Cara Membuat Performa Laptop Lama Menjadi Cepat Agar Tidak Ketinggalan Jaman

Cara Membuat Performa Laptop Lama Menjadi Cepat Agar Tidak Ketinggalan Jaman
Sumber Gambar: Pixabay.com

Memiliki laptop yang cepat dan bisa menjalankan aplikasi berukuran besar memang impian setiap orang, karena dengan menggunakan laptop yang mempunyai spesifikasi baik akan memudahkan penggunanya melakukan pekerjaan tanpa harus ada masalah atau kendala yang cukup berarti. 


Perangkat laptop hingga saat ini mengalami perkembangan yang pesat dan sistem yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi, Namun sistem yang canggih membuat harga laptop menjadi mahal.


Sebetulnya ada solusi terbaik untuk kamu yang ingin merasakan sistem yang hampir sama seperti laptop canggih saat ini tanpa harus membeli laptop baru dan cukup menggunakan laptop lama. Solusinya yaitu kamu cukup melakukan upgrade beberapa komponen penting pada laptop lama.


Melakukan upgrade komponen pada laptop lama tidak terlalu mahal dan tidak seperti halnya membeli laptop baru yang mengharuskan mengeluarkan kocek harga yang terbilang cukup mahal dibandigkan membeli beberapa komponen untuk melakukan upgrade.


Oleh karena itu dibandingkan harus membeli baru lebih baik kamu memperbaharui laptop lama yang kamu punya agar kemampuan sistemnya tidak tertinggal jaman dan mampu mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan laptop canggih sekarang, yaitu dapat menampung dan menjalankan aplikasi berukuran besar dengan lancar. 


Lalu apa saja komponen laptop yang perlu diupgrade atau diganti? lakukan upgrade atau mengganti komponen berikut ini untuk membuat perfoma kerja laptop lama seperti laptop baru.

1. Komponen Penyimpanan Internal Permanent Laptop

HDD Dan SSD

Komponen penyimpanan intermal permanent pada laptop lama masih menggunakan hardisk. Kamu bisa mengganti komponen penyimpanan internal laptop lama menjadi menggunakan Solite State Drive (SSD), yaitu jenis komponen penyimpanan internal yang memiliki performa lebih baik dan mempunyai kecepatan 200-550 MB/s.  


SSD juga memiliki performa baca/tulis yang tinggi guna mendukung komputasi yang memerlukan kemampuan multitugas. Sedangkan Hard disk biasanya memiliki performa yang lebih lambat dalam baca/tulis dibandingkan SSD. 
Hardisk (HDD) memerlukan waktu untuk mempercepat spesifikasi pengoperasian dan kecepatan hardisk 50-120 MB/s. Perbedaan ini membuat SSD bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk. 


Namun, harga SSD lebih mahal dibandingkan hardisk dan kapasitas SSD tidak sebesar hardisk. Berikut ini perbedaan antara SSD dan Hardisk.

Artikel Lainnya: 6 HP Smartphone GSM Terbaik dibawah 1,5 Juta
ssd dan hdd komponen

Beberapa laptop bisa menggunakan komponen SSD dan komponen hardisk secara bersamaan dalam satu laptop karena ada tempat yang tersedia untuk dipasang. 


Namun, jika laptop lama kamu tidak bisa menggunakan dua komponen secara bersamaan, saya sarankan kamu untuk menggunakan SSD menjadi komponen penyimpanan internal laptop utama dan hardisk yang kamu lepas bisa kamu gunakan kembali menjadi penyimpanan eksternal,  dengan begitu kamu mempunyai tempat penyimpanan data yang lebih banyak.

2. Komponen Penyimpanan Internal Non Permanent Laptop

ram laptop

Random Access Memory (RAM) merupakan komponen penyimpanan data internal pada laptop dan bersifat non-volatile (membutuhkan aliran listrik), artinya RAM hanya menyimpan data saat laptop sedang dijalankan.

Baca Juga : Jenis – jenis dan Cara Kerja RAM

Selain mempunyai fungsi utama sebagai penyimpanan data sementara, RAM juga dapat membaca data saat program atau file dijalankan untuk dapat ditampilkan pada layar monitor. RAM mempunyai kecepatan membaca data yang berbeda-beda tergantung dari berapa besar ukuran gigabyte yang dimiliki RAM.

RAM mendukung aktifitas multitasking yaitu merupakan suatu keadaan sistem yang dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan. Kondisi RAM saat multitasking akan dipenuhi oleh banyak data program aplikasi yang diproses oleh CPU secara bergantian. 

RAM sangat berperan dan berpengaruh dalam kinerja sistem laptop, oleh sebab itu diharuskan untuk meng-upgrade atau menambah kapasitas ukuran RAM laptop lama kamu agar bisa menampung data lebih banyak dan untuk menambah kinerja sitem laptop menjadi lebih cepat serta dapat melakukan multitasking dengan lancar. 

Aplikasi besar saat ini biasanya membutuhkan RAM berkapasitas minimal 8GB agar bisa dijalankan dengan lancar. jadi disarankan kamu menambah atau meng-upgrade RAM minimal hingga 8GB.

Penutup


Melakukan upgrade atau mengganti dua komponen penting pada laptop ini dapat membuat kinerja laptop lebih bagus dari sebelumnya dan bisa dibilang kinerjanya hampir setara dengan laptop canggih saat ini.

Jika kamu sudah upgrade atau mengganti kedua komponen ini disarankan untuk menginstal sistem operasi terbaru agar mendukung kinerja sistem.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)