Cara Membuat Update CRUD Dengan PHP Di MySQLi

Kamu ingin tahu cara membuat update crud dengan php di mysqli? kalau ia yuk simak artikel kami.

CRUD merupakan kepanjangan dari Create Read Update dan Delete. Dimana CRUD digunakan untuk menerapkan sistem data yang membantu proses pengolahan infomasi secara sistematis dalam pembuatan aplikasi.

Update Data di PHP MySQLi berfungsi untuk memperbarui data yang telah diubah atau disebut juga memodifikasi data. Sang developer pembuat aplikasi akan memiliki banyak alternatif code untuk menjalankan operasi CRUD demi membuat suatu aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur yang telah tersimpan di SQL baik itu untuk input data, membaca data, edit data, maupun menghapus data.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan cara update data di php mysql serta menjelaskan source code update data (crud) di php mysql.

Cara Mengubah Data Di PHP MySQLi

CRUD terdiri dari 4 kata yang masing-masing memiliki peran tersendiri tapi saling berhubungan yang diimplementasikan pada sebuah aplikasi demi berjalannya sebuah aplikasi tersebut. Hal terpenting dalam Update data CRUD adalah memanfaatkan form untuk mengembalikan serta mengambil data pada database.

Fungsi dari update data adalah memperbaharui  atau melakukan update dalam sebuah table dengan kata kunci utama atau disebut juga primary key.

Contoh sederhana program dari update data adalah seperti Ketika anda selesai menginput data namun ingin mengubah kembali data yang telah anda input maka disinilah peran update data diperlukan.

Dengan menyimpan data yang baru anda ubah sistem akan menjalankan proses update dengan merespon mengubah data yang lama menjadi data yang baru didalam database sesuai dengan data yang telah anda masukan.

Berikut ini adalah contoh baris code yang berisi form yang akan berfungsi mengubah informasi atau data yang sudah ada didalam database.

Dimana kita harus menghubungkan terlebih dahulu file update.php ke file koneksi.php agar saling terhubung.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Game Hangman Menggunakan Java

Kemudian kita ambil data yang sudah dikirim dari form edit.php

Dengan kunci utama (primary key) “id” Kemudian kita update data tersebut ke database dengan query berikut ini

Jika data berhasil masuk ke dalam database maka akan tampil kalimat “Data Berhasil di Ubah” di Terminal . Maka data akan kembali berubah dan halaman akan kembali ke halaman index.php .

Namun Ketika data tidak masuk ke dalam database maka akan tampil kata “Error ” di terminal     dengan menampilkan permasalahan yang terjadi didalam coding.

Barikut adalah cara update data di php mysqli, agar dapat Bermanfaat untuk dalam mengerjakan tugas maupun Belajar menggunakan CRUD.

Leave a Comment