Cara Mengecek Theme Dan Plugin Nulled Di WordPress Serta Cara Pencegahannya

Membahas seputar WordPress di indonesia dan banyak para blogger menggunakan platform wordpress untuk blog pribadi,berita hingga blog penjualan. Di pertemuan kali ini membahas seputar Theme dan Plugin Nulled Di Platform WordPress.

Dari sekian pengalaman saya dan pengalaman orang lain, kebanyakan orang yang mendownload theme dan plugin premium gratis yang tersebar di internet ternyata mengandung Malware, Kode Jahat, Hingga teknik Black Hat SEO.

Dampak Buruk nya juga bisa sangat fatal dari terkena malware, merusak SEO blog, keamanan Situs, spam dan juga Backlink dari pelaku yang sudah memodifikasi Theme Dan Plugin tersebut.

Cara Mengecek Theme Dan Plugin Nulled Di WordPress ? 

Untuk pengecekan sangatlah mudah. Sebelum kamu mendownload Theme Dan Plugin Untuk blog kamu sebaiknya kamu melakukan scan virus dengan situs Virus Total. Situs tersebut dapat mengecek file dan url yang terinfeksi malware atau virus.

Disaat kamu mengunakan situs Virus Total, kamu akan menemukan 3 fitur Upload File dan URL hingga Search. Disini kamu bebas menggunakan fitur yang mana. Kalau saya biasanya menggunakan fitur upload file dan url.

Apabila Volume 0, maka situs atau file yang kamu scan aman dari virus. Namun apabila mendapatkan nilai volume 1-70 maka file tersebut mengandung kode jahat serta virus malware

Menggunakan Plugin Exploit Scanner

Cara kedua kalian bisa menggunakan Plugin yang bernama Exploit Scanner. Plugin ini bisa kalian install di blog wordpress kamu untuk mendownload nya kalian bisa ke https://wordpress.org/plugins/exploit-scanner/.

Plugin Exploit Scanner
Sumber https://www.wpstuffs.com/detect-malicious-code-wordpress-themes-plugins/

Di saat kamu menggunakan plugin Exploit Scanner, nantinya plugin ini akan otomatis bekerja sendiri dan mulai melakukan scanning secara berkala. Nantinya Exploit Scanner akan menampilkan Sejumlah Kode kode yang berbahaya bagi Blog kamu.

Mengecek Theme Nulled Dengan Plugin Theme authenticity

TAC
Sumber Gambar:https://www.wpstuffs.com/wp-content/uploads/2013/03/TAC.jpg

Untuk Mengecek Theme yang Nulled, kalian bisa menggunakan Plugin TAC. Plugin ini mampu mengecek backlink yang di sisipkan oleh orang yang sudah memodifikasi theme yang kamu download dan kamu dapatkan secara gratis.

Melakukan Scanning Dengan Plugin Wordfence Atau iThemes

Untuk mendapatkan Plugin Wordfence atau iThemes kalian bisa mendapatkan nya secara gratis di wordpress atau juga bisa membeli Plugin Premium “GPL” Dari Saya yang tentunya Tidak Nulled serta bersih dari malware dan skrip tidak di modifikasi.

Mengecek Langsung Dan Membongkar File Skrip Theme Dan Plugin

Tahap terakir apabila sudah menerapkan tips yang saya sebutkan, sebaiknya kamu memeriksa skrip yang ada di dalam theme dan plugin yang sudah kamu download tadi. Biasanya orang yang memberikan Theme Dan Plugin Premium secara gratis, mereka akan menyisipkan code berbahaya seperti backlink untuk situs blog pribadinya serta virus malware. Dan yang paling buruknya lagi pelaku yang memodifikasi skrip tersebut sehingga mampu masuk ke dalam blog kamu dan melakukan tindakan hacking atau defacing.

✔️  Inilah Hal Yang Harus Di Lakukan Apabila Situs Web Kamu Terkena Retas Oleh Hacker

Nah mulai sekarang sayangilah blog kamu dengan tidak mendownload plugin dan theme premium gratis yang ada di google. Kalau saya pribadi lebih baik membeli theme dan plugin resmi dari Themeforest dan terjamin keasliaannya.

Sekian tentang membahas theme nulled, semoga bermanfaat.

Leave a Comment