Setelah dipilih, maka Anda sudah bisa menggunakan tombol panah atas dan bawah untuk menelusuri opsi yang disediakan. Kemudian, klik Tab kembali untuk berpindah ke item berikutnya atau tekan Enter.  Sementara untuk menutupnya, klik tombol Esc.

Menu yang Harus Ada di Blog

Ketika membuat sebuah blog, ada banyak sekali orang yang masih merasa bingung. Tidak hanya berkaitan dengan konten, tetapi navigasi pada situs juga menjadi salah satu fokus utama bagi seorang blogger selain cara membuat menu dropdown di Blog.

Ini dikarenakan navigasi yang rapi dan tertata akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi terkait dengan mudah. Lantas, apa saja menu yang harus ada di dalam blog? Inilah beberapa di antaranya, yaitu:

1.      About

Sebuah menu atau halaman yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan siapa itu sang penulis maupun apa saja mengenai tujuan blog tersebut. Beberapa informasi yang bisa Anda cantumkan adalah  nama, keahlian, alasan menulis blog, tentang blog, testimoni, portofolio, dan lain sebagainya.

2.      Daftar Isi

Bagian daftar isi bisa membantu Anda untuk merapikan konten sesuai urutan dan membantu pengunjung agar lebih mudah menemukan informasi yang diinginkan. Keberadaannya juga berguna untuk memberikan gambaran mengenai apa pokok pembahasan dalam suatu konten atau blog.

Sembari memahami apa itu daftar isi, sebaiknya Anda juga mempelajari cara membuat menu dropdown di Blog untuk memudahkan para pengunjung.

3.      Contact

Selain daftar isi dan about, Anda juga perlu menyertakan halaman kontak untuk memudahkan pengunjung jika ingin menghubungi penulis atau pemilik tanpa harus stalking media soaial terlebih dahulu.

Beberapa kontak yang bisa Anda cantumkan termasuk nomor HP, media sosial, nama toko, dan lain sebagainya. Adapun sejumlah plugin form kontak yang bisa Anda pakai, seperti WP Form, Contact Form 7, Ninja Forms, Gravoty Forms, dan Formidable Form.

Namun, jangan sampai sia-siakan halaman ini dengan tidak pernah menjawab pesan masuk karena itu  juga bisa menurunkan kualitas blog. Oleh karenanya siapkan sedikit tenaga untuk dedikasi  menjawab semua pesan tersebut selain memahami cara membuat menu dropdown di Blog.

4.      Tools

Sebuah blog juga dilengkapi oleh beberapa tools yang mempunyai banyak fungsi. Adapun beberapa blogger yang juga menyelipkan link afiliasi pada halaman tools. Jika diperlukan, menu ini mencakup privasy policy dan term of service.

Jenis Menu yang Perlu Anda Pahami

Setelah memahami menu atau halaman apa saja yang ada di dalam blog, kini Anda perlu mengetahui jenis-jenis menunya. Ini mengacu pada model tampilan dari menu tersebut. Berikut adalah pembahasannya sebelum masuk pada poin cara membuat menu dropdown di Blog, yaitu:

1.      Menu Cascading

Jenis menu yang muncul di bagian samping dari menu pokok dan bisa bersusun beberapa lapis atau tingkatan. Misal pada menu-menu di tombol Windows yang jika diklik akan muncul sejumlah pilihan lebih lanjut.

✔️  6 Cara Membuka Disk Management Di Windows 11

2.      Menu Directory

Jenis menu yang muncul saat Anda klik kanan satu, beberapa berkas, atau memilih sejumlah teks. Misal jika Anda klik kanan suatu file, maka akan muncul pilihan open untuk bisa membuka file tersebut, rename untuk mengganti nama, dan “delete” untuk menghapus file.

3.      Menu Pop Up

Pilihan menu yang muncul dalam bentuk pop up ketika Anda sedang melakukan aksi lain. Pop up sendiri banyak dipakai untuk menyampaikan konfirmasi mengenai tindakan yang Anda lakukan sebelumnya mengacu pada apakah benar akan dilakukan atau tidak.

Misal, saat akan menghapus suatu berkas, maka Anda biasanya disuguhkan menu pop up konfirmasi mengenai apakah benar akan menghapus atau tidak. Jika jawabannya ya atau yes, maka file akan segera terhapus.

4.      Menu Pull Down

Selain cara membuat menu dropdown di Blog, Anda perlu memahami bahwa ada pula jenis menu yang bernama pull down. Menu ini merupakan tambahan yang muncul di bagian bawah saat Anda menekan salah satu tombol di bagian menu utama.

Menu pull down pada umumnya saling berkaitan satu sama lain dengan menu utama. Contoh, jika Anda klik file pada sebagai aplikasi, maka akan muncul menu pull down dengan pilihan open untuk membuka file, save untuk menyimpan, close untuk menutup, dan lain sebagainya.

5.      Menu Utama

Menjadi menu yang selalu ada dan muncul di semua aplikasi atau blog. Pada umumnya, menu ini jika ditekan akan muncul menu lainnya dalam bentuk pull down. Contoh, pada aplikasi Microsoft Word, ada menu utama File, Edit, Insert, Layout yang jika ditekan akan muncul banyak pilihan menu lain.

Jenis menu ini akan sering ditemukan dalam cara membuat menu dropdown di Blog.

6.      Menu Tear Off

Maksud menu tear off adalah menu yang bisa dipindahkan ke tempat lain selama masih dalam layar tempat pertama kali ditampilkan. Biasanya, menu ini dipindahkan dari bagian atas jendela kiri, kanan, atau bawah jendela yang sama.

7.      Menu Moving Bar

Jenis menu moving bar memungkinkan pengguna bisa memilih opsi dengan menggerakkan bilah yang disorot di atasnya. Menu bar ini bisa dipindahkan dengan menggunakan mouse, tombol panah , tombol Tab pada keyboard.

Bagaimana Cara Membuat Menu Dropdown di Blog?

Kini telah sampai pada poin yang akan menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat menu dropdown di Blog. Ini perlu Anda pelajari dengan baik agar blog bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung tetap karena mereka merasa nyaman dan dimudahkan.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat menu dropdown di Blog, yaitu:

1.      Membuat Menu dengan File HTML

Cara membuat menu dropdown di Blog yang pertama adalah buat file HTML terlebih dahulu dengan menggunakan File Manager atau akses FTP dari perangkat desktop pakai FileZilla. Akses halaman direktori root dan masukkan file menu HTML yang masih kosong dan isikan ke dalam folder.

2.      Menambahkan Kode Menu HTML

Kemudian, buat kode menu menggunakan HTML, contoh main menu dan 4 sub elemen. Anda bisa menghubungkan beberapa sub menu tersebut ke halaman yang lain dengan mengubah URL pada atribut “href”.

Pada pembuatan menu dropdown, terdapat beberapa class berbeda yang perlu Anda pahami. Class tersebut digunakan untuk menerapkan sistem CSS (Cascading Style Sheets) yang berbeda pada setiap class. Anda nantinya akan menemukan class, seperti “mainmenu” dan “dropdown-child”

3.      Membuat CSS dan Efek Dropdown

Tahapan selanjutnya adalah tambahkan sentuhan CSS di dalamnya agar lebih menarik. Anda bisa menggabungkan kode HTML dan CSS di dalam file yang sama. Namun, untuk pengembangan lebih lanjut, Anda juga bisa memisahkan barus kode CSS ke dalam file lainnya.

Menu dropdown adalah salah satu jenis menu yang bertujuan untuk memudahkan para pengunjung agar lebih leluasa dalam menjelajah blog atau konten Anda. Jadi, jangan tunda untuk segera aplikasikan cara membuat menu dropdown di Blog di atas!

✔️  3 Cara Membuat Sticker WA Tanpa Aplikasi

 

Leave a Comment