Cara Mengatasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter Pada PC & Laptop

Cara Mengatasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter Pada PC & Laptop
Cara Mengatasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter

Pernah tidak sewaktu kamu menyalakan pc, komputer atau laptop mendapatkan notifikasi pesan kesalahan Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter, bukanya masuk ke loading windows malah mendapatkan pesan error seperti ini.

Seharusnya bisa melakukan kegiatan sehari-hari di komputer eh malah harus pening kayak gini, kejadian ini terjadi pada 3 hari yang lalu sebelum artikel ini ditulis, jadi saya tulis buat orang yang mengalami kejadian seperti saya saja dan semoga membantu, awalnya pc saya tidak pernah mengalami kejadian seperti ini, namun entah kenapa setelah saya hidupkan lagi eh malah mengalami eror? eror seperti apa begini pesan POST (Power-on Self Test) yang muncul

SiS190 PXE BootROM v1.3 Hook Int18

PXE- E61: Media Test Failure, Check Cable

PXE- M0F: Exiting SiS190 PXE BootROM.

Disk Boot Failure, Insert System Disk And Press Enter

Cara Mengatasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter

Mungkin kalian bertanya-tanya apa penyebab Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter masalah ini sebenarnya sangat gampang di pahami, masalahnya adalah komputer gagal membaca harddisk sehingga komputer kamu tidak dapat masuk kedalam system operasi seperti windows dan linux, atau sistem operasi lainnya yang sudah terinstall di dalam harddisk, lalu bagaimana cara mengatasi nya? untuk cara mengatasi masalah seperti ini caranya cukup mudah kamu bisa mengikuti caranya dibawah ini.

1. Periksa Kabel Harddisk

Periksa Kabel Harddisk

Kabel harddisk yang sudah rusak atau kendor menjadi pemicu masalah yang sangat penting, kenapa saya berbicara seperti ini? apabila kabel harddisk anda kendor atau sudah rusak maka harddisk yang sudah kamu pasang tidak akan dapat terbaca oleh sistem komputer, ini dikarenakan adanya kerusakan pada kabel maka dari itu POST menunjukan sebuah pesan “PXE- E61: Media Test Failure, Check Cable” yang artinya Kegagalan Uji Media, Periksa Kabel. Kalau sudah kamu check kabel tapi tidak ada kerusakan, coba copot kabel harddisk kamu dan pasang kembali.

2. Prioritas Booting Salah

Prioritas Booting Salah

Penyebab kedua mungkin kamu salah setting dalam melakukan urutan booting sistem operasi dari awalnya harddisk kamu rubah ke prioritas booting lain, namun terkadang prioritas booting bisa saja berubah secara otomatis tanpa kita rubah sendiri, untuk merubah prioritas booting pada komputer kamu harus masuk ke bios terlebih dahulu

Artikel Lainnya: Cara Membuat Performa Laptop Lama Menjadi Cepat Agar Tidak Ketinggalan Jaman

Biasanya untuk masuk ke bios berbeda-beda di setiap komputer atau mobo jadi saya akan memberikan cara masuk bios secara default (F10, F2, F12, F1, atau DELETE) kalau punya saya delete, ingat kamu harus melakukan restart komputer terlebih dahulu lalu tekan tombol yang saya anjurkan di atas berulang-ulang sampai masuk ke bios.

3. Ganti Harddisk

Ganti Harddisk

Ganti harddisk, hmm kenapa harus ganti harddisk min? awalnya saya pikir ada yang salah pada settingan bios pada komputer saya, sudah check kabel, sudah ubah priority booting juga tidak bisa, terakhir saya uji coba harddisk saya yang satu lagi, berhubung harddisk saya ada 4, jadi apa salahnya saya coba ganti harddisk pada komputer saya, bener saja setelah saya ganti harddisk komputer saya langsung masuk ke windows dan tidak ada muncul notifikasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter.

4. Lakukan Install Ulang Sistem Operasi

Install ulang sistem operasi? yang bener aja lu min, eh iyaloh sebelumnya aku udah coba dan cara ini berhasil, mungkin saja sistem operasi yang kamu gunakan ada masalah atau mengalami error, hal ini bisa saja terjadi karena awalnya saya mencoba menginstall sistem operasi windows 7 di harddisk saya yang tadi mengalami masalah Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter, dan akhirnya saya melakukan install ulang sistem operasi windows, dan masalah pun sudah diatasi dengan melakukan install ulang sistem operasi. penyebab nya mungkin sistem operasi kamu mengalami korrupt atau ada data yang hilang, apapun bisa terjadi ya sob, intinya ini mengatasi pening tujuh keliling.

5. Lakukan System Repair Dari Media Installasi Windows

Untuk melakukan system repair (perbaikan sistem) kamu memerlukan CD/DVD/USB Flashdisk dan melakukan sistem repair pada sistem operasi kamu, untuk melakukan sistem repair, kamu ubah terlebih dahulu urutan booting ke media instalasi windows pada bios, nah nantinya kamu akan diberikan pilihan untuk melakukan instalasi, di bagian itu kamu tinggal pilih System Repair untuk megatasi gagal booting.

Kesimpulan

Dari kelima dari cara diatas, cara nomor 3 (ganti harddisk) berhasil dari situ saya tahu berarti yang salah bukan kabel harddisk saya, atau juga salah melakukan prioritas booting pada bios, dan solusi terbaiknya terpaksa saya melakukan install ulang pada sistem operasi komputer saya.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)