Cara Mengatasi Flashdisk The Directory Name Is Invalid

Cara Mengatasi Flashdisk The Directory Name Is Invalid
Cara Mengatasi Flashdisk The Directory Name Is Invalid

Masalah pada flashdisk sering kerap terjadi sewaktu kita menghubungkan ke komputer atau laptop, pada setiap kasus permasalahan flashdisk ada berbagai macam seperti Flashdisk The directory name is invalid, Location is not available atau The file or directory is corrupted and unreadable.

Kasus masalah flashdisk tidak dapat dibaca atau seperti yang saya sebutkan di atas, sebenarnya sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari sewaktu kita menggunakan flashdisk, nah untuk cara mengatasinya Flashdisk The Directory Name Is Invalid, atau masalah umum lainya.

Cara Mengatasi Flashdisk The Directory Name Is Invalid Melalui CMD (Command Prompt)

F :/ Flashdisk The Directory Name Is Invalid

Disini saya udah pernah mencoba sekali, karena berhubungan flashdisk saya mengalami eror dan menampilan pesan seperti The Directory Name Is Invalid, Location is not available atau The file or directory is corrupted and unreadable jadi saya akan mengajarkan tutorialnya di bawah ini, agar dapat mengatasi masalah kamu tentang persoalan flashdisk yang error.

CMD

Langkah pertama buka CMD, dengan menekan tombol kombinasi  Win Dan Tekan Tombol R pada keyboard Secara bersamaan, untuk membuka jendela RUN setelah itu tulis kata kunci CMD dan kemudian tekan enter.

Diskpart

Selanjutnya Di CMD (Command Prompt) tuliskan perintah Diskpart, nantinya cmd akan membuka 1 menu baru seperti gambar yang kiri “Microsoft Diskpart Version 10.0.19041.964 dan ada tulisan On Computer: Kompirasi (Nama Komputer Saya)

List Disk

Tahap ketiga, setelah kamu berada di diskpart, langkah selanjutnya ketikan perintah list disk, perintah ini untuk melihat list disk kamu, di bagian menu tersebut kam uakan melihat Disk 0, dan disk 1 status online, disini disk 0 merupakan Harddisk atau SSD milih saya terlihat Size nya 119GB dan di disk 1 7800 MB, karena saya memakai flashdisk 8GB jadi bisa diketahui letak Flashdisk saya di disk 1.

Select disk

Karena kita sudah mengetahui letak list flashdisk kita melalui perintah lisk disk, langkah selanjutnya masukan perintah Select disk 1, ingat disk 1 merupakan letak list flashdisk saya, jadi saya pilih disk 1.

Disk Clean

Terakhir Ketikan Perintah Clean kemudian enter kalau muncul pesan “Diskpart Succeeded in cleaning the disk. Berarti kita sudah sukses membersihkan flashdisk kita.

Artikel Lainnya: Cara Aktivasi Windows 7 64 Bit / 32 Bit Secara Permanen Terbaru
Insert Disk

Selanjutnya check di my computer, periksa flashdisk kamu, kalau kamu klik bacaannya insert disk ” Please Insert a disk into data FD (D:) kamu tinggal mengikuti langkah selanjutnya.

Create and format hard disk partitions

Karena saya pakai windows 10, kamu tinggal masuk ke search tulis kata kunci Disk dan cari menu “Create and format hard disk partitions dan buka menu tersebut, kalau kamu tidak pengguna windows 10, masuk ke control panel > System And Security di bagian menu Administrative Tools Cari fitur Create And Format Hardisk Partitions

Disk management

Selanjutnya setelah kamu masuk di bagian Disk Management cari disk 1 (penyimpanan flashdisk milik saya) kemudian klik kanan mouse Pilih New Simple Volume

New Simple Volume

Di bagian menu New Simple Volume Wizard pilih Next saja untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Specify Volume Size

Di menu Specify Volume Size kamu biarkan saja secara default kemudian klik Next.

Assign Drive Letter or path

Selanjutnya di bagian Assign Drive Letter or path biarkan saja default, selanjutnya Next.

Format Partition

Di tahap ini “Format partition” kamu diminta untuk memformat partisi flashdisk kamu, di bagian volume label bisa kamu tuliskan nama partisi flashdisk kamu, disini saya biarkan saja default kemudian klik next.

Completing the new simple volume wizard

Terakhir di bagian Completing The New Simple Volume Wizard Klik finish, dan tunggu bebera menit, setelah itu cobalah periksa flashdisk kamu, dan selamat flashdisk kamu sudah bisa digunakan kembali.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)