Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Buka Folder di Windows 8/10

Cara mengatasi laptop lemot windows 8 dan 10

Komputer atau laptop merupakan hal yang saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk banyak hal seperti belajar maupun bekerja. Dan tentunya kita akan merasa sangat kesal ketika laptop sangat lemot. Bayangkan ketika kamu sedang bersemangat mengerjakan sesuatu namun harus menunggu loading yang cukup lama untuk sekedar membuka folder pada File Explorer saja.

Mengatasi masalah laptop lemot saat membuka folder ini ternyata hanya sangat mudah untuk dipraktekkan dan dijamin sangat aman untuk komputer atau laptop kamu. Cara ini sangat berguna dan telah berhasil admin uji pada Windows 8 dan 10.

Baca Juga: Website Untuk Menghasilkan Uang Khusus Freelancer

Tutorial ini juga akan langsung terasa jika kamu mempunyai banyak folder dan ratusan file di penyimpanan kamu. Hal itulah yang menyebabkan file explorer membutuhkan waktu yang lama untuk menampilkan isi folder penyimpanan kamu.

Untuk mengatasi laptop lemot saat membuka folder di File Explorer, kamu cukup mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka File Explorer

2. Pilih This PC kemudian Klik Kanan

Cara Agar laptop tidak lemot windows 8 dan 10

3. Setelah Klik Kanan Lalu Pilih Properties

4. Kemudian klik Advanced System Settings

agar laptop tidak lemot saat buka folder

5. Pada opsi Performance klik Settings

laptop lemot saat buka folder

6. Pada Menu Visual Effects, Pilih Custom lalu hapus ceklis atau centang pada seluruh kotak kecuali Show window contents while dragging da smooth edges of screen fonts. Lalu Klik Apply dan OK.

cara mengatasi laptop lemot

Admin sengaja ceklis show thumbnails instead of icons karena admin sering menggambar digital, jadi lebih nyaman kalau gambarnya kelihatan, ini opsional sih.

Baca Juga: Cara Download File Academia, Issuu, Scribd dan Slideshare

Kalau kamu masih belum percaya, coba deh bandingkan loading File Explorer kamu saat sebelum menerapkan tutorial ini dan sesudah kamu mencobanya. Pasti loading PC atau laptop kamu saat membuka folder di setiap penyimpanan terasa lebih ringan dan sangat cepat.

Cukup sekian tutorial laptop anti lemot saat membuka folder di file explorer, semoga bermanfaat.