2 Cara Mencari File Berukuran Besar Di Linux Atau Ubuntu Dengan Mudah

Bagaimana cara mencari file berukuran besar di linux? File atau folder yang memiliki ukuran besar dapat menghabiskan ruang penyimpanan atau hardisk komputer atau laptop kita. Dengan adanya artikel ini kamu dapat menemukan file berukuran besar yang ada di sistem operasi linux kamu.

Seperti yang kita tahu file dan folder berukuran besar mampu membuat penyimpanan komputer kita penuh dan habis, mau itu kamu menggunakan penyimpanan eksternal atau internal pada intinya kalau ada banyak file berukuran besar pastinya penyimpanan ssd atau hardisk kita akan full alias penuh.

Maka dari itu dikesempatan kali ini kami ingin mengajarkan kamu nih cara cari file besar di linux, disini kami memakai sistem operasi ubuntu 20.4 TLS.

Cara Mencari File Berukuran Besar Di Linux Atau Ubuntu

Langkah-langkah mencari file berukuran besar di linux atau ubuntu.

1. Cara Menemukan File Berukuran Besar Di Linux Menggunakan Perintah LS Di Linux

Cara pertama agar kita dapat mencari file besar di linux kamu bisa buka terminal linux kamu. Untuk membuka terminal linux tekan tombol CTRL + ALT + T

Baca Juga: 2 Cara Membuat User Baru Di Linux Ubuntu
Perintah ls

Kemudian masukan perintah ls, Perintah ls digunakan untuk melihat daftar isi directory di linux nah untuk mencari file berukuran besar kita tinggal menambahkan agrumen ls -ls kita dapat melihat dan mengurutkan beberapa file yang memiliki ukuran besar berikut contohnya.

perintah ls -ls

Walapun perintah ls-ls dapat melihat file berukuran besar di sistem linux. perintah ini tidak akan menemunjukan ukuran file yang sebenarnya maka dari itu kita harus mengidentifikasi file terbesar di linux dan menampilkan ukuran aslinya.

Baca Juga: 8 Aplikasi Perekam Layar Linux Terbaik Untuk PC & Laptop

Cara Mengindentifikasi File Ukuran Terbesar Di Linux

Untuk mencari beberapa ukuran file terbesar di linux sebenarnya sangatlah mudah kita dapat menggunakan perintah sebagai berikut.

Perintah find

Untuk menjalankan perintah find kamu harus masuk ke folder directory di termina terlebih dahulu, misalnya saya sudah berada di folder download. jadi saya bisa mencari beberapa file yang berukuran besar diatas 60MB, bagaimana cara masuk ke folder directory di terminal? kamu bisa menjalankan perintah cd nama directory sampel.

cd ~/Downloads kemudian setelah sudah berada di dalem folder directory kamu ketikan dan masukan perintah ” find . -type f -size +60M ” 60M bisa kamu rubah menjadi 100-500M dan nantinya akan muncul output file yang berukuran besar.

2. Cara Mencari Seluruh Filesystem Linux Yang Memiliki Ukuran File Besar

sudo find / -xdev -type f -size +100M

Tutorial selanjutnya mungkin kamu ingin mencari seluruh filesystem linux yang memiliki ukuran file besar, kamu bisa menggunakan perintah sebagai berikut.

” sudo find / -xdev -type f -size +100M “

Setelah kamu menjalankan perintah tersebut, kamu masukan password user linux kamu dan output yang dikeluarkan akan menampilkan seluruh file berukuran besar pada sistem linux kamu.

Baca Juga: Cara Install Telegram Di Linux Ubuntu Lewat Terminal

Akhir Kata

Nah itu saja yang dapat kami berikan, semoga artikel ini dapat membantu kamu. Dan selamat mencari daftar file berukuran besar yang ada di sistem operasi linux kamu sekian dan terimakasih.

✔️  Cara Mencari Bug WordPress Menggunakan Wpscan

DAFTAR ISI :

Leave a Comment