Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook
Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Mengaktifkan autentikasi dua faktor facebook sangat berguna bagi seluruh orang yang memakai platform facebook, karena dengan mengaktifkan fitur ini akun facebook kamu akan aman dan akun kamu tidak akan bisa di hack oleh orang lain.

Secara pribadi saya sendiri sudah mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun facebook saya, dan terbukti dengan mengaktifkan fitur ini pihak facebook akan memberikan pesan sms dan notifikasi login masuk ke email atau nomor hp kita.

Sehingga kita tahu kalau bukan kita yang sedang menggunakan akun facebook tsb, tidak hanya itu saja dengan mengaktifkan fitur ini apabila ada orang lain yang ingin mencuri akun facebook kamu, secara otomatis nantinya pihak facebook akan meminta kode verifikasi melalui nomor atau alamat email yang sudah kita sambungkan ke akun facebook.

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Facebook

Bagi kamu nih yang ingin mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun facebook kamu, berikut ini kami berikan panduan cara mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di facebook agar facebook kamu aman dari orang jahil.

1. Masuk Ke Pengaturan & Privasi

Masuk Ke Pengaturan & Privasi
Masuk Ke Pengaturan & Privasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, agar kamu bisa mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun facebook kamu, kamu klik menu akun kemudian masuk ke pengaturan & privasi.

2. Buka Fitur Pengaturan

Buka Fitur Pengaturan
Buka Fitur Pengaturan

Langkah kedua setelah kamu sudah berada di pengaturan dan privasi, selanjutnya kamu masuk ke pengaturan.

3. Masuk Ke Menu Keamanan Dan Info Login

Masuk Ke Menu Keamanan Dan Info Login
Masuk Ke Menu Keamanan Dan Info Login

Langkah ketiga setelah kamu sudah berada di menu pengaturan langkah selanjutnya kamu masuk ke menu keamanan dan info login kemudan drag menu sampai kebawah, kalau kamu menemukan fitur Gunakan Autentikasi Dua Faktor kamu klik edit.

4. Pilih Metode Keamanan Akun

metode kemanan akun

Langkah ke empat kamu diminta untuk memilih ketiga dari metode kemanan akun, kalau kamu ingin memakai aplikasi kamu bisa menggunakan aplikasi autentikasi yang sudah direkomendasikan oleh pihak facebook, disini saya akan menggunakan metode keamanan Pesan Teks (SMS) jadi saya klik Gunakan Pesan Teks (sms)

5. Pilih Nomor Telepon

Pilih Metode Keamanan Akun
Pilih Metode Keamanan Akun

Di bagian pilih nomor telepon anda kamu bisa menggunakan nomor telepon yang aktif, nomor telepon yang kita gunakan untuk autentikasi dua faktor ini nantinya akan digunakan untuk menerima kode verifikasi kamu, kalau kamu ingin menambahkan nomor telepon lain, kamu bisa klik fitur tambahkan nomor telepon, kalau sudah klik lanjutkan.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Profil Facebook Terkunci

6. Masukan Kembali Kata Sandi Akun Facebook Kamu

Masukan Kembali Kata Sandi Akun Facebook Kamu
Masukan Kembali Kata Sandi Akun Facebook Kamu

Kemudian di bagian tampilan “masukan kembali kata sandi anda” kamu diminta untuk memasukan ulang kata sandi akun facebook kamu, kemudian klik kirim.

7. Masukan Kode Verifikasi

Masukan Kode Verifikasi
Masukan Kode Verifikasi

Setelah memasukan ulang kata sandi akun facebook kamu, langkah selanjutnya kamu akan diarahkan ke tampilan autentikasi dua faktor, dan kamu diminta untuk memasukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor yang tadi kamu masukan, kamu tinggal check sms dari facebook kemudian masukan kode 6 digit di kolom menu yang sudah ditentukan kemudian klik lanjutkan.

8. Autentikasi Dua Faktor Sudah Aktif

Autentikasi Dua Faktor Sudah Aktif
Autentikasi Dua Faktor Sudah Aktif

Terakhir kalau kamu menemukan tampilan autentikasi dua faktor aktif, berarti kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun kamu langkah selanjutnya tinggal kamu klik saja selesai.

Penutup

Dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor di akun facebook kamu, akun facebook kamu akan lebih aman, dan tentunya kamu akan terhindar dari serangan pembajakan akun, akun di hack atau juga akun kamu digunakan oleh orang lain yang tidak bertangung jawab

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)