Cara Membuat Tombol Share Whatsapp di Blog dengan Cepat

Cara membuat tombol share whatsapp di blog saat ini sangat cepat. Whatsapp merupakan salah satu layanan messenger paling besar di dunia, bahkan sudah ada lebih dari 2 juta pengguna.

Aplikasi ini didirikan oleh dua mantan karyawan Yahoo bernama Jan Koum dan Brian Acton. Setelah itu diakuisisi oleh Facebook Inc, pada tahun 2014.

Mengenal Cara Membuat Tombol Share Whatsapp di Blog

WhatsApp memang dikenal sebagai salah satu platform media sosial paling besar setelah YouTube dan Facebook. Menurut We Are Social, WhatsApp telah menunjukkan sebagai 15 platform media sosial teratas.

Selain itu, media sosial ini juga sebagai platform media sosial yang terbaik bagi para blogger. Apalagi yang ingin mendapatkan lalu traffic langsung.

Saat ini tombol share Whatsapp di blog sudah bisa Anda gunakan. Ada banyak sekali manfaat dari tombol share Whatsapp ini.

Manfaat Menggunakan Tombol Share WA di Blog

Ada berbagai macam manfaat dari tombol share Whatsapp yang dapat Anda gunakan di blog. Hal ini pasti mencakup lebih banyak pengunjung, keterlibatan tinggi dan masih banyak lagi. Adapun keuntungan utama yang bisa Anda gunakan di blog, antara lain:

  • Aplikasi Whatsapp ternyata bisa membantu Anda untuk membawa pengunjung langsung ke blog.
  • Besar kemungkinan pengunjung akan mengomentari posting blog Anda, apalagi jika berasal dari aplikasi Whatsapp.
  • Lebih cepat dan muda bagi pengunjung Anda untuk membagikan seluruh konten.
  • Sebagian besar orang menggunakan Whatsapp karena lebih baik ketimbang platform lain.
  • Whatsapp tidak akan memblokir situs web saat berbagi, seperti yang dilakukan Instagram dan Facebook.

Dengan banyaknya manfaat tersebut, hal inilah yang menjadi alasan orang menggunakan tombol berbagi WA di blog. Namun, Anda tetap harus mengetahui cara membuat tombol share whatsapp di blog.

Beberapa Jenis Tombol Bagikan Whatsapp

Untuk menggunakan tombol share Whatsapp saat ini sudah bisa dengan berbagai cara. Berikut ini sudah ada beberapa tombol share yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Tombol Share Mengambang, biasanya akan bergerak saat Anda gunakan di layar atau bergulir ke bawah.
  • Tombol Share Inline, tombol ini bisa disematkan di halaman web.
  • Tombol Share Gambar, tombol berbagi ini akan muncul saat Anda membagikan gambar dan konten serta mengarahkan kursor ke gambar.
  • Tombol Share Perluas, tombol berbagi ini digunakan untuk mengarahkan kursor yang menempel di sudut bawah halaman web.
  • Tombol Share Kustom, tombol berbagi dapat digunakan dimana saja Anda inginkan.

Selain tombol yang ada di atas, masih banyak jenis tombol share lainnya termasuk spanduk, pop-up, dan penggeser. Namun, dalam informasi ini hanya akan dijelaskan 5 jenis tombol share Whatsapp saja.

Cara Menambahkan Tombol Share Whatsapp di Blogger

Cara membuat tombol share whatsapp di blog Anda sebenarnya sangat mudah. Untuk langkah-langkah membuat tombol share Whatsapp ada di bawah ini:

  1. Menambahkan Tombol Share di Akun AddThis

Ternyata tombol share Whatsapp di Blogger bisa menggunakan Addthis. Ini termasuk salah satu layanan gratis yang bisa Anda gunakan dalam menambahkan tombol share di media sosial ke blog pribadi.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan layanan gratis ini. Maka Anda membuka daftar tombol share media sosial terbaik untuk Blogger .

  1. Buat Akun AddThis Terlebih Dahulu

Cara membuat tombol share whatsapp di blog yang pertama, yaitu buat akun AddThis. Namun, Anda harus bisa mengunjungi situs web yang resmi. Kemudian, bisa langsung mengklik tautan berikut ini: https://www.addthis.com.

Pada beranda, Anda bisa langsung mengklik “memulai gratis ” dan bisa siap menjalaninya. Setelah itu, layanan AddThis ini akan meminta Anda untuk memasukkan detail dan membuat akun terlebih dahulu.

  1. Pilih AddThis Homepage

Kemudian, Anda bisa langsung menggeser sedikit, lalu memasukkan informasi. Selain itu, bisa melakukan pendaftaran dengan Facebook, Google, atau Twitter.

✔️  Cara Mengganti Administrator Windows 10

Melakukan pendaftaran media sosial bisa menjadi cara membuat tombol share whatsapp di blog dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu lagi membuat waktu untuk mengisi Informasi. Setelah itu, Anda bisa melakukan verifikasi akun AddThis.

  1. Menambahkan Tombol Share dengan Kode JavaScript

Kemudian, Anda bisa menambahkan kode Javascript yang disediakan oleh AddThis  ke blog untuk membuat akun. Berikut ini sudah ada cara yang bisa Anda lakukan untuk buat akun.

  • Pertama, Anda bisa langsung mengklik item “Dapatkan Kode ” dari menu dasbor kanan. Jika sudah selesai mengkliknya, akan ada sebuah kode yang muncul di depan layar.
  • Cara membuat tombol share whatsapp di blog selanjutnya, Anda bisa menambahkan Kode Integrasi Blogger. Setelah itu, Anda bisa menambahkan Tombol Share WhatsApp di Blogger
  • Berikutnya, Anda bisa mengklik ikon + kode yang disalin langsung ke clipboard. Setelah itu, Anda harus bisa menambahkan kode di HTML tema.
  • Kemudian, Anda bisa kunjungi bagian Tema di dasbor Blogger. Setelah itu, Anda akan melihat tombol Customize bersama menu drop-down. Menu tersebut yaitu bagian Tema Blogger.
  • Cara membuat tombol share whatsapp di blog selanjutnya, bisa pilih Edit HTML dari drop-down. Kemudian, pilih blogger Edit Tema HTML. Setelah mengkliknya, Anda akan dialihkan ke halaman baru.
  • Nantinya, kode HTML dari tema Blogger Anda akan langsung ditampilkan. Jika kode HTML sudah ada maka Anda bisa langsung mengoperasikan tombol share Whatsapp ini.
  1. Tombol Share WA Pada Blogspot

Menambahkan tombol share Whatsapp juga bisa digunakan untuk pengguna blogspot. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa Anda lakukan untuk menambah tombol share, antara lain:

  • Pertama, Anda bisa langsung masuk ke blog pribadi. Kemudian, bisa pilih Tema dan edit html. Lalu Anda akan menemukan kode berikut <div class=’post-footer’>.
  • Cara membuat tombol share whatsapp di blog selanjutnya, Anda bisa menggunakan menu search (ctrl+f) agar bisa mencari kode. Setelah itu, Anda bisa memasang kode Sharing WA berikut: install kode di bawah <div class=’post-footer’>.
  • Namun, jika pada blog Anda sebelumnya telah terpasang tombol share social media lainnya. Misalnya saja seperti Twitter, facebook, dan google+, maka bisa meletakkan kode tersebut pada setelah atau sebelum code sharing sosial media tersebut.
  • Sebenarnya, untuk masing-masing template bisa saja berbeda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan sudah mengerti struktur CSS dan kode dari template yang digunakan.
  • Cara membuat tombol share whatsapp di blog selanjutnya, simpan perubahan bila tidak terjadi error. Jadi Anda sekarang sudah bisa melihat tombol share WA dibawah postingan blog pribadi.
  1. Pasang Tombol Share WA Pada WordPress

Sementara itu, untuk pengguna platform WordPress, Anda tidak perlu lagi pusing dengan kode yang dibagi sebagian orang. Hal ini karena kode tersebut tidak terlalu bersahabat.

Jadi Anda hanya perlu mendownload beberapa plugin saja. Plugin biasanya sudah disediakan untuk menampilkan tombol share wa yang ada pada blog wordpress.

Cara membuat tombol share whatsapp di blog berikutnya, Anda bisa login ke wordpress, lalu memilih plugin dan add new plugin. Di menu search, Anda bisa mencari plugin AddToAny Share Buttons, lalu install plugin dan aktifkan.

Kemudian, Anda klik pengaturan untuk mengatur tata letak. Setelah itu, klik tombol social media yang akan ditampilkan, dan pengaturan lainnya.

Apabila Anda ingin menggunakan plugin lainnya, maka bisa mengetik “whatsapp” di menu pencarian plugin baru. Nantinya, Anda bisa menemukan berbagai jenis plugin whatsapp.

Mulai dari sharing, chat wa via web dan lainnya. Jadi cara membuat tombol share whatsapp di blog ini sebenarnya sangat mudah.

 

Leave a Comment