Cara Memilih Web Hosting Indonesia Terbaik yang Perlu Diketahui

Web hosting Indonesia terbaik pastinya harus memiliki standar kualitas yang diperlukan oleh sebuah platform digital. Sebab, hosting diibartkan sebagai rumah bagi website Anda sendiri maupun orang lain.

Oleh karenanya, dalam membangun sebuah website dan memilih hosting harus disesuaikan dengan tujuannya. Misalnya jika untuk keperluan toko daring, tentunya Anda harus menyediakan rumah dengan kapasitas besar.

Hal ini karena dalam sebuah toko, pasti akan ada banyak traffic pengunjung serta konten dan katalog untuk disimpan. Akan tetapi, bagaimana supaya bisa memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan?

Cara Memilih Web Hosting Indonesia Terbaik

Ketika baru membangun website, mungkin Anda berpikir ini akan mudah dilakukan. Cukup dengan menjawab pertanyaan untuk apa, cara backup data, kebutuhan layanan, fitur dan konten saja.

Memang benar pertanyaan-pertanyaan tersebut harus bisa Anda jawab. Namun, lebih dari itu, pertanyaan tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk memilih hosting yang sesuai dengan tujuan website Anda.

Memilih hosting yang tidak sesuai dengan website, ibaratkan rumah kecil tetapi diisi puluhan orang. Maka, yang terjadi rumah akan penuh sesak dan banyak penghuni yang tidak betah saat mengaksesnya.

Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi dalam website Anda bukan? Apalagi sampai membiarkan pengunjung kabur dan tidak akan kembali ke situs tersebut hanya karena susah diakses.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara atau tips untuk memilih web hosting Indonesia terbaik:

  1. Berkonsultasi dengan Web Developer

Jika Anda adalah orang yang tidak terlalu paham di bidang ini, maka berkonsultasi kepada web developer menjadi solusi terbaik. Apalagi dalam pemilihan hosting tidak bisa diputuskan begitu saja.

Anda harus memperhatikan berbagai aspek yang mungkin terjadi serta tujuan utama dari website tersebut. Khsususnya dalam memahami bagaiaman sebuah website itu akan berkembang kedepannya.

Hanya dengan memahami beberapa poin penting tersebut sudah menjadi bekal untuk Anda menemukan web hosting Indonesia terbaik. Selain itu, bicarakan juga keinginan dan kebutuhan terkait website kepada web developer.

Jadi, poin utama dalam memilih hosting di sini bukan dari segi harga melainkan keefektifan penggunaan serta kestabilan dalam platform. Sebab, harga mahal belum tentu memberikan yang terbaik begitu pula sebaliknya.

  1. Memahami Kebutuhan Penggunaan Website

Sebenarnya untuk mendapatkan web hosting Indonesia terbaik yang paling utama adalah ketepatan dalam memilih sesuai dengan jenis websitenya. Sebaik apapun hosting yang digunakan jika tidak tepat pemakaiannya, maka akan sama saja.

Sebagai contoh, di Indonesia banyak yang menggunakan WordPress sebagai platform pribadi maupun komersial. Maka hosting yang digunakan khsusus yang tersedia untuk WordPress sehingga kinerjanya akan lebih optimal.

Hal ini karena WordPress hosting memang diranvang khusus hanya untuk platform tersebut. Dengan penggunaan yang tepat seperti ini pastinya platform lebih stabil terutama dari segi kecepatan, uptime dan keamanan saat akses.

Selain itu, WordPress memiliki kemudahan dalam penggunaan SEO tools sehingga semakin menguntungkan pemilik website. Tentunya selain WordPress masih banyak platform lain seperti blogger, Joomla dan WIX.

Jadi, pada akhirnya web hosting Indonesia terbaik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan platform Anda. Pemilihan yang tepat merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kualitas tinggi.

  1. Jenis Konten dan Fitur yang Dibutuhkan

Pembuatan website sudah pasti ditujukan untuk mengisi konten entah itu dalam bentuk artikel, video, game, atau yang lainnya. Semua konten tersebut mempengaruhi penggunaan fitur serta pemilihan hosting yang tepat.

Namun, website yang paling banyak berisikan artikel, video straeming serta gambar. Ketiganya membutuhkan kapasitas serta fitur tambahan yang berbeda. Jadi, cara menentukan web hosting Indonesia terbaik berikutnya dengan mengetahui hal itu.

Selain itu, fitur adalah salah satu poin penting yang kerap dilewatkan pemilik website. Padahal fitur juga memiliki andil dalam membuat website bisa berjalan dengan normal. Oleh karena itu, kedua hal tersebut perlu ditentukan sejak awal sehingga website akan tetap stabil.

✔️  Perbandingan Adsterra Vs Google Adsense

Kemudian, ketika Anda sudah mengetahui jenis konten serta tambahan fitur apa saja yang diinginkan, selanjutnya bisa mengira-ngira kapasitas penyimpanan yang diperlukan untuk menentukan jenis web hosting Indonesia terbaik yang sesuai.

  1. Memilih Lokasi Server dan Layanan 24 Jam

Lokasi serta performa server hosting cukup penting untuk dijadikan pertimbangan. Memiliki lokasi yang salah hanya akan menghambat keoptimalan dari website Anda dan berujung tidak stabil.

Selain itu, lokasi yang jauh hanya akan menyulitkan Anda ketika website membutuhkan perbaikan. Sebagai contoh jika Anda berada di Indonesia, maka pilih server yang terdapat di dalam negara tersebut atau masih kisaran Asia.

Sebab, server yang berada di lokasi yang sama atau tidak terlalu jauh memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan Anda memilih server Amerika Serikat atau sejenisnya. Itulah mengapa Anda harus memiliki beberapa pengetahuan tentang hal ini.

Web hosting Indonesia terbaik pada faktanya juga memiliki server lokal yang terletak di Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai pengunjung terhambat hanya karena lokasi server terlalu jauh.

Selain itu, memilih hosting dengan layanan 24 jam akan memberikan keuntungan lebih. Sebab, internet dan website down dapat terjadi kapan saja dan Anda harus segera memperbaikinya untuk meningkatkan performa.

Customer service yang responsif selama 24 jam serta ramah pastinya sangat membantu dalam proses keluh kesah website Anda. Apakah Anda bisa mengerti mengenai apa yang disampaikan di artikel ini?

  1. Jumlah Domain yang Akan digunakan

Web hosting Indonesia terbaik biasanya memberikan peraturan dengan membatasi jumlah domain yang dapat ditambahkan. Dari sini Anda dapat mencari informasi hosting yang menyediakan jumlah domain sesuai dengan kebutuhan.

Jenis shared hosting merupakan paket yang termurah hanya saja Anda hanya akan dibatasi memakai dua sampai tiga domain saja. Sedangkan layanan hosting yang lebih mahal dan kompleks seperti VPS bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tentunya hal ini berkaitan dengan kapasitas hosting supaya kestabilan dan kecepatan akses website tetap terjaga. Walaupun pada awalnya hal ini tidak bisa diprediksi tetapi Anda bisa mengira-ngira sesuai dengan kebutuhan.

  1. Cek Harga yang Paling Sesuai

Cara terakhir dalam mencari layanan hosting yang sesuai dengan menentukan budget. Pastikan bahwa pembangunan website serta layanan hosting yang digunakan sesuai dengan kekuatan budget Anda.

Tetapi, jangan pula memilih layanan dengan harga terlalu murah dengan kualitas buruk. Sebab, hal ini sama saja Anda sedang berinvestasi dengan hasil akhir yang sudah jelas merugikan.

Namun belum tentu juga hosting dengan harga mahal memberikan kualitas yang sesuai. Selain itu, web hosting Indonesia terbaik adalah yang mampu memberikan layanan paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga harus mencermati kualitas, layanan serta detail spesifikasi yang akan ditawarkan oleh provider sehingga mampu menentukan yang terbaik. Web hosting bisa Anda cari dengan adanya koneksi internet.

Memilih layanan hosting pada akhirnya tidak hanya sebatas pada tujuan utama website saja. Web hosting Indonesia terbaik pastinya yang sesuai dengan budget serta mampu memberikan kualitas layanan tinggi.

Leave a Comment