Cara Mengetahui Hp Disadap dan Solusinya!

Saat ini HP merupakan salah satu benda pribadi yang sangat perlu dijaga keamanannya. Untuk itu, Anda harus mengetahui dengan baik apakah HP tersebut dalam keadaan disadap atau tidak. Nah, bagaimana cara mengetahui hp disadap atau tidak kita akan membahasnya pada artikel kali ini. Yuk ikuti!

Ciri-ciri HP disadap

Untuk mengetahui apakah HP Anda sedang dalam penyadapan atau tidak bisa dengan melihat ciri-cirinya. Berikut beberapa ciri yang harus Anda kenali sebagai indikasi adanya penyadapan pada HP :

Terdapat bunyi aneh

Hp disadap

Ciri pertama ialah adanya bunyi yang aneh atau tidak biasa ketika Anda sedang dalam panggilan telepon. Misalnya saja terdapat bunyi dengungan dan suara lainnya. 

Bunyi lain yang perlu diwaspadai telah terjadi penyadapan ialah bunyi bip, klik dan lainnya. Untuk melacaknya Anda dapat menggunakan bantuan sensor bandwith. 

Baterai yang bermasalah

Cara mengetahui hp disadap selanjutnya ialah dengan memeriksa baterai ponsel. Perlu diketahui, baterai yang bermasalah juga bisa menjadi indikasi telah terjadi penyadapan pada HP Anda. 

Ya, baterai yang cepat panas juga bisa dikarenakan adanya perangkat lunak berbahaya yang sedang bekerja di latar belakang ponsel Anda. Adanya software pada latar belakang ponsel tersebut memungkinkan orang lain mengetahui aktivitas Anda. Misalnya saja dapat mendengarkan atau melihat aktivitas Anda. 

Nah untuk mengetahui hal tersebut tentu perangkat lunak yang berjalan di latar belakang ponsel butuh daya baterai yang besar. Inilah mengapa jika HP disadap maka baterai bisa menjadi lebih boros. Untuk itu, selalu rutin periksa perangkat di smartphone, melihat dengan jeli aplikasi yang Anda gunakan. 

Penggunaan paket data yang tak biasa 

Menghubungkan aplikasi yang harus terhubung dengan internet memang dapat menguras paket data Anda. Terlebih jika Anda tidak menggunakan WiFi. Akan tetapi perlu diingat, penggunaan paket data yang naik drastis secara tiba-tiba juga perlu diwaspadai lho. Pasalnya hal tersebut bisa jadi tanda jika HP Anda telah disadap.

✔️  3 Cara Mendownload Aplikasi di Laptop dengan Mudahp

Bisa jadi ada perangkat lunak yang menggunakan data Anda pada latar belakang ponsel. Perangkat tersebut mengirim informasi ke pihak lain. Intinya terdapat aktivitas tidak wajar dan berbahaya pada ponsel Anda. Cara mengetahui HP disadap melalui penggunaan paket data yang tidak wajar ini harus diwaspadai dan dideteksi sejak dini. 

Muncul iklan tiba-tiba 

Perlu diketahui, munculnya iklan secara tiba-tiba dari aplikasi yang tidak pernah Anda unduh sebelumnya juga bisa menjadi indikasi telah terjadi penyadapan. Untuk itu, jangan coba-coba untuk menekan link apapun yang muncul pada layar smartphone Anda. Terlebih jika dirasa link yang muncul pada layar terlihat aneh dan mencurigakan. 

Selain itu, munculnya aplikasi yang sebelumnya tidak pernah Anda instal juga harus diwaspadai. Lebih baik langsung hapus atau uninstall aplikasi tersebut. Dengan menghapus aplikasi tersebut diharapkan aktivitas penyadapan yang sedang terjadi dapat terputus dan berhenti. 

Performa HP menurun

Sadap hp

Memang benar jika banyaknya data juga aplikasi yang Anda gunakan dapat mempengaruhi performa HP. Akan tetapi, adanya aplikasi berbahaya yang menyadap HP Anda juga bisa menjadikan smartphone memiliki performa yang buruk. Dalam artian, performa smartphone dapat turun secara drastis alias tidak bertahap.

Untuk itu, akan lebih baik jika ada mencari tahu sejak awal bagaimana cara mengetahui HP disadap. Hal itu demi melindungi data-data pribadi Anda. Mengetahui ciri-ciri HP yang disadap sejak awal tentu akan berdampak baik pada tingkat kewaspadaan Anda dalam menjaga data-data penting. 

Selain itu, jika ditemukan adanya penyadapan, Anda dapat mencari solusinya lebih awal. Sehingga penyadapan tidak akan berlangsung lama dan tidak akan banyak informasi yang didapatkan oleh si penyadap tersebut. 

Cara mengatasi HP yang disadap

Setelah mengetahui ciri-ciri HP yang disadap, kita akan bahas pula cara mengatasinya. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika memang ponsel disadap oleh orang lain :

✔️  2 Cara Menerjemahkan PDF Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia

Deteksi dini melalui kode dial

Cara pertama ini dengan mendeteksi sejak dini andanya penyadapan tersebut. Anda dapat menggunakan kode *#21## atau *#21# guna mengetahui apakah HP benar-benar disadap atau tidak. 

Selain itu, untuk mengetahui HP disadap  atau tidak juga bisa menggunakan kode dial *#06# atau *#61#. 

Hentikan penyadapan dengan kode dial

Cara mengetahui HP disadap dengan kode dial memang tidak sulit. Semakin cepat mengetahui HP dalam penyadapan maka akan semakin baik karena berdampak pada solusi. Nah, untuk menghentikan penyadapan Anda juga bisa memanfaatkan kode dial juga lho. Yakni melalui kode #002# atau ##002##. 

Perlu diketahui, kode #002# atau ###002### merupakan kode yang berfungsi guna mematikan segala bentuk pengalihan HP. Dalam artian, kode tersebut dapat menghentikan segala aktivitas penyadapan yang sedang terjadi pada ponsel Anda. 

Bijak dalam menggunakan VPN 

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi HP disadap ialah dengan bijak dalam penggunaan VPN (Virtual Private Network). Perlu diketahui, pengguna VPN memang dapat memperbesar kemudahan penyadap salam mengambil alih ponsel. Bahkan penggunaan VPN juga memungkinkan orang lain untuk meretas dan melihat data-data penting dalam HP. 

Maka dari itu, penggunaan VPN memanglah harus diperhatikan dengan baik. Usahakan untuk menggunakan VPN jika keadaan memang benar-benar dibutuhkan dan mendesak. Jika masih ada cara lain, usahakan untuk tidak menggunakan VPN tersebut. 

Factory reset 

Reset pabrik

Cara mengetahui HP disadap telah Anda lakukan dan terbukti ponsel dalam penyadapan? Tenang, Anda dapat melakukan factory reset atau reset ulang ponsel. Melalui factory reset semua data serta aplikasi yang ada akan terhapus. Baik aplikasi yang tampak maupun aplikasi penyadap yang tersembunyi. 

Seperti yang kita ketahui, biasanya aplikasi yang digunakan untuk menyadap memang cukup sulit terdeteksi. Nah cara yang paling ampuh yang dapat digunakan untuk menghilangkan aplikasi penyadap tersebut ialah dengan factory reset. Melalui langkah tersebut semua aplikasi akan terhapus, termasuk aplikasi penyadap juga dapat dihentikan aktivitasnya. 

✔️  3 Cara Menghapus Background Gambar Di WPS Office

Hubungi call center 

Cara mengetahui hp disadap

Terakhir, cara yang dapat Anda gunakan ialah dengan menghubungi call center operator. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan anti ribet pastinya. Anda hanya perlu menghubungi customer service sesuai dengan operator yang digunakan. Akan tetapi perlu diingat pula tidak sedikit juga penipuan yang mengatasnamakan call center operator, untuk itu perlu kehati-hatian. 

Jangan sampai Anda tertipu dan smartphone disadap oleh orang tersebut. Perlu diketahui, saat ini telah banyak terjadi penyadapan WhatsApp yang merugikan korban. Umumnya penyadapan dilakukan agar orang tersebut dapat menipu kontak WhatsApp korban untuk dimintai sejumlah uang. Maka dari itu, mulai saat ini deteksi sejak dini smartphone Anda. 

Gunakan beberapa cara di atas untuk tahu apakah smartphone dalam keadaan baik atau sudah dalam keadaan disadap. Deteksi sedini mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda dan orang-oranh sekitar. 

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai cara mengetahui HP disadap dan cara mengatasinya. Pastinya untuk cara-caranya sangat mudah dimengerti bukan? Untuk itu, jika HP Anda mengalami penyadapan, segera hentikan aktivasinya. 

Leave a Comment