Cara Mengaktifkan Bitlocker Di Windows 10

Cara Mengaktifkan Bitlocker Di Windows 10 – Keamanan data merupakan suatu hal yang sangat penting terutama data milik kita yang sudah kita simpan di hardisk, dan SSD, Agar data kita aman kita hanya perlu mengaktifkan beberapa fitur enkripsi yang bernama Bitlocker.

Apa Itu Bitlocker? Bitlocker adalah suatu softare enkripsi yang dapat membantu pengguna windows untuk melindungi data di perangkat komputer dan laptop, sehingga nantinya yang dapat mengakses data tersebut hanya orang yang memiliki oterisasi.

Pada dasarnya fitur ini sebenarnya sudah ada, terutama di windows 7, windows 8, namun di windows 10 saya lihat tidak ada? lah kenapa kok tidak ada? Ada kok tapi fitur ini belum diaktifkan berbeda dari sistem operasi windows lainnya karena fitur enkripsi bitlocker sudah aktif sejak pertama kali menginstall sistem operasi.

Sedangkan di windows 10, kita harus mengaktifkan bitlocker terlebih dahulu agar kita bisa menggunakannya di perangkat komputer milik kita. Berikut kami beritahukan bagaimana caranya mengaktifkan bitlocker di windows 10.

Cara Mengaktifkan Bitlocker Di Windows 10

1. Langkah pertama untuk mengaktifkan fitur enkripsi bitlocker pertama kamu buka fitur search kemudian ketikan kata kunci Bitlocker, nantinya yang akan tampil dimenu search Manage Bitlocker kemudian klik open atau juga bisa melalui Control Panel> System And Security > Bitlocker Drive Encryption

2. Kemudian setelah kamu sudah berada di menu Bitlocker Drive Encryption Di bagian Operating System Drive nantinya kamu akan melihat bahwa bitlocker dalam keadaan mati atau OFF nah untuk mengaktifkannya kamu klik saja Turn On Bitlocker nantinya bitlocker akan aktif dan akan melindungi data penyimpanan C kamu.

Min pas saya mengaktifkan fitur bitlocker di windows 10 saya kok muncul pesan error ya “Starting Bitlocker This device can’t use a trusted Platform Module” Your Administrator Must Set The “Allow Bitlocker without a compitable TPM” Option in the ” Require additional authentication at startup” Policy for OS Volumes.

Saat ini saya belum menemukan masalah seperti ini, tapi kata pihak microsoft sistem tidak boleh di encryption, dan mereka menyarankan Untuk melakukan encryption pada partisi lain, jadi solusi satu-satunya kamu encryption saja partisi lainnya kecuali C.

3. Contoh seperti ini saya ingin mengaktifkan fitur encryption bitlocker agar data game saya aman kamu tinggl klik saja Turn on Bitlocker kemudian tunggu sampai proses enkripsi selesai.

4. Selanjutnya dibagian menu Bitlocker Drive Encryption (:E) Kemudian di bagian Choose how you want to unlock this drive kemudian pilih opsi Use A password to unlock the drive di bagian ini kamu masukan saja passwordnya kemudian klik next “perlu di ingat catat ya password bitlockernya” jangan sampai lupa.

Artikel Lainnya: ✓ Cara Mudah Aktivasi Microsoft Office 2016 [Tanpa Product Key]

5. Di bagian menu How do you want to back up your recovery key? kemudian klik Save to your microsoft account dan tunggu sampai proses selesai kemudian klik next.

6. Selanjutnya di bagian Choose how much of your drive to encrypt biarkan saja default kemudian klik next.

7. Di bagian ini juga kamu biarkan saja default kemudian pilih next.

8. Terakhir di menu tampilan Are you ready to encrypt this drive? kamu klik start encrypting dan tunggu sampai proses enkripsi bitlocker selesai, dan terakhir kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur enkripsi bitlocker di windows 10 milik kamu.

✔️  Ketahui, Urutan Pertama Cara Membuat Blog Adalah

Nah bagaimana sangat mudah bukan cara mengaktifkan bitlocker di windows 10? semoga kamu dapat terbantu. Kalau kamu mengalami masalah lain kamu bisa berkomentar melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan dibawah artikel.

Leave a Comment