6 Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Ada Suaranya

Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Ada Suaranya, Kompirasi.com – Anda pernah merekam video atau menonton video, setelah anda memutar video di laptop, pc dan hp suaranya tidak ada atau hilang? tenang saja saya juga pernah mengalami masalah seperti ini.

Terkadang saya pernah sewaktu memutar video namun tidak memiliki suara sama sekali, mau itu sewaktu menonton video di hp android, pc dan laptop, masalah seperti ini sudah biasa terjadi.

Bahkan parahnya lagi, saya pernah merekam video menggunakan hp, laptop menggunakan software video yang dihasilkan tidak ada suara sama sekali, nah untuk memperbaiki video yang tidak ada suaranya sebenarnya gampang berikut beberapa cara yang dapat kami berikan kepada kamu.

Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Ada Suaranya

Video yang tidak memiliki suara, mau itu sewaktu kita menonton video, atau merekam video di perangkat itu ada beberapa penyebabnya, berikut beberapa penyebab video yang diputar tidak bersuara.

Penyebab Suara Video Tidak Muncul

  • Volume Suara Tidak Dinaikan
  • MIC atau Loudspeaker Perangkat Mengalami Kerusakan
  • Pemutar Video Rusak Atau Salah Settings
  • Video Rusak Atau Corrupt
  • Cek Speaker
  • Ganti Pemutar Video

Cara Mengatasi Video Yang Tidak Bersuara

Nah untuk cara mengatasi video yang tidak bersuara kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut.

1. Naikan Volume Suara Pada Perangkat

Naikan Volume Suara Pada perangkat

Tips dan solusi yang pertama, apabila kamu mengalami masalah video yang kamu putar tidak memiliki suara, kamu bisa memeriksa volume suara pada perangkat yang saat ini kamu gunakan, kalau kamu pakai laptop dan pc, kamu bisa menaikan volume sound suara, biasanya hal ini sering terjadi, karena perangkat akan secara tiba-tiba menurunkan volume suara ke angka enol, sehingga volume suara tidak mau keluar.

Artikel Lainnya: 4 Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi [Lengkap]

2. Periksa MIC, Loudspeaker, Headshet

Loudspeaker/ Source Image: Pixabay.com

Kalau kamu sudah menaikan volume pada perangkat yang kamu gunakan, tapi suara pada video juga tidak muncul dan tidak mengeluarkan suara sama sekali, kamu periksa MIC, Loudspeaker atau headshet yang kamu gunakan, mungkin beberapa perangkat pengeluar suara kamu rusak, seperti kabel putus, dan masalah yang lainnya, untuk mengetahui apakah alat yang kamu gunakan rusak atau tidak, kamu bisa menguji coba Loudspeaker, MIC, Atau Headshet kamu di perangkat komputer, laptop atau hp android teman.

3. Pemutar Video Rusak Atau Salah Settings

Software Pemutar Video

Solusi yang ketiga, terletak pada software atau media pemutar video yang kamu gunakan, pernah tidak kamu terpikiran sampai sini? Dahulu saya pernah memakai beberapa software pemutar video, setelah saya putar video di software tersebut, video yang diputar tidak mau muncul suaranya, dan saya sudah menaikan volume pada software, namun tetap tidak muncul.

Dan akhirnya saya ganti aplikasi pemutar video yang saya gunakan, dan hasilnya suara video pun sudah muncul.

4. File Video Rusak Atau Corrupt

File Video Rusak Atau Corrupt

Sebenarnya masalah file video yang rusak atau corrupt sudah sering kali terjadi, masalah ini terletak sewaktu kita download video dari sumber tertentu, dan bisa juga rusak karena file videonya kurang, terutama kalau kamu mengalami masalah jaringan, dahulu saya pernah download video dari beberapa situs download film, file aslinya dari video yang saya download itu sebesar 1,4 GB namun setelah selesai download ukurannya hanya 1,2GB saja saya pikir ini tidak ada masalah.

Artikel Lainnya: 2 Cara Membuat Email Palsu Atau Fake Email

Ternyata file video yang sudah saya download corrupt dan file videonya rusak, al hasil suara pada video hilang dan tidak muncul, kalau kamu mengalami masalah ini, kamu bisa mendownload ulang video yang kamu inginkan.

✔️  Keuntungan Investasi Saham yang Membuat Menjadi Cepat Kaya

5. Periksa Atau Cek Volume Speaker

Periksa Atau Cek Volume Speaker/ Source Gambar: Pixabay.com

Tips selanjutnya, mungkin saja kamu lupa menaikan volume pada speaker yang kamu gunakan sehingga video yang kamu putar tidak memuculkan suara.

6. Ganti Pemutar Video

Aplikasi Pemutar Video

Solusi yang terakhir, kalau kelima solusi sudah kamu ikutin, kamu bisa mengganti pemutar video yang kamu gunakan, atau juga bisa menggunakan software dan aplikasi pemutar video lainnya.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Ganti Background Zoom Keren

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kami berikan untuk mengatasi masalah sewaktu memutar video tapi suaranya tidak muncul, semoga tips yang kami berikan dapat membantu kamu ya sob.

Leave a Comment