Cara Membuat Web Blog Sederhana dan Mudah

Cara membuat web blog saat ini sederhana dan mudah. Apalagi dengan adanya perkembangan zaman, platform blog menjadi media terbaik bagi orang yang menghasilkan uang dari internet.

Blog kini sudah bisa dibuat tanpa perlu coding yang detail. Informasi kali ini akan membahas seputar cara membuat blog.

Mengenal Cara Membuat Web Blog

Blog dikenal sebagai salah jenis website yang berhubungan konten tulisan. Tidak hanya berkaitan dengan konten tulisan, namun ada tambahan konten visual seperti video, foto, infografis, dan lainnya.

Blog juga memiliki potensi sebagai tempat berbagi, sumber traffic, bahkan bisa menghasilkan uang. Anda bisa membangun portofolio pribadi yang berguna untuk karir, hanya dengan mempelajari cara membuat web blog.

Perbedaan antara blog dengan Website

Di sini Blog memiliki kolom komentar yang dapat dimanfaatkan untuk komunikasi dua arah antara blogger dan audiens. Sementara, berbeda dengan website yang tidak mempunyai kolom komentar.

Blog bersifat aktif, karena setiap kontennya mengalami pembaruan. Sedangkan, website lebih jarang diperbarui sehingga bersifat statis.

Selain itu, blog memiliki tiga elemen, yakni nama penulis, tanggal postingan, serta kategori yang ada di bagian atas postingan. Sedangkan, website tidak memiliki elemen apapun.

Cara Membuat Blog Web Pribadi

Cara membuat web blog bisa menggunakan WordPress. Berikut ini cara membuat blog di WordPress antara lain:

  1. Memilih niche blog

Pertama, pilih niche blog terlebih dahulu. Niche dikenal sebagai topik khusus blog. Kemudian, Anda bisa membuat konten sesuai topik blog agar traffic bisa meningkat dan lebih mudah monetisasi iklan.

  1. Menentukan layanan dan jenis hosting

Kedua, tentukan layanan dan jenis hosting, Anda harus menggunakan WordPress.org. Jadi Anda harus menentukan layanan hosting secara mandiri. Terdapat beberapa jenis hosting yang dapat digunakan di WordPress, yakni:

  • VPS hosting, kapasitas server lebih besar, dan perlu keterampilan teknis.
  • Shared hosting, lebih terjangkau dan mudah digunakan.
  • Cloud hosting, fasilitas VPS dan shared hosting lebih mudah.
  1. Memilih nama domain

Cara membuat web blog selanjutnya memilih nama domain. Pada WordPress.org, Anda lebih bebas memilih nama domain. Hal inilah yang menjadi alasan WordPress.org direkomendasikan.

  1. Instal WordPress

Setelah memilih hosting dan domain, berikutnya Anda bisa menginstal WordPress. Berikut ini sudah ada cara install wordpress, antara lain:

  • Pertama, login ke cPanel akses http://namadomainanda/cpanel. Kemudian, Anda bisa membuka Softaculous Apps Installer di halaman bagian bawah. Lalu bisa mengklik logo WordPress di bagian Softaculous Apps Installer.
  • Cara membuat web blog selanjutnya, Anda bisa menginstall WordPress Now. Setelah itu, setting Instalasi WordPress di bagian Software Setup dan pilihlah nama domain Choose Domain.
  • Lalu Anda bisa mengosongkan kolom In Directory. Setelah itu, isilah nama dan deskripsi blog di kolom Site Name atau Site Description.
  • Selanjutnya, Anda bisa menentukan username dan password agar login ke dashboard WordPress. Kemudian, bisa Anda pilih Tema dan Instal, lalu instalasi Selesai.
  1. Atur atau setel konfigurasi mendasar WordPress Anda

Cara membuat web blog berikutnya, yaitu lakukan konfigurasi dasar WordPress. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk konfigurasi, sebagai berikut:

  • Pertama, hapus Post Bawaan dengan masuk ke menu Posts dan menu Pages. Kemudian, Anda bisa klik Trash. Selanjutnya, Anda harus mengubah Kategori dengan klik menu Posts.
  • Kemudian, bisa pilih Categories dan klik Edit pada opsi Uncategorized. Setelah itu, klik Edit Category, Anda bisa mengubah nama URL pada kolom Name dan Slug kategori.
  • Cara selanjutnya, Anda bisa klik Update. Kemudian, Anda bisa mengatur Tanggal ke menu Settings. Setelah itu, klik General dan ubah opsi Timezone menjadi UTC +7.
  • Kemudian, Anda bisa memilih Date Format dan Time Format. Setelah itu, bisa klik Save Changes. Lanjut atur Post ke menu Setting dan Reading. Setelah itu, bisa Lengkapi Profil dan klik Update Profile.
  1. Instal tema WordPress
✔️  2 Cara Buka Toko Di Tokopedia Lewat HP

Pilihlah tema yang menarik, karena akan mempengaruhi tampilan blog. Tema berbayar bisa menjadi salah solusi untuk Anda, karena terkesan lebih profesional.

  1. Tulis postingan baru

Cara berikutnya, menulis postingan baru. Anda bisa menuangkan semua ide dalam postingan tersebut.

  1. Download plugin yang diperlukan

Berikutnya, Anda bisa menginstal plugin yang diperlukan. Adapun cara menginstall plugin adalah masuk menu Plugins, lalu Add New. Kemudian, cari plugin di pencarian, kliklah Install Now dan Activate.

Cara Mudah Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Cara membuat web blog selanjutnya bisa melalui Handphone. Di bawah ini sudah ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk buat blog, antara lain:

  1. Pertama, unduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Blogger.com dan install melalui Google Play Store atau App store.
  2. Berikutnya, buatlah akun lalu klik Sign UP. Kemudian, bisa memasukan alamat email dan password yang telah didaftarkan.
  3. Setelah masuk ke dalam aplikasi, Anda bisa mulai edit dan isi profil sesuai keinginan. Berikutnya, buat alamat dan judul blog. Anda bisa menuliskan nama alamat yang belum pernah digunakan orang lain.
  4. Cara membuat web blog terakhir, pilih desain template sesuai dengan keinginan. Berikutnya, Anda bisa isi blog dan melakukan update sesuka hati.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari blog juga mudah. Di bawah ini sudah ada beberapa cara buat blog yang menghasilkan uang:

  1. Promosi blog

Cara buat blog yang menghasilkan uang yaitu lakukan promosi. Jadi saat menulis, Anda harus memaksimalkan kualitas serta promosi website melalui backlink.

  1. Mempelajari SEO

Kedua, Anda juga harus belajar SEO. SEO memang tidak bisa dipisahkan dengan semua kegiatan blogger.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara menulis artikel yang baik agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google. Rajin baca artikel tentang SEO dan mulai terapkan di blog.

  1. Membuat user friendly

Cara membuat web blog selanjutnya bisa menggunakan template custom. Hal ini tentunya berguna agar website relevan. Selain itu, harus ada dukungan website user friendly, slot iklan Google Adsense, serta kecepatan loading lebih cepat.

Anda juga bisa mengoptimalkan gambar di setiap postingan blog. Caranya dengan membuat perbandingan antara foto dan teks agar pembaca tidak bosan. Widget Anda juga harus dilengkapi tampilan blog agar website user friendly.

  1. Menjadi publisher iklan

Berikutnya, menjadi publisher iklan atau memasang iklan di web. Jadi setiap orang mengklik website Anda maka bisa diakumulasikan menjadi uang dan dicairkan. Namun, Anda harus memastikan iklan yang relevan dengan isi blog.

  1. Gabung program afiliasi

Cara membuat web blog terakhir yaitu Anda bergabung dengan program afiliasi. Program afiliasi dikenal sebagai salah satu program yang akan memberikan komisi.

Komisi ini didapatkan jika Anda berhasil membuat orang lain menggunakan produk yang mereka miliki. Oleh karena itu, Anda harus pandai marketing jika ingin bergabung dengan program ini.

Beberapa cara buat blog di atas bisa Anda sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda harus siap untuk mengelola blog sendiri.

Blog akan menjadi sumber mata pencaharian jika Anda pandai mengelolanya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan optimasi terhadap blog, contohnya dengan layanan hosting.

Sehingga Anda bisa memperoleh domain gratis dan SSL untuk meningkatkan traffic blog. Cara membuat web blog memang cukup mudah namun juga perlu keahlian agar banyak pengunjung.

 

 

Leave a Comment