Cara Membuat URL Blog Agar Peringkat SEO Bagus

Bagi sebagian blogger, cara membuat URL blog mungkin belum banyak yang memfokuskannya. Mayoritas hanya fokus pada riset keyword sehingga artikel di blog bisa naik trafficnya. Padahal, peranan URL dalam mengoptimalkan peringkat SEO juga besar.

Sebagai seorang blogger, Anda wajib paham bagaimana membuat URL sesuai kaidah SEO. Tujuannya tidak lain agar website lebih teroptimasi dan berpotensi menghasilkan. Lebih lengkapnya tentang pembuatan URL ini, bisa disimak di poin berikut.

Tentang URL Blog, Hal Krusial dalam Blogging

Banyak pemilik blog yang tidak terlalu mempedulikan tentang sebuah URL. Padahal, URL ini merupakan hal krusial yang berperan menghasilkan traffic. URL sendiri tidak hanya sebatas alamat web, karena definisinya saja sudah cukup luas.

URL atau Uniform Resource Locator berarti sebuah rangkaian karakter dengan standar format yang sudah ditentukan. Rangkaian standar format dalam bentuk tulisan ini berguna untuk menunjukkan alamat suatu situs.

Sebenarnya lebih spesifik lagi menunjukkan suatu konten yang ada dalam sebuah situs. Misalnya saja artikel, gambar, video, dan ragam konten menarik lainnya. URL diciptakan pertama kali agar penggunanya bisa merujuk pranala di World Wide Web.

Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi URL yang saat ini dikenal. Agar lebih memahaminya, kenali juga tipe URL sebelum melakukan cara membuat URL blog.

  • Relative URL yakni yang dipakai untuk menentukan alamat berdasarkan URL yang sedang aktif
  • Absolute URL, alat lengkap dengan domain di jaringan, direktori di domain, sampai file direktori

Cara Membuat URL Blog dengan Memakai WordPress

Sebelum membahas tentang membuat URL agar bisa menaikkan peringkat SEO, lakukan tutorial dasarnya dahulu. Anda bisa membuatnya di WordPress dengan beberapa cara mudah, yakni:

  1. Login WordPress

Hal pertama jika hendak membuat URL di WordPress adalah dengan masuk dahulu ke blog Anda. Cukup buka melalui aplikasi WordPress di ponsel, atau bisa di peramban dekstop. Setelah itu, masuk dengan mengetikkan username dan password blog Anda.

  1. Install Plugin

Cara membuat URL blog yang berikutnya adalah dengan memilih menu Plugin setelah itu klik Add New. Anda bisa melakukan instalasi plugin seperti Pretty Links, cocok untuk membuat URL secara mudah.

Unduh plugin tersebut agar proses pembuatan URL lebih mudah. Lanjut ke tahapan inti yakni membuat URL di WordPress.

  1. Buat URL

Instalasi plugin sudah dilakukan, saatnya untuk mengaktifkannya. Aktifkan plugin tersebut hanya dengan klik Activate. Setelah itu, buka tab plugin yang baru saja Anda unduh. Klik Add New agar URL blog bisa Anda buat secara mudah.

Setting Target URL harus diisi, yakni hasil generate dari blog Anda. Masukkan ke kolom target URL, sehingga alamat yang kamu inginkan bisa cepat diproses.

Kenali Struktur URL Blog Agar Mudah Membuatnya

Sebelum melakukan cara membuat URL blog, penting untuk dipahami tentang strukturnya. Tujuannya agar Anda tidak salah paham dalam mempraktikkannya tatkala membuat blog nanti.

  1. HTTPS/HTTP

HTTP dan HTTPS merupakan bagian dari protokol komunikasi jaringan antara web server dan web browser. Fungsi dari HTTP ini sebagai pentransmisi pesan serta penerima informasi dari Domain Name System. Setelah itu, informasi tersebut dikembalikan ke browser.

Dua buah protokol komunikasi ini memang terkesan sama, akan tetapi sebenarnya berbeda. Perbedaannya dari sistem keamanan, dimana HTTPS memiliki enkripsi saat transmisi data. Otomatis perlindungan keamanannya lebih bagus jika dibandingkan HTTP.

  1. Subdomain

Subdomain pada umumnya tertulis dengan frasa “www” atau world wide web. Tipe frasa ini memang paling umum dipakai, padahal bisa diganti sesuka hati. Subdomain ini berguna untuk menunjukkan bahwa website dapat diakses melalui internet pakai HTTP.

  1. Nama Domain

Sebelum bisa melakukan cara membuat URL blog, Anda juga harus paham tentang nama domain. Nama domain berarti alamat yang biasanya diketikkan user untuk menemukan sebuah situs.

✔️  Cara Mematikan Mode Jangan Ganggu Di Xiaomi

Nama domain ini berisikan alamat atau nama situs sekaligus dengan ekstensinya. Misalnya dalam URL “https://www.cintakomputer.id/”. Berarti bisa disimpulkan bahwa nama domain dalam URL tersebut adalah cintakomputer.id.

  1. Ekstensi

Cara membuat URL blog juga tidak boleh sampai melupakan ekstensi. Ekstensi disebut juga dengan istilah top level domain. Letaknya setelah titik di belakang nama blog Anda. Ekstensi paling banyak dipakai adalah “.com” dimana dipakai lebih dari 53% pengguna.

Sebenarnya tidak hanya “.com” yang bisa Anda pakai sebagai ekstensi dalam URL. Ada beberapa varian yang dapat digunakan yang akan membuat blog lebih profesional.

  • ”.id”
  • ”.co.id”
  • ”.tech”
  • ”.Ltd”
  • ”.org”
  • ”.net” , dan masih banyak lainnya
  1. Path to Resource

Path to resource berguna sebagai penyedia informasi tambahan web server, agar pengunjung diarahkan ke lokasi spesifik. Contohnya jika sedang mencari tutorial memasak tumis kangkung, path to resource akan bertuliskan: /tutorial/cara-memasak-tumis-kangkung.

Jalur path to resource juga bisa lebih dari dalam sebuah URL sehingga lokasinya lebih spesifik. Beberapa path bisa dipisahkan dengan tanda “/” atau bisa juga “-“.

  1. Parameter

Struktur terakhir dalam cara membuat URL di blog adalah parameter. Fungsinya bisa dipakai untuk menunjukkan kode negara, pencarian, pengaturan halaman, hingga tracking. Untuk penulisannya dipisahkan dengan tanda “=”.

Cara Membuat URL Blog Agar Ramah SEO

Setelah pembahasan tentang URL, saatnya untuk praktek membuatnya. Pastikan URL yang Anda desain mendukung blog agar ramah SEO. Tujuan akhirnya agar blog berubah menjadi lebih optimal di mesin pencarian.

  1. Beli Ektensi

Jika ingin membuat URL blog yang ekstensinya lebih spesial, coba dengan membeli ekstensinya. Ekstensi bisa Anda beli di penyedia yang kredibel dan sudah banyak yang memakai jasanya.

Selain membeli di layanan khusus ekstensi, hal ini juga bisa Anda peroleh di layanan web hosting. Bisa Anda gunakan secara optimal layanan web hosting tidak hanya agar web cepat, melainkan ekstensi berkualitas.

  1. Struktur Benar

Sebelumnya sudah dibahas tentang struktur dalam cara membuat URL blog. Pastinya setelah paham apa saja strukturnya bisa langsung Anda praktikkan. Upayakan selain memerhatikan struktur, penamaannya juga lebih ringkas dan mudah dieja.

  1. Sesuaikan dengan Niche

Hal lain agar URL lebih SEO Friendly sebaiknya disesuaikan dengan niche blog Anda. Platform blog gratisan biasanya akan menyediakan URL otomatis yang belum tentu sesuai dengan niche blog. Hal ini bisa Anda pertahankan, akan tetapi sebaiknya segera upgrade.

Misalnya jika isi dari sebuah konten adalah tentang review hp keluaran terbaru, URL nya juga harus related. Misalnya bisa dengan mengetikkan URL dengan alamat “www.namawebsite.co.id/blog/review-hp-terbaru/.

  1. Harus Ada Kata Kunci

Kata kunci artikel juga sebaiknya harus disematkan di dalam URL. Tujuannya agar peringkat SEO bisa lebih ditingkatkan lewat hal ini. Riset kata kunci untuk artikel secara benar, baru kemudian dipakai untuk setting URL.

  1. Hindari Stopwords

Hal lain dalam cara membuat URL blog yang baik adalah tidak memakai kata tidak penting yang disebut stopwords. Kata ini di kehidupan biasa mungkin bagus dan berguna, tetapi tidak di URL. Misalnya saja “atau”, “di”, “ke”, dan masih banyak contoh sejenisnya.

Stopwords hanya akan membuat URL lebih panjang serta tidak enak dibaca. Ganti dengan kata yang lebih efektif untuk URL Anda.

Ternyata dibalik seringnya dilupakan oleh para blogger, URL adalah hal penting untuk selalu diperhatikan. Terlebih sangat berguna untuk mendukung optimasi peringkat SEO web. Cara membuat URL blog di atas bisa Anda terapkan demi traffic yang lebih bagus.

 

 

Leave a Comment